5 Tips Sederhana untuk Memiliki Hubungan yang Sehat

Sebelum pusing melakukan banyak cara, lakukan yang ini dulu yuk

16 April 2018

5 Tips Sederhana Memiliki Hubungan Sehat
Unsplash/Sharon McCutcheon

Pasangan yang bahagia berpelukan dan berbagi keceriaan karena mereka melakukan 5 tips ini untuk memiliki sebuah hubungan yang sehat.

Memiliki hubungan yang sukses dan sehat membutuhkan keterlibatan dari suami dan istri, tetapi ini bukan pekerjaan yang membuat stres dan membosankan. Menjalani hubungan suami istri yang membosankan hanya akan membuat kamu mengeluh dan merasa tidak tahan.

Kamu dapat memiliki hubungan yang sehat dengan hanya mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini:

1. Hindari berasumsi tentang perasaan, keinginan, dan reaksi masing-masing

1. Hindari berasumsi tentang perasaan, keinginan, reaksi masing-masing
Unsplash/Alex Holyoake

Jangan keseringan menebak-nebak Ma.

Ketika orang saling mengenal untuk sementara waktu, mereka terkadang dapat memprediksi bagaimana pasangan mereka akan bereaksi. Namun, ketika pasangan jatuh ke dalam pola membuat asumsi tentang satu sama lain terlalu mudah, beberapa masalah yang signifikan mungkin mengikuti. 

Psikolog Dr. Nicoletta C. Skoufalos. menjelaskan, “Komunikasi antar mitra dapat ditutup seiring waktu. Pasangan dapat berhenti merasa ingin tahu tentang satu sama lain, dan pada kenyataannya mungkin membuat asumsi yang salah tentang satu sama lain yang dapat menyebabkan miskomunikasi. Selain itu, pikiran dan pengalaman orang atau bahkan siapa mereka dapat berubah seiring waktu."

"Ketika pasangan membuat asumsi tentang satu sama lain mereka mungkin gagal untuk mengakui bagaimana masing-masing telah berkembang dari waktu ke waktu dan ini dapat menciptakan jarak di antara mereka.”

Teruslah berkomunikasi tentang perasaan, jangan sembunyikan reaksi kamu. Cobalah selalu ungkapkan apa yang kamu butuhkan dari pasanganmu.

2. Fokus pada sifat-sifat positif yang pasangan kamu miliki

2. Fokus sifat-sifat positif pasangan kamu miliki
Unsplash/Matheus Ferrero

Daripada fokus dengan kekurangan pasangan kamu, sebaiknya kamu fokus dengan sifat-sifat positifnya. Inilah yang melanggengkan hubungan kamu dengannya. Perasaan negatif tentang sebuah hubungan hanya akan merusak hubungan sehat.

“Sangat penting untuk mencari kualitas positif apa pun yang kamu kagumi dalam pasanganmu,” saran Afton Strate, seorang ahli terapi pernikahan dan keluarga yang berlisensi.

“Jika kamu telah mengalami banyak konflik dalam menjalani sebuah hubungan, ini mungkin menimbulkan lebih banyak tantangan pada awalnya, tetapi saya mendorong banyak pasangan untuk menemukan hal-hal kecil yang dapat mereka hargai tentang pasangan mereka."

"Ketika kamu telah mengidentifikasi sesuatu yang kamu sukai dari pasanganmu (misalnya, kesabaran mereka), ini dapat membantu untuk menghubungkan kualitas dengan pengalaman yang kamu miliki bersamanya. Kamu juga dapat mereferensikan kualitas yang awalnya menarik bagi kamu ke pasangan atau aspek karakternya yang mungkin telah ditunjukkan baru-baru ini," lanjutnya.

Baca Juga: 11 Hal Kecil yang Dilakukan Setiap Hari oleh Keluarga Bahagia

Editors' Picks

3. Pasangan yang bermain bersama dan banyak memiliki waktu bersama

3. Pasangan bermain bersama banyak memiliki waktu bersama
Unsplash/Allef Vinicius

Pasangan yang memiliki waktu bersama, mereka memiliki kencan reguler dan lakukan liburan tahunan bersama.

