Eksklusif: Bonding Sebelum Tidur, Kebiasaan Wajib Artika dan Anaknya

Artika Sari Devi jadikan momen sebelum tidur untuk ngobrol dari hati ke hati bersama Abbey dan Zoe

19 September 2019

Eksklusif Bonding Sebelum Tidur, Kebiasaan Wajib Artika Anaknya
Popmama.com/Michael Andrew

Artika Sari Devi sebagai sosok Millennial Mama bisa menjadi panutan para Mama karena ada banyak hal yang bisa dikulik dari dirinya. Salah satu pola asuh yang bisa dijadikan inspirasi dari sosok Artika yaitu ketika selalu meluangkan waktu untuk melakukan bonding time sebelum tidur. 

Di tengah kesibukan, Artika tetap memasimalkan kualitas hubungan bersama kedua anaknya yang bernama Sarah Abiela Ibrahim (Abbey) dan Dayana Zoelie Ibrahim (Zoe). 

Bonding yang dilakukan oleh Artika cukup beragam mulai dari menemani anak mengerjakan PR sekolah, bermain bersama hingga bonding sebelum tidur. Menurut Artika, rutinitas yang dilakukan dengan konsisten seperti itu dapat mempererat ikatan antara orangtua dengan anaknya. 

Terkait bonding sebelum tidur yang tidak akan terlewatkan oleh Artika bersama kedua anaknya, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cerita menariknya melalui wawancara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Mama of the Month edisi September 2019.

Penasaran cerita Artika ketika memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk melakukan bonding time kepada kedua anaknya?

Yuk Ma, simak cerita seru dari Mama dua anak ini saat meluangkan waktu khusus untuk melakukan bonding sebelum tidur! 

1. Abbey dan Zoe memiliki banyak ritual menyenangkan sebelum tidur

1. Abbey Zoe memiliki banyak ritual menyenangkan sebelum tidur
Popmama.com/Michael Andrew

Sebelum tidur setiap anak memiliki kebiasaan masing-masing seperti ada sebuah 'ritual' unik. Sama seperti anak lain pada umumnya, kedua anak dari pasangan Artika Sari Devi dan Baim memiliki ritual tersendiri menjelang tidur. 

"Anak-anak sudah tidur berdua di kamar sendiri sejak umur kurang lebih 5 tahun. Uniknya mereka memiliki ritual-ritual yang menyenangkan sebelum tidur. Jadi kedua anak ini selalu berganti-gantian saat memimpin doa. Selain itu, salah satu dari mereka akan menyanyikan lagu pengantar tidur secara bergantian," ucap Artika. 

Jika Mama sering melihat InstagramStory dari Artika pasti akan melihat kelucuan dari kedua putrinya ketika menyanyikan lagu pengantar tidur. 

Tak hanya bergantian memimpin doa dan menyanyikan lagu pengantar tidur, Artika saat diwawancarai pun menjelaskan kalau Abbey dan Zoe menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku yang ada di kamarnya.  

Tidur dalam satu kamar seperti Abbey dan Zoe tentu sangat menyenangkan apalagi dengan berbagai tingkah serta kejadian yang lucu ya, Ma. 

Editors' Picks

2. Artika selalu berbicara dari hati ke hati kepada Abbey dan Zoe

2. Artika selalu berbicara dari hati ke hati kepada Abbey Zoe
Popmama.com/Michael Andrew

Rutinitas menemani kedua anaknya sebelum tidur menjadi momen yang tak pernah terlewatkan oleh Artika untuk melakukan bonding time

"Kita akan sudah mulai terlelap penting banget untuk orangtua memberikan pesan-pesan yang positif ke anak. Dalam kondisi seperti ini, posisi mereka sudah sangat bagus dan fokus untuk mendapatkan sebuah pesan. Jadi, ketika mereka berdua mau tidur dan keadaan sudah mulai tenang biasanya kita akan berbicara dari hati ke hati,” jelas Artika. 

Bonding sebelum tidur dengan menyempatkan waktu untuk bicara dari hati ke hati bersama kedua anaknya, sehingga dijadikan Artika untuk melakukan evaluasi diri. Sebagai seorang Mama, Artika memberikan kesempatan kepada Abbey dan Zoe untuk menilai dirinya di hari itu. 

