Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Pembelajaran Hidup dari Serial 'Yang Hilang dalam Cinta'

Banyak pembelajaran hidup tentang hubungan yang bisa diambil dari serial 'Yang Hilang dalam Cinta'

15 Oktober 2022

6 Pembelajaran Hidup dari Serial 'Yang Hilang dalam Cinta'
Instagram.com/officialpilarez

Episode terakhir serial 'Yang Hilang dalam Cinta' telah tayang pada 3 September 2022 di layanan streaming Disney+ Hotstar. Sejak awal penayangan hingga saat ini, serial Indonesia memang ramai dibicarakan. 

Serial ini menceritakan tentang kisah Satria (Dion Wiyoko) yang harus menyaksikan cinta pertamanya, Dara (Sheila Dara), mempersiapkan pernikahan di hotel tempatnya bekerja. Dara sendiri diketahui akan menikah dengan tunangannya, Rendra (Reza Rahadian).

Suatu hari, Dara dan Rendra, bertengkar hebat. Kejadian ini sebenarnya bukan hal yang mengejutkan bagi Dara, sebab ia sudah berhadapan dengan Rendra dan sifat tempramentalnya selama lima tahun terakhir.

Di balik kisah yang dihadirkan dalam serial ini, ternyata ada beberapa pembelajaran hidup yang dapat dipetik penonton. Pembelajaran hidup yang ada kebanyakan seputar hubungan percintaan.

Kali ini Popmama.com telah menyiapkan ulasan mengenai pembelajaran hidup dari serial 'Yang Hilang dalam Cinta' secara lebih detail.

Kira-kira apa saja pembelajaran hidupnya, ya?

1. Jangan merendahkan pasangan

1. Jangan merendahkan pasangan
Instagram.com/yndlaurens

Mempunyai hubungan yang sehat tentu menjadi impian bagi banyak pasangan. Namun sayangnya, terkadang setiap manusia memiliki sifat buruk yang bisa saja membuat pasangan merasa tersinggung. Salah satu sifat buruk yang bisa terjadi ialah suka merendahkan.

Serial dengan 12 episode ini menunjukkan dampak yang terlihat secara jelas dari sifat suka merendahkan pasangan.

Dalam cerita, Rendra beberapa kali merendahkan Dara secara terang-terangan. Rendra bahkan menyebut Dara sebagai seorang anak kecil, tidak memiliki perasaan, dan menyusahkan orang lain.

Tak banyak yang menyadari, mendapatkan perlakuan direndahkan oleh pasangan dapat membuat dirimu menjadi tidak percaya diri dan bahkan bisa merasa tertekan. Akibat perlakuan Rendra tersebut, Dara pun jadi merasakan hal demikian.

Oleh karena itu, jangan pernah merendahkan pasangan sedikit pun. Namun, apabila kamu direndahkan oleh pasangan, kamu bisa menegurnya di waktu yang tepat.

Saat itu juga kamu bisa mengutarakan kepadanya bahwa dirimu merasa direndahkan.

2. Hindari cemburu berlebihan kepada pasangan

2. Hindari cemburu berlebihan kepada pasangan
Instagram.com/sheiladaisha

Beberapa pasangan pasti pernah mengalami cemburu di dalam hubungan. Sebenarnya, cemburu merupakan hal yang wajar. Namun, hal ini justru akan menjadi tidak wajar bila rasa cemburu yang dimiliki pasangan berlebihan.

Serial ini memperlihatkan dengan jelas akan dampak yang terjadi bila kita memiliki rasa cemburu berlebihan kepada pasangan.

Dalam cerita, Rendra beberapa kali menunjukkan sikap cemburunya kepada Dara, terutama pada saat Rendra curiga dengan hubungan antara Dara dan Tito maupun Satria.

Terbakar api cemburu membuat Rendra sempat bertindak di luar nalar. Rendra sampai menyiksa Dara, baik melalui kekerasan secara verbal maupun fisik.

Dari cerita yang dihadirkan, penonton jadi dapat mengambil pelajaran untuk tidak cemburu berlebihan kepada pasangan.

Bila kamu merasa cemburu karena curiga dengan pasangan, kamu bisa membicarakannya dengan baik-baik dan dengarkan pula penjelasan darinya. Melakukan hal tersebut dapat membuatmu berpikir positif dan menghadapi rasa cemburu dengan baik.

Editors' Picks

3. Hindari perilaku gaslighting di dalam hubungan

3. Hindari perilaku gaslighting dalam hubungan
Instagram.com/yndlaurens

Gaslighting merupakan salah satu bentuk manipulasi yang bisa terjadi di dalam hubungan yang dijalani.

Dalam cerita pada serial ini, Rendra beberapa kali menunjukkan sikap gaslighting kepada tunangannya, Dara, di beberapa episode.

