7 Cara Menjadi Sahabat yang Baik untuk Pasangan Kita

Perempuan harus bisa menjadi istri sekaligus sahabat yang baik bagi suaminya

31 Juli 2021

7 Cara Menjadi Sahabat Baik Pasangan Kita
Freepik/tirachardz

Saat menjalin hubungan pernikahan ada kalanya Mama tidak hanya berperan sebagai istri saja, melainkan sebagai sosok sahabat yang ada saat momen suka dan duka. 

Terutama ketika suami sedang mengalami masa-masa sulit, ketika Mama memposisikan diri sebagai sahabatnya mungkin ia bisa lebih terbuka untuk membicarakan masalah tersebut. Dengan begitu, kalian bisa mengatasinya bersama.

Menjadi sahabat yang baik bagi pasangan akan membuat hubungan pernikahan Mama dan Papa semakin intim, langgeng, dan terhindar dari konflik yang tidak diinginkan.

Nah Ma, bagaimana cara menjadi sahabat yang baik untuk pasangan? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Disimak ya!

1. Saling terbuka saat membicarakan masa lalu

1. Saling terbuka saat membicarakan masa lalu
Freepik/gpointstudio

Jangan pernah berpikir bahwa kita sudah tahu semua hal tentang pasangan kita. Sekalipun Mama dan Papa telah menjalani kehidupan pernikahan selama bertahun-tahun, pasti ada saja satu dari masa lalu yang belum pernah diceritakan.

Oleh karenanya, penting untuk mengobrol bersama dan bernostalgia. Buatlah agar ia mau bercerita mengenai pengalaman hidupnya, sekalipun itu hanya hal-hal sepele. 

Pasangan kita mungkin akan menceritakan kisah yang sama setiap saat, namun pasti akan ada detail-detail kecil baru yang menarik.

2. Berani mengambil tanggung jawab

2. Berani mengambil tanggung jawab
Freepik/lookstudio

Alih-alih membebankan semuanya pada suami, mulailah untuk bersikap mandiri dengan berani bertanggung jawab atas setiap tindakan kecil yang kita lakukan. Jangan ragu untuk meminta maaf saat berbuat kesalahan.

Melalui cara ini, kita akan tumbuh menjadi istri yang bisa diandalkan, sekaligus sahabat yang baik bagi pasangan kita.

Editors' Picks

3. Meluangkan waktu untuk mengobrol setiap hari

3. Meluangkan waktu mengobrol setiap hari
Freepik/wirestock

Seiring waktu, kita terbiasa melihat rutinitas suami yang sibuk dengan pekerjaannya. Misalnya, pagi hari berangkat kerja dan malam hari pulang ke rumah.

Sekilas memang tampak seperti rutinitas biasa. Namun saat kita mulai membuka obrolan, Mama akan mendengar hal-hal baru yang menarik mengenai kehidupannya.

Oleh karenanya, ajaklah pasangan untuk mengobrol setiap hari tentang apa saja yang terjadi hari ini, serta apa yang ia pikirkan dan rasakan. Dengan begitu, kita bisa menjadi sahabat yang baik untuknya. 

4. Lebih ekspresif dalam menunjukan perasaan

4. Lebih ekspresif dalam menunjukan perasaan
Freepik/pressfoto

Kita harus bisa menemukan cara baru untuk lebih ekspresif dan membuka diri dalam suatu hubungan. Jangan biarkan hari ini sama monotonnya dengan kemarin. 

Buatlah setiap harinya menjadi spesial dengan mengeksplor berbagai kegiatan menarik bersama-sama. Selain itu, penting juga untuk mengekspresikan perasaan satu sama lain secara fisik dan emosional agar kalian bisa lebih terhubung.  

5. Habiskan waktu berkualitas bersama

5. Habiskan waktu berkualitas bersama
Freepik/freepik

Setiap harinya kita menghabiskan sebagian besar waktu bersama pasangan. Namun, belum tentu waktu tersebut berkualitas atau bahkan tidak sama sekali.

Menghabiskan waktu berkualitas, adalah saat suami istri memposisikan dirinya sebagai sahabat yang saling mendengarkan dan berbicara secara terbuka.

Waktu berkualitas juga bisa didapatkan saat kalian melakukan berbagai kegiatan yang bermakna untuk satu sama lain dan orang-orang di sekitar.  

6. Tetap konsisten dengan peran kita di dalam pernikahan

6. Tetap konsisten peran kita dalam pernikahan
Freepik/master1305

Ingatlah, peran terbaik Mama yakni menjadi istri sekaligus sahabat yang baik bagi suami. Oleh karenanya, buatlah agar kedua peran tersebut porsinya seimbang serta konsisten dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, menjadi sosok sahabat bukan berarti kita harus kehilangan peran sebagai istri, begitu juga sebaliknya. 

7. Berada di tim yang sama

7. Berada tim sama
Freepik/tirachardz

Pastikan Mama serta Papa bekerja sebagai tim yang memperjuangkan mimpi dan harapan kalian untuk masa depan.

Tentukan apa yang ingin kalian lakukan bersama dalam beberapa tahun, bahkan dekade ke depan. Dengan begitu Mama dan Papa semakin yakin untuk tetap bersama sampai hari tua.

Nah Ma, itulah beberapa cara menjadi sahabat yang baik untuk pasangan. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.