Jika ada kekesalan dan isi hati yang ingin diungkapkan oleh kedua putrinya, Artika berusaha menjadi pendengar yang baik. Setelah itu, Artika akan menjelaskan sekaligus meminta maaf bila sikapnya di hari tersebut tidak berkenan di hati Abbey dan Zoe. 

Selain memperbolehkan anak-anak memberikan penilaian untuk dirinya sebagai sebuah evaluasi, hal yang sama pun dilakukan oleh Artika.  

“Sebenarnya caranya sangat sederhana, namun momen bonding time yang dilakukan dengan cara ini berarti sekali karena tanpa disadari mampu meningkatkan kualitas hubungan antara orangtua dan anak. Melalui momen ini, saya memberikan kesempatan kepada anak-anak belajar dan berani untuk mengungkapkan perasaannya sendiri. Saya juga ingin mengetahui keluh kesah dari anak-anak di hari ini sebelum mereka tidur,” ucap istri dari Baim ini. 

Menurut Artika pertanyaan-pertanyaan seperti “hari ini belajar apa?” jarang sekali ditanyakan olehnya saat bonding sebelum tidur, namun pertanyaan mengenai “hari ini apa yang membuat kamu paling bahagia?” menjadi sebuah prioritas. 

Unik sekali ya, cara Artika meningkatkan bonding bersama kedua anaknya sebelum tidur. 

Baca juga: 

3. Sentuhan fisik menjadi bahasa cinta dari Artika untuk kedua anaknya sebelum tidur

3. Sentuhan fisik menjadi bahasa cinta dari Artika kedua anak sebelum tidur
Popmama.com/Michael Andrew

“Mama sayang sama Abbey, Mama sayang sama Zoe” menjadi sebuah kata-kata yang selalu diulang oleh Artika sebagai bentuk rasa sayangnya kepada kedua putrinya. 

Setiap orangtua memiliki bahasa cinta masing-masing yang disampaikan kepada anaknya. Melalui bahasa cinta, orangtua akan mengungkapkan rasa kasih sayang dan cintanya. Sebuah kata-kata dan sentuhan fisik menjadi bahasa cinta yang diberikan oleh Artika untuk Abbey dan Zoe.  

"Peluk dan cium selalu dilakukan sebelum anak-anak tidur. Selain sebuah pujian atau ucapan maaf, sentuhan fisik itu sangat penting karena memberikan sebuah penguatan. Saya pun yakin kalau anak-anak yang sering diberikan sebuah perhatian dan diberitahu kalau kalau mereka begitu berharga, maka nanti anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri,” katanya. 

Perlu Mama ketahui bahwa sentuhan fisik yang termasuk ke dalam bahasa cinta perlu dilakukan oleh orangtua kepada anaknya,begitu pun sebaliknya. Walau terkesan sederhana, namun orangtua yang melakukan sebuah pelukan, ciuman hingga usapan kepala atau punggung dapat memberikan kenyamanan untuk anak. 

Melalui berbagai sentuhan fisik yang dilakukan orangtua tentu akan menciptakan kesan membahagiakan untuk seorang anak. 

Nah, itulah beberapa cerita menarik dari Artika Sari Devi yang menerapkan bonding sebelum tidur kepada kedua anaknya. 

Dari wawancara eksklusif yang telah dilakukan oleh Popmama.com bersama Artika, semoga ceritanya sebagai seorang Mama bisa memberikan inspirasi tersendiri. Ingat bonding yang dilakukan orangtua sangat penting untuk perkembangan anak.

Mulai belajar luangkan waktu khususnya untuk melakukan bonding sebelum tidur yuk, Ma!

Baca juga: Millennial Mama of the Month Edisi September 2019: Artika Sari Devi

#MillennialMama of the Month Edisi September 2019 – Artika Sari Devi

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Onic Metheany, Sarrah Ulfah
Asst. Stylist - Jemima Karyssa Rompies
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Agustinus Amanda Susanto
Art Designer – Astika Alivia Pramesti
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
Artika's Wardrobe - KASYFU by Az Zahra Wa'ani, Eat Me Luck by Nandia Elizabeth Rumilda T, Sembuames by Prima Cipta Rizki, Flickryx by Lia Rizka Amalia
Abbey's Wardrobe - Justice Indonesia

#MillennialMama of the Month

Artika Sari Devi
Millennial Mama

Artika Sari Devi

Komunitas buat hidup saya lebih produktif dan berwarna

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!