Sikap gaslighting yang dilakukan oleh Rendra akhirnya membuat Dara menjadi merasa bersalah dan bahkan semakin merasa tertekan. Selain itu, tokoh Dara pun jadi kehilangan jati dirinya sendiri.

Melalui apa yang ditunjukkan oleh Rendra dalam serial ini, penonton secara tidak langsung disadarkan untuk hindari melakukan gaslighting kepada pasangan. Dampak dari perilaku tersebut sudah sangat terlihat dengan jelas dalam serial ini.

4. Hargai dan cintai pasangan seutuhnya

4. Hargai cintai pasangan seutuhnya
Instagram.com/dionwiyoko

Menghargai dan mencintai pasangan seutuhnya menjadi pembelajaran hidup berikutnya yang dapat dipetik oleh penonton dari serial 'Yang Hilang dalam Cinta'.

Dalam serial ini, melalui hal-hal kasar yang dilakukan kepada Dara, tokoh Rendra tampak seperti tidak menghargai dan mencintai pasangannya.

Rendra bahkan beberapa kali melakukan kekerasan verbal seperti menyalahkan dan merendahkan Dara secara terang-terangan. Tindakan yang dilakukan oleh Rendra tersebut akhirnya membuat tokoh Dara menjadi merasa tertekan.

Sementara itu saat bersama Satria, Dara seperti tampak terlihat dihargai dan disayangi. Hal ini tentu terjadi karena didasari oleh perasaan cinta Satria yang begitu besar terhadap Dara. Saat bersama Satria, Dara lebih tampak ceria dan bahagia.

Berangkat dari hal tersebut, penonton ingin diingatkan kembali tentang betapa pentingnya mencintai dan menghargai pasangan.

Hal ini tentu sangat penting agar hubungan yang dijalani dapat bertahan lama dan dipenuhi dengan kebahagiaan.

5. Hindari bersikap egois

5. Hindari bersikap egois
Instagram.com/sheiladaisha

Serial ini pun memperlihatkan kepada penonton untuk menghindari bersikap egois kepada pasangan. Dalam serial ini, sikap egois sangat ditunjukkan dengan jelas oleh tokoh Rendra, terutama pada saat dirinya bertengkar hebat dengan Dara.

Suatu hari saat terjadi pertengkaran, Rendra mengungkit bahwa Dara tidak pernah mengerti tentang perasaannya. Padahal, perlakuan kasar yang Rendra berikan kepada Dara sangat mencerminkan bahwa Rendra tidak memikirkan dan mengerti perasaan Dara.

Sikap egois bisa saja terjadi tanpa disadari oleh seseorang. Perlu diketahui, sikap ini bisa saja dilakukan oleh beberapa pasangan di dalam suatu hubungan yang dijalani. Meski bisa saja terjadi, alangkah baiknya untuk menghindari sikap ini.

Jika memang saat ini kamu masih tampak egois, sebaiknya segera dihentikan. Menghindari atau menghentikan sikap ini bisa kamu lakukan dengan cara menghargai pasangan seutuhnya.

6. Hargai dan cintai diri sendiri

6. Hargai cintai diri sendiri
Instagram.com/sheiladaisha

Selain berbicara soal hubungan dengan pasangan, serial 'Yang Hilang dalam Cinta' juga menyadarkan penonton betapa pentingnya untuk menghargai dan mencintai diri sendiri. Tanpa disadari, hal ini terkadang luput dari perhatian kita.

Pembelajaran hidup ini bisa kamu petik dari tokoh Dara. Dalam serial ini, Dara seperti tidak menghargai dan mencintai dirinya sendiri. Meski sudah berkali-kali disakiti oleh Rendra, ia masih saja tetap mencintai Rendra. Hal inilah yang akhirnya membuat Dara terluka.

Menghargai dan mencintai diri sendiri merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada dirimu. Dengan menghargai dan mencintai diri, kamu bisa menemukan kebahagiaan, dan terbebas dari hal-hal menyedihkan.

Oleh karena itu, bila mungkin saat ini kamu sedang berada di posisi Dara, kamu bisa mewujudkan menghargai dan mencintai diri sendiri dengan cara mencari jalan keluar yang terbaik.

Bila kamu tidak bisa melakukan ini seorang diri, kamu bisa meminta dukungan dan bantuan dari orang terdekat, seperti keluarga, untuk membantu menyelesaikannya.

Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini merupakan salah satu jalan terbaik untuk tetap menghargai dan mencintai diri sendiri.

Jadi, itulah rangkuman ulasan lengkap mengenai pembelajaran hidup yang bisa diambil oleh penonton dari serial 'Yang Hilang dalam Cinta'.

Semoga saja beberapa pembelajaran hidup yang ada dalam serial ini bisa menjadi inspirasi, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk