Eksklusif: Annissa Curhat Mengenai Kedekatan dan Arti Alyssa Soebandono di Dalam Hidupnya

Annissa banyak belajar dari Alyssa Soebandono soal anak dan membangun pondasi rumah tangga

14 Mei 2020

Eksklusif Annissa Curhat Mengenai Kedekatan Arti Alyssa Soebandono Dalam Hidupnya
Instagram.com/annissanns

Memiliki saudara yang kompak dengan kita tentunya menjadi pengharapan bagi semua orang. Annissa dan Alyssa Soebandono termasuk contoh hubungan saudara yang begitu menginspirasi untuk orang banyak. 

Sebagai adik kakak, keduanya begitu kompak walau sudah sama-sama membina keluarga masing-masing. 

Annissa mengungkapkan bahwa kunci hubungan harmonisnya bersama Alyssa Soebandono yakni komunikasi. 

"Dengan berkomunikasi, maka kita dan saudara akan semakin dekat dan selalu ada sesuatu yang bisa diceritakan," kata Annissa. 

Ketika melangkah untuk membina sebuah keluarga dan sekarang sudah memiliki satu orang anak bernama Annasya Xiveria Annov, mama satu anak ini pun banyak belajar dari sang Kakak. 

Pembelajaran tersebut tidak hanya perihal membangun hubungan yang baik bersama pasangan saja, namun Annissa belajar untuk berperan menjadi sosok Mama yang siap siaga untuk putri kecilnya.

Jika Mama ingin mengetahui rahasia kedekatan antara saudara yang dijalani oleh Annissa dan Alyssa Soebandono, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak wawancara eksklusif bersama Annissa sebagai salah satu Millennial Family of the Month Edisi Mei 2020 yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Dari kakaknya, Annissa belajar selalu menyayangi dan melakukan yang terbaik untuk keluarga 

1. Dari kakaknya, Annissa belajar selalu menyayangi melakukan terbaik keluarga 
Instagram.com/Annissanns

Annissa yang kini sudah memiliki peran sebagai seorang istri sekaligus Mama untuk Annasya tentu banyak belajar dari sosok sang Kakak. 

Walau sudah sama-sama memiliki keluarga serta tanggung jawab tersendiri, Annissa dan Alyssa masih berhubungan baik dari hari ke hari. Komunikasi di antara mereka berdua tetap dijaga dengan baik agar tidak putus di tengah jalan. 

"Bisa dibilang setiap hari pasti selalu saja saling berkabar, melalui Instagram atau WhatsApp. Bahkan kita saling berkabarnya bisa dengan sekadar bertukar lelucon, memberikan sebuah informasi atau saling kasih tahu kalau ada barang bagus yang bisa dibeli," kata Annissa. 

Dengan memanfaatkan teknologi, berbagai hal sederhana seringkali bisa menjadi bahan obrolan untuk Annissa dan Alyssa. 

Menurut Annissa pribadi, Alyssa Soebandono termasuk sosok yang sayang sekali terhadap keluarganya termasuk selalu berusaha melakukan yang terbaik. 

"Kak Icha nggak pernah mau melihat kita sedih dan selalu berusaha yang terbaik untuk keluarga. Bahkan untuk saya pribadi, dia bisa selalu ada setiap saat. Kalau misalnya tiba-tiba butuh bantuan, pasti Kak Icha siap siaga dan terus menanyakan kabarku," ucap Annissa. 

Dari kakaknya, Annissa belajar selalu menyayangi dan melakukan yang terbaik untuk keluarga. 

Hal ini memang perlu ditanamkan dengan baik, apalagi sekarang sudah membina rumah tangga sendiri dan memiliki seorang anak.

2. Dari Alyssa Soebandono dan Dude Harlino, Annissa belajar untuk bisa saling support

2. Dari Alyssa Soebandono Dude Harlino, Annissa belajar bisa saling support
Instagram.com/Annissanns

Kedekatan Annissa dengan keluarga, termasuk bersama Alyssa Soebandono dan Dude Harlino sebagai pasangan suami isti tentu membuatnya banyak belajar. 

Memang perlu diingat bahwa ilmu tentang kehidupan itu bisa dipelajari dari mana saja. Tidak hanya sekadar teori dari buku, namun dapat juga diambil dari pengalaman hidup orang lain yang bisa menginspirasi. 

Ketika diwawancarai oleh Popmama.com di tengah kesibukannya, Annissa bercerita bahwa memang tidak ada wejangan tertentu yang diberikan oleh Alyssa dan Dude sebelum dirinya melahirkan anak pertama. 

