Ini dia 5 Keuntungan Curhat Bersama Pasangan

Kalau ada masalah, nggak ada salahnya lho curhat bersama pasangan

5 Desember 2019

Ini dia 5 Keuntungan Curhat Bersama Pasangan
Freepik

Setiap orang pasti punya permasalahan hidup yang berbeda-beda nih, Ma.

Saat punya masalah, terkadang Mama mencari orang yang tepat di luar sana untuk sekedar berkeluh kesah. Padahal ada pasangan sebagai orang terdekat Mama yang bisa diajak untuk berdiskusi.

Daripada Mama curhat di dunia maya atau mungkin dengan orang yang tidak tepat, ada baiknya Mama bercerita dengan pasangan.

Mungkin Mama bertanya-tanya, sebenarnya apa sih manfaat dari curhat? Untuk menjawab pertanyaan ini, kali ini Popmama.com sudah merangkum manfaat curhat bersama pasangan.

1. Menurunkan depresi

1. Menurunkan depresi
Freepik/peoplecreations

Beberapa orang memilih untuk menyimpan permasalahannya sendiri tanpa berbagi dengan orang lain. Padahal dengan curhat atau sekedar bercerita dengan pasangan bisa menurunkan emosi dan tingkat depresi Mama lho.

Jangan menganggap kalau pasangan Mama sibuk dengan urusannya sendiri ya. Kalau memang dirinya sibuk bekerja dan mengurus banyak hal lainnya, Mama harus bisa mencari celah.

Katakan kepadanya kalau Mama sedang ada masalah dan ingin bercerita. Dengan begitu dirinya bisa memahami kondisi Mama dan akan menyempatkan waktu untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Dengan duduk dan curhat bersama pasangan, pelan-pelan Mama akan terlepas dari rasa stres yang bisa berujung depresi.

2. Lebih leluasa bercerita

2. Lebih leluasa bercerita
Freepik/phduet

Saat curhat dengan pasangan, Mama jadi lebih leluasa bercerita. Kalau dengan orang lain pasti ada hal-hal yang masih dianggap privasi, sehingga keseluruhan ceritanya kurang lengkap. Kalau sudah begini, solusi yang diberikan jadi kurang memuaskan untuk Mama.

Kelebihan duduk dan bercerita bersama pasangan, Mama tidak perlu malu dan menutupi apapun yang sedang dirasakan. Berceritalah dengan sejujur-jujurnya karena pasangan tidak akan mengintimidasi Mama.

Keluarkan semua unek-unek yang sedang dirasakan saja ya, Ma.

Editors' Picks

3. Menyelesaikan masalah

3. Menyelesaikan masalah
Freepik/katemangostar

Biasanya curhat menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan banyak orang saat sedang mengalami masalah.

Keinginan Mama untuk curhat dengan pasangan, sebenarnya keputusan yang sangat tepat lho. Tidak hanya menyimpan permasalahan sendiri, Mama bisa lebih terbuka dengan pasangan.

Curhat dengan pasangan juga bisa membantu komunikasi Mama dengan pasangan nih. Komunikasi yang kurang terjalin, bisa diperbaiki kembali menjadi lebih intens.

Tanpa Mama sadari, berbagi cerita dengan orang lain akan meringankan atau bahkan menyelesaikan masalah yang ada.

4. Mencari sudut pandang lain

4. Mencari sudut pandang lain
Freepik/nensuria

Curhat memang bisa di buku diary pribadi, tetapi meluapkan perasaan atau masalah sendiri ke orang lain perlu juga nih.

Daripada harus memendam permasalahan sendiri, bukankah lebih baik berbagi permasalahan ke orang lain? Bukan berarti ingin membuat orang lain jadi ikutan susah ya, Ma.

Terkadang saat punya masalah, Mama jadi kurang bisa berpikir jernih. Untuk itu, peran pasangan dalam mendengarkan cerita Mama diperlukan.

Tidak hanya sekedar menjadi pendengar yang baik saja. Saat Mama bercerita, pasangan akan memberikan solusi dari sisi berbeda dan sudut pandang lain yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan. Jadi, Mama bisa mendapat berbagai sudut pandang untuk benar-benar menyelesaikan masalah.

5. Berbagi pengalaman

5. Berbagi pengalaman
Freepik/peoplecreations

Pernah disadari nggak sih, kalau permasalahan Mama bisa sama dengan orang lain?

Masalah yang sedang Mama alami pasti juga pernah dirasakan orang lain. Bisa dibilang kalau ada teman senasib yang punya permasalahan yang sama seperti Mama. Itu menandakan kalau Mama itu tidak sendiri. Bahkan ada juga orang yang sudah berhasil menyelesaikan masalah itu dengan caranya sendiri.

Dengan bercerita dan berbagi pengalaman dengan pasangan, Mama tidak perlu takut lagi merasa terjebak tanpa menemukan solusi ya.

Barangkali saja pasangan juga pernah mengalami permasalahan yang sama dengan Mama. Kalau begini kan, Mama jadi bisa belajar bagaimana dirinya menyelesaikan masalah.

Perlu diingat yang terpenting masalah bisa teratasi meski solusinya dari pengalaman orang lain ya.

Mulai sekarang kalau ada masalah jangan dipendam sendiri ya, Ma. Ada baiknya terbuka dengan pasangan.

Selain punya teman untuk bercerita, permasalahan yang sedang Mama hadapi jadi lebih mudah terselesaikan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!