Sambut Hari Kasih Sayang, 5 Cara Membuat Valentine Lebih Spesial

Hari valentine tinggal beberapa hari lagi, yuk buat lebih berharga bersama dengan keluarga

31 Januari 2021

Sambut Hari Kasih Sayang, 5 Cara Membuat Valentine Lebih Spesial
Unsplash/Gus Moretta

Ma apakah kamu suka membuat hari valentine menjadi spesial untuk keluarga? Kalau suka, kamu harus baca terus artikel ini Ma, karena mengandung spoiler tentang cara untuk memperlakukan hari kasih sayang ini dengan spesial dan penuh makna!

Memang setiap hari seharusnya adalah penuh cinta, tapi tak ada salahnya untuk memiliki hari khusus bagimu bersama keluarga untuk bisa mengungkapkan isi hati. Mengapa itu penting? 

Psikolog & Co-founder TigaGenerasi, Saskhya Aulia Prima M.Psi saat ditemui di acara peluncuran Cadbury Kemasan Spesial “Ungkapan Hati”, Rabu (27/1) menjelaskan, baik dalam relasi romantis ataupun keluarga, ungkapan rasa sayang terhadap pasangan sangatlah penting untuk dilakukan guna meningkatkan kualitas dan kepuasan hubungan. 

"Salah satu alasan yang bisa membuat pasangan merasa malu atau gengsi dalam mengungkapkan perasaan, adalah rasa takut akan penolakan dan respon yang tidak sesuai harapan. Padahal banyak dari kita sebenarnya menunggu dan ingin mendengar hal itu terucap," kata Saskhya. 

Mengingat pentingnya mengungkapkan rasa cinta dan sayang, juga berbarengan dengan momen hari kasih sayang, maka Popmama.com akan membagikan 5 ide super untuk membantu kamu dan keluarga menikmati hari valentine yang menyenangkan dan bermakna.

1. Membuat "sihir" kecil di pagi hari

1. Membuat "sihir" kecil pagi hari
Pexels/Dominika Roseclay

Salah satu hal manis yang kamu bisa berikan ke anak adalah dengan kejutan ketika mereka bangun di hari valentine.

Biasanya itu adalah sekotak cokelat atau boneka, yang disematkan kartu kecil berisi ucapan.

Itu membuat sang Anak merasa senang ketika baru bangun, turun, dan menemukan sebuah kejutan.

Sambut Hari Kasih Sayang, 5 Cara Membuat Valentine Lebih Spesial
Popmama/Bima Bintoro

Untuk cokelat kamu bisa mencoba varian kemasan baru dari Cadbury Ma, yakni Cadbury Kemasan Spesial “Ungkapan Hati”.

Kenapa? Karena didalamnya berisi kartu ucapan kecil yang membungkus manis foil emas cokelatnya. Disitu juga ada beberapa pilihan kalimat intim yang bisa dipilih hanya dengan menggesernya. 

Selain langsung memberikan cokelat, kamu juga bisa mengejutkan anak dan suami dengan hal berikut ini. 

  1. Tinggalkan cangkir di luar pintu kamar tidur mereka untuk mengumpulkan jejak yang mengarah ke meja dapur tempat mereka akan menemukan kartu dan cokelat pemberianmu.
  2. Letakkan hiasan jendela bertema Hari Valentine di cermin kamar mandi.
  3. Buat pancake berbentuk hati atau smoothie merah muda dengan sedotan lucu.
  4. Letakkan mawar merah pada vas di lemari kamar tidur mereka ketika mereka bangun.
  5. Atau letakkan kartu ucapan yang ditempel di pintu kamar mereka.

Editors' Pick

2. Kejutan di piring meja makan siang

2. Kejutan piring meja makan siang
Pexels/Engin Akyurt

Meski sedang pandemi, bukan berarti menghalangi Mama untuk berkreasi dalam menyambut Hari Kasih Sayang tanggal 14 Februari nanti. 

Mama tidak boleh berhenti sampai di kejutan pagi saja, kamu harus menjaga keajaiban hari valentine terus berjalan sepanjang hari. 

