Eksklusif: Saling Kolaborasi Menjaga Anak, Annissa Soebandono dan Annov Terapkan Jadwal Piket Malam

Annissa Soebandono dan Annov paham bahwa peran keduanya sangat dibutuhkan dalam menjaga anak

23 Mei 2020

Eksklusif Saling Kolaborasi Menjaga Anak, Annissa Soebandono Annov Terapkan Jadwal Piket Malam
Instagram.com/annissanns

Belajar menjadi orangtua itu bisa dari berbagai sumber. Tidak hanya dari buku saja, melainkan belajar menjadi orangtua juga bisa dari pengalaman orang lain.

Walau situasi setiap keluarga akan berbeda-beda, namun ada banyak pembelajaran positif yang bisa dipetik dan diterapkan ke keluarga sendiri ketika belajar dari orang lain saat berperan sebagai orangtua.

Sebagai pasangan yang baru memiliki anak, Annissa Soebandono dan Annov Hari Prabowo pun bisa menjadi sosok orangtua yang memberikan pembelajaran baru terkait mengurus bayi. Keduanya saling berkolaborasi membantu satu sama lain saat menjaga Annasya Xiveria Annov. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita tentang Annisa dan Annov yang saling kompak ketika bekerja sama mengurus si Kecil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak wawancara eksklusif bersama Annissa sebagai salah satu Millennial Family of the Month Edisi Mei 2020 yuk, Ma!

1. Annissa dan Annov saling kompak berkolaborasi dalam mengurus anak

1. Annissa Annov saling kompak berkolaborasi dalam mengurus anak
Instagram.com/annissanns

Annissa dan Annov termasuk pasangan yang menerapkan saling kolaborasi satu sama lain dalam mengurus anak. Prinsip bahwa mengurus anak itu merupakan tugas bersama selalu keduanya tanamkan di kehidupan sehari-hari.

"Pastinya kita memang ada yang namanya shift malam. Kalau siang menjaga Annasya bisa berdua, siapa yang lagi bisa pasti akan jaga dan main sama Annasya. Memandikan Annasya pun seringkali berdua, kecuali memang salah satu di antara kita ada yang memiliki kerjaan," kata Annissa. 

Sebagai orangtua baru, Annissa dan sang Suami juga sudah mulai belajar adaptasi dengan jam tidur putri kecilnya. 

"Annasya kalau bangun yang benar-benar bangun dia agak siang, sekitar jam 8-10 pagi. Kalau tidur siang Annasya tipenya selalu sebentar, paling lama hanya 2 jam sehabis itu langsung main terus. Kalau malam, biasanya Annasya dari jam 7 malam sudah mulai ngantuk dan benar-benar pulas sekitar jam 9 malam," jelas mama satu anak ini. 

Annissa merasa beruntung kalau putrinya bukan tipe yang rewel ketika sudah waktunya jam tidur malam. 

"Annasya hanya menangis kalau terlalu haus, terlalu ngantuk atau ada yang sakit," ucapnya. 

Ketika sudah malam, pembagian jadwal piket pun mulai diterapkan oleh Annissa dan Annov untuk menjaga Annasya. 

Editors' Picks

2. Jadwal piket malam membantu Annissa dan Annov punya waktu istirahat yang cukup

2. Jadwal piket malam membantu Annissa Annov pu waktu istirahat cukup
Dok. Annissa Soebandono

Annissa dan Annov termasuk pasangan muda yang menerapkan adanya jadwal piket di malam hari untuk mengurus si Kecil. 

Pasca persalinan, Annissa sempat merasa kurang istirahat sehingga ide penerapan jadwal piket malam ini pertama kali diajukan oleh dirinya kepada sang Suami.  

"Soalnya waktu Annasya baru lahir, saya merasa waktu istirahatannya sangat kurang. Jadi, suka minta tolong Annov untuk bantu menjaga Annasya sebentar dan saya memanfaatkan waktu itu untuk tidur," kata Annissa.

