Tips Berbagi Kebahagiaan saat Menjalani Puasa Ramadan di Masa Pandemi

Mari menuai kebahagiaan untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita!

21 April 2021

Tips Berbagi Kebahagiaan saat Menjalani Puasa Ramadan Masa Pandemi
Freepik/master1305

Bulan Ramadan adalah bulan yang identik dengan kebersamaan dan berbagi. Terlebih di masa pandemi saat ini, alangkah baiknya jika Mama mengajak keluarga untuk melakukan kegiatan positif. 

Sambil menjalani ibadan puasa, ada banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan meskipun dalam ruang gerak yang terbatas. Salah satunya dengan berbagi untuk sesama.

Berbagi hal-hal kecil untuk orang di sekitar kita ternyata terbukti bisa membawa kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Nah, bagaimana caranya berbagi kebahagiaan untuk diri sendiri dan orang-orang sekitar kita selama menjalani puasa Ramadan di Masa Pandemi ini?

Yuk, simak penjelasan dari psikolog klinis, Tara de Thouars yang sudah Popmama.com rangkum dari acara media virtual “Wall’s Happy Hour #BerbagiJadiHappy”.

Disimak ya, Ma!

1. Seperti apa makna suatu kebahagiaan?

1. Seperti apa makna suatu kebahagiaan
Freepik/master1305

Berbagi dapat membawa kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang lain. Namun sebelumnya, pahami dulu makna dari kebahagiaan itu sendiri. 

Suatu kebahagiaan punya standarnya masing-masing bagi setiap orang. Namun, di masa pandemi saat ini arti kebahagiaan bisa berubah.

“Selama ini, kita akan merasa happy saat mencapai sebuah standar yang kita tentukan. Tetapi dengan berbagai keterbatasaan karena pandemi, kita perlu belajar untuk bisa menerima keadaan dan lebih bersyukur," ujar psikolog Tara de Thouars.

Kalau sebelumnya kita bahagia dengan jalan-jalan ke Mall atau ngumpul di cafe bareng teman-teman. Sekarang kegiatan tersebut rasanya silit dilakukan.

Namun, menerima keadaan bukan berarti benar-benar pasrah. Kita harus menjaga suasana hati tetap positif dengan memikirkan berbagai cara untuk bisa bahagia.

Editors' Picks

2. Kita bisa memilih untuk bahagia

2. Kita bisa memilih bahagia
Freepik/Odua

Hidup dipenuhi dengan berbagai pilihan. Kita bisa memilih untuk mengeluh, bersedih atau menyalahkan situasi pandemi yang tak kunjung berakhir ini.

Sebaliknya kita juga bisa memilih untuk bahagia dengan membuat happy choice dalam hidup kita.

"Bahagia itu nggak muncul secara otomatis, happines itu sesuatu yang memang harus kita usahakan dan kita cari-cari caranya supaya kita bisa merasakannya," kata Tara de Thouars.

Lebih lanjut ia menyarankan, kita harus berusaha untuk membuat pilihan-pilihan baik supaya bisa terus bahagia di masa pandemi ini.

Mulailah menerima keadaan dengan sikap yang positif. Misalnya menemukan hobi baru, berinteraksi dengan keluarga dan sahabat secara virtual, ataupun berbagi dengan orang lain di sekitar kita.

3. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain, membuat kita ikut bahagia

3. Berbagi kebahagiaan orang lain, membuat kita ikut bahagia
Freepik

Kita dapat membuat happy choice dengan melakukan hal positif seperti berbagi dengan orang di sekitar kita.

"Berbagi tidak harus dalam bentuk materi, tapi bisa juga dalam bentuk senyuman, ucapan, pelukan dan bahkan hal sederhana seperti menanyakan kabar," ujar Tara de Thouars.

Tara menjelaskan, selain untuk mempererat relasi dengan orang lain, berbagi dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan mental kita. Seperti menurunkan kecemasan dan tingkat stres dan membuat mood jadi positif.

"Perilaku berbuat baik dan membantu orang lain akan mengaktifasi mesolimbic system yang bertanggung jawab terhadap bagian reward di otak, sehingga saat berbuat baik pada orang lain, otak akan mengeluarkan kimiawi perasaan happy,” tutupnya.

4. Bagaimana caranya berbagi kebahagiaan dengan orang di sekitar kita?

4. Bagaimana cara berbagi kebahagiaan orang sekitar kita
Pexels/Gabby K

Interaksi adalah salah satu hal yang dapat membuat kita bahagia. Apalagi di masa pandemi ini memang harus membatasi aktivitas fisik. Rasanya kita jadi semakin merindukan keberadaan seseorang di sisi kita.

Psikolog Tara de Thouars memaparkan ada lima cara untuk menunjukkan rasa cinta dan berbagi kebahagiaan kepada sesama.

Pertama bisa dengan memberikan hadiah berupa materi seperti uang, barang, atau makanan. Tak perlu mahal yang penting berarti dan punya makna tersendiri untuk orang tersebut.

Lalu memberikan kata-kata positif, seperti dukungan dan pujian. Selanjutnya, memberikan sentuhan fisik seperti pelukan atau menggenggam tangan, paling tidak lakukanlah dengan anggota keluarga di rumah.

Kemudian menawarkan servis atau bantuan ke orang lain, dan terakhir menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-ornag yang kita sayangi. Mulailah dari keluarga di rumah. Lakukan kegiatan seperti masak bersama atau sekedar curhat. Jika ingin berinteraksi dengan sahabat atau keluarga jauh, bisa dilakukan secara virtual dengan video call.

Nah Ma itulah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk berbagi kebahagiaan bagi diri sendiri dan orang di sekitar kita selama Ramadan di masa pandemi ini. Yuk, mulai dari sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.