Salah satunya dengan meletakkan kertas kecil dengan pesan yang manis di atas piring makan siang anak-anak.

Jika si Papa harus work from office, Mama bisa menyelipkan pesan manis atau sedikit gombalan di kotak makan siangnya. Pasti mereka akan terkejut dengan pesan manis penuh kasih sayang ini sebelum menikmati makan siang buatan Mama.

3. Lakukan misi kebaikan di hari valentine

3. Lakukan misi kebaikan hari valentine
Pexels/Cotton Bro

Sesuai isi salah satu ayat dalam Alkitab, 1 Yohanes 4:19, “Kita mencintai karena Dia lebih dulu mencintai kita,” hal ini bisa menjadi motivasimu untuk berbagi kasih yang besar dengan orang lain selain melakukan tindakan kebaikan pada keluarga di hari valentine. 

Berikut beberapa cara kamu dan keluarga menunjukkan kebaikan kepada orang lain di hari valentine. Jadikan itu misi keluarga!

  1. Berkelilinglah dan tinggalkan kartu bertema cinta yang dapat kamu cetak untuk orang-orang. Tinggalkan itu di kotak surat tetangga, untuk orang di yang bertugas di konter drive-thru makanan/minuman cepat saji, untuk kasir toko mini market, selipkan di drop-down baby changer di ruangan menyusui, tempel di cermin di toilet umum, di bangku taman, dan lain-lain.
  2. Menjadi pengasuh anak untuk pasangan lain sehingga mereka bisa berkencan di hari valentine.
  3. Kumpulkan permen gram untuk tetangga.
  4. Bawalah balon berbentuk hati untuk orang tua yang berjemur di taman.
  5. Berikan kartu ucapan valentine untuk operator penganmbil surat dengan menempelkannya di kotak surat untuknya. 
  6. Bawalah buket bunga untuk satu orang perempuan yang memiliki kondisi kurang beruntung seperti bercerai, janda, atau perempuan yang baru putus cinta misalnya.

4. Komunikasikan harapan dan keinginanmu pada suami

4. Komunikasikan harapan keinginanmu suami
Unsplash/Jonathan Borba

Hari valentine bisa menjadi hal yang rumit bagi pasangan paska pernikahan. Di satu sisi, sungguh luar biasa ada hari yang didedikasikan untuk menunjukkan penghargaan kepada pasangan kita.

Tetapi sisi lain, itu bisa menjadi pemicu ketidakpuasan, frustrasi, atau perasaan kesepian jika kita tidak hati-hati dalam menetapkan harapan kita di hari valentine.

Beberapa suami secara alami pandai mengetahui apa yang harus dilakukannya di hari spesial ini. Orang lain mungkin membutuhkan arahan penuh jika harus membuat hari tersebut penting.

Tidak masalah untuk mengkomunikasikan keinginanmu dengan hormat kepada suami dan melakukan percakapan yang jujur ‚Äč‚Äčtentang ekspektasimu di hari itu.

Tapi tahukah kamu apa yang paling penting dari semuanya? Memegang semua harapan itu dengan tangan terbuka, sehingga jika kamu tidak memiliki hari yang 'sempurna' di hari valantine rumah tanggamu tidak akan terguncang karenanya. 

5. Membuat games di hari valentine

5. Membuat games hari valentine
kindercare.com

Game adalah cara yang bagus untuk membawa kebahagaiaan ke dalam rumah. Dengan adanya hadiah dalam permainan-permainan, kamu dan anak-anakmu akan menemukan keakraban berujung cinta kasih di hari valentine. Tentunya seusai mereka pulang sekolah ya Ma. 

Dari ide di atas adakah yang menginspirasimu? Kami ingin sekali mendengar kamu mengaplikasikannya salah satu. Ataupun kamu masukkan dulu ke daftar yang akan kamu realisasikan nanti.

Perlu diingat tidak ada hal wajib di sini untuk menjadi Mama yang 'baik' , hanya saran dan inspirasi untuk memandu kamu membuat proses menjadi yang terbaik. Bawa semua dalam doa dan lakukan dengan hati gembira.

Baca juga:

The Latest