Demi bisa sama-sama memiliki waktu istirahat yang cukup, keduanya sepakat untuk membuat jadwal piket di malam hari ini. 

Annissa juga mengatakan bahwa waktu malam hari itu memang penting sekali untuk istirahat. Terkait jadwal piket, peran suami dan istri perlu dibagi sehingga ketika bukan jadwal piketnya bisa digunakan untuk istirahat.  

"Tujuannya agar kita sama-sama bisa istirahat, kalau tidak ada piket takutnya satu di antara kita bisa jatuh sakit karena perubahaan jam tidur yang lumayan drastis," jelasnya. 

3. Pembagian jadwal piket di malam hari dilakukan secara konsisten

3. Pembagian jadwal piket malam hari dilakukan secara konsisten
Instagram.com/annissanns

Saat praktiknya, Annissa dan Annov memiliki pembagian tugas selama jadwal piket di malam hari. Hal ini dilakukan agar mereka berdua memiliki waktu istirahat yang cukup. 

"Jadi mulai dari jam 11 malam sampai 2 pagi kalau misalnya Annasya ganti popok menjadi tugas Annov. Kalau saat Annov yang jaga pastinya saya akan tetap bisa dibangunkan karena Annasya masih menyusui 3 jam sekali," kata Annissa.

Menurut Annissa, ketika awal-awal pasca persalinan bahkan jadwal Annov bisa sampai jam 3 pagi untuk menjaga putri kecil mereka. 

"Setelahnya jam 2 sampai Annasya bangun, saya yang jaga termasuk untuk urusan mengganti popok," tambahnya. 

Selama menerapkan jadwal piket di malam hari ini secara konsisten, Annissa dan Annov memiliki beragam manfaat positif untuk keluarga kecil mereka. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif, Annissa mengatakan bahwa ketika sedang kebagian jadwal piket ini mereka berdua merasa memiliki waktu bonding time lebih bersama Annasya. 

4. Prinsip mengurus anak menjadi tugas bersama selalu dijalani oleh Annissa dan Annov

4. Prinsip mengurus anak menjadi tugas bersama selalu dijalani oleh Annissa Annov
Dok. Annissa Soebandono


Walau termasuk pasangan yang baru berperan sebagai orangtua baru, namun kesiapan Annissa dan Annov dalam mengurus anak bisa dicontoh dan dijadikan pembelajaran. 

Kepada pembaca Popmama.com yang mungkin sebentar lagi memiliki anak pertama atau bahkan sedang mengurus si Kecil, Anissa dan Annov memiliki tips tersendiri dalam menerapkan jadwal piket di malam hari. Kerja sama menjadi kunci keberhasilan agar bisa saling kompak satu sama lain. 

"Kerja sama adalah keharusan jika baru mempunyai anak, saya dan Annov sampai sekarang masih banyak belajar dan tidak pernah bosan mencari informasi baru yang membuat kami nyaman termasuk mengenai penyesuaian jam tidur Annasya," jelas Annissa. 

Mengingat pasangan suami istri itu seharusnya bisa kompak dan tidak perlu saling egois jika sudah berhubungan dengan urusan mengurus anak.

"Mengurus anak itu bukan hanya tugas seorang Mama atau Papa saja, melainkan tugas bersama. Ini perlu dijalani berdua karena telah menjadi tugas orangtua," tutupnya.   

Itulah beberapa cerita menarik dari pasangan ini terkait penerapan jadwal piket malam ketika harus mengurus si Kecil. 

Kekompakan dari Annissa dan Annov sebagai pasangan muda dalam mengurus anak memang bisa dijadikan pembelajaran tersendiri.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

#MillennialFamily of the Month Edisi Mei 2020 – Annissa Soebandono & Annov Hari Prabowo

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Manna Legina

#MillennialMama of the Month

Annissa Soebandono & Annov Hari Prabowo
Millennial Mama

Annissa Soebandono & Annov Hari Prabowo

"Dukungan keluarga adalah hal terpenting untuk seorang Mama baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.