Bergiliran merencanakan kencan romantis sambil menghabiskan waktu malam mingguan atau hari besar dalam hubungan kamu bersama pasangan.

“Hiking, bersepeda, skating, atau berjalan-jalan adalah hal-hal hebat yang harus dilakukan. Pelajari sesuatu yang baru bersama sebagai pasangan seperti pembuatan anggur, sepatu salju, kelas memasak atau menari, ”kata Susan McCord (alias Dear Sybersue), seorang konsultan relationship dan pemberi saran.

Kemudian, setiap beberapa bulan, bahkan walau hanya akhir pekan, pergilah bersama.

“Beranjak dari semuanya setahun sekali juga merupakan cara yang bagus untuk tetap dekat satu sama lain. kamu bisa menghapus gangguan sehari-hari di rumah dan menikmati lingkungan baru yang menyenangkan bersama-sama. Keragaman adalah kunci hubungan yang kuat karena hal-hal tidak pernah basi. Kamu selalu memiliki sesuatu hal baru untuk diharapkan, ”tambahnya.

4. Pertahankan individualitas kamu, nggak harus semua serba sama

4. Pertahankan individualitas kamu, nggak harus semua serba sama
Unsplash/angga aditya

Setiap orang dalam hubungan yang sehat perlu tahu siapa mereka dan apa yang membuat mereka bahagia.

“Sering kali ketika orang memulai suatu hubungan, mereka mencoba untuk menyenangkan orang lain dan mengabaikan diri mereka sendiri untuk memulai hubungan,” jelas Dr. Cherry D. Weber, seorang psikolog klinis berlisensi.

“Orang-orang idealnya mulai mengembangkan siapa mereka di masa kecil dan membangun sebuah jati diri saat mereka dewasa sepanjang hidup mereka. Jika kedua orang tersebut memiliki kesadaran diri yang sehat, mereka dapat mengembangkan hubungan yang baik dengan membawa kualitas yang sama serta perbedaan mereka pada hubungan, dan mereka tidak akan memiliki satu orang yang mendominasi atau menutupi yang lain."

Cukup menjadi diri kamu sendiri ya, tanpa semua harus jadi serba sama dengan si dia.

Baca Juga: 12 Cara Memiliki Keluarga Bahagia, Sederhana Namun Sangat Penting

5. Pilih orang yang tepat

5. Pilih orang tepat
Unsplash/Shelby Deeter

Jika kamu benar-benar ingin tahu kunci untuk memiliki hubungan yang sehat, itu akan mengarah pada siapa yang kamu pilih untuk menjadi pasanganmu.

“Memilih orang yang tepat untuk membangun hubungan dan berbagi hidup kamu adalah setengah dari pertempuran,” kata Elly Klein, seorang ahli dan penulis hubungan.

“Ya, kamu harus menemukan pasangan yang memiliki daya tarik karena mereka menikmati pekerjaannya dan perusahaan tempatnya bekerja, tetapi mereka juga harus memiliki hati yang baik, memperlakukan kamu dengan baik, dan ingin selalu bersama kamu."

Jadi jangan fokus pada daya tarik dan koneksi saja, itu tidak cukup.

”Intinya adalah jika kamu hanya tertarik secara fisik kepada seseorang dan tidak terlalu menikmati saat menghabiskan waktu bersama mereka di luar kamar tidur atau jika kamu sulit percaya pada pasangan kamu, sulit menerima atau menghormati mereka, maka hubungan perlu sebuah perjuangan untuk menjadi sebuah hubungan sehat."

Menjaga sebuah hubungan selalu sehat dan bisa berjalan dengan baik adalah sebuah pekerjaan yang tidak ada batasnya. Kamu harus tetap menjaga pasangan kamu, baik menjaga perasaannya maupun menjaga kebahagiaannya secara fisik.

Begitu pula pasangan kamu, jika ia memahami hal yang sama, selamat maka hubungan kalian bisa menjadi hubungan yang sehat selamanya.