Hanya saja, Annissa banyak belajar dari mereka berdua sebagai pasangan yang begitu romantis. 

"Wejangan tertentu sebelum melahirkan anak pertama memang nggak ada, tetapi aku belajar dari Kak Icha dan Kak Dude kalau harus selalu support satu sama lain," kata mama satu anak ini.

Tak hanya belajar untuk bisa saling bekerja sama satu sama lain sebagai suami istri saja, namun Annissa juga belajar untuk selalu menghargai pasangan. 

"Seperti yang kalian lihat juga kalau Kak Icha dan Kak Dude termasuk pasangan yang ideal. Tidak hanya romantis, namun selalu menghargai satu sama lain dan bisa mengutarakan rasa kasih sayang. Tentunya juga harus selalu bersyukur karena saling memiliki," jelas Annissa. 

Menurut Annissa, sebenarnya ada juga nasihat yang benar-benar begitu menguatkan dan pernah di ucapkan oleh sang Kakak. 

Ketika hari pernikahannya, Annissa diberikan pesan ketika sudah menjadi seorang istri harus selalu menghargai suami. 

"Apalagi sudah nggak bisa bergantung sama orangtua. Selain itu, diberikan pesan untuk menjadi perempuan yang kuat, sabar dan pastinya mandiri karena kelak akan berperan menjadi orangtua untuk anak-anak," kata Annissa. 

Dalam membina pondasi rumah tangga yang kokoh bersama Annov Hari Prabowo, keduanya saling belajar dari sosok Alyssa dan Dude sebagai pasangan suami istri yang sangat ideal. 

3. Dari kakaknya, Annissa belajar banyak hal ketika berperan menjadi orangtua baru

3. Dari kakaknya, Annissa belajar banyak hal ketika berperan menjadi orangtua baru
Dok. Annissa Soebandono

Ketika sudah sama-sama memiliki anak, kedekatan hubungan Annissa dan Alyssa Soebandono sebagai saudara tidak pernah putus komunikasi. 

"Komunikasi kita memang nggak jauh-jauh dari keluarga atau anak. Apalagi saya sering sekali minta masukan dari Kak Icha dan menanyakan hal-hal yang mungkin belum dipahami, termasuk mengenai anak," kata Annissa. 

Annissa seringkali berdiskusi dan bertanya banyak hal mengenai kesehatan serta tumbuh kembang anak kepada kakaknya. 

"Maklum orangtua baru jadi masih banyak yang belum diketahui. Misalkan ada sesuatu yang terjadi dengan Annasya, pasti saya langsung cerita dan tanyakan kepada Kak Icha. Jadi bisa tahu apa yang harus dilakukan," jelas mama satu anak ini. 

Annissa sendiri mengaku bahagia karena masih tetap kompak bersama sang Kakak, walau sudah memiliki kewajiban masing-masing di keluarga. Annissa dan Alyssa pun seringkali saling berkunjung satu sama lain ke rumah masing-masing. 

"Masih nggak nyangka udah pada memiliki anak sekarang. Padahal dulu pas kecil masih sering berantem, tidur bersama dan saling pinjam baju," ucapnya. 

Terkait hubungannya yang begitu harmonis bersama sang Kakak, Annissa pun nantinya ingin anak-anaknya bersama Annov bisa seperti itu. 

Jika nantinya Annasya memiliki adik dan sudah sama-sama besar, Annissa memiliki wejangan tersendiri untuk mereka. 

"Berbeda pendapat dan selera itu bisa saja, berantem itu pasti. Namun, sampai kapanpun yang akan dukung kalian, yang akan dengarkan keluh kesah kalian tanpa menilai, yang akan selalu menerima kalian apa adanya itu adalah saudara dan keluarga," begitu nasihat dari Annissa kelak untuk anak-anaknya di masa depan. 

Itulah beberapa cerita menarik dari Annissa dan Alyssa Soebandono sebagai saudara yang selalu sayang satu sama lain. 

Semoga kedekatan hubungan antar saudara ini bisa menjadi inspirasi tersendiri ya, Ma. 

Sehat terus untuk Annissa dan Alyssa Soebandono sekeluarga!

Baca juga: 

#MillennialFamily of the Month Edisi Mei 2020 – Annissa Soebandono & Annov Hari Prabowo

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Reporter – FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Art Designer – Manna Legina

#MillennialMama of the Month

Annissa Soebandono & Annov Hari Prabowo
Millennial Mama

Annissa Soebandono & Annov Hari Prabowo

"Dukungan keluarga adalah hal terpenting untuk seorang Mama baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.