7 Sexual Aftercare untuk Menciptakan Keintiman dengan Pasangan

Selesai bercinta, jangan lupa untuk bermesraan dengan pasangan, ya

17 Mei 2022

7 Sexual Aftercare Menciptakan Keintiman Pasangan
Freepik

Berhubungan seks merupakan cara untuk mempererat hubungan bersama pasangan secara fisik dan emosional. Seks juga mampu mendatangkan kebahagiaan untuk kedua pasangan.

Sebelum bercinta, biasanya terdapat kegiatan yang dilakukan untuk membangkitkan gairah, yaitu foreplay. Kegiatan foreplay bertujuan sebagai pemanasan agar hubungan seks lancar.

Selain foreplay, salah satu kegiatan dalam berhubungan seks yaitu sexual aftercare. Kegiatan tersebut merupakan kebalikan dari foreplay, yaitu sebuah aktivitas yang dilakukan setelah bercinta.

Dikutip dari Men’s Health, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 aktivitas sexual aftercare yang patut dicoba untuk menjaga keintiman bersama pasangan.

1. Cuddling

1. Cuddling
Freepik/cookie_studio
Ilustrasi papa dan mama seks saat cuaca dingin

Cuddling atau berpelukan merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh seseorang. Berpelukan dengan pasangan merupakan hal yang nikmat dan membawa kebahagiaan.

Selain itu, berpelukan juga membawa koneksi yang dapat meningkatkan rasa kasih sayang.dari pasanganmu. Diyakini jika cuddling dapat mengeluarkan hormon oksiton yang mampu menghilangkan stres.

Cobalah berpelukan dengan pasanganmu dengan posisi spooning (peluk dari belakang) sambil membisikkan kata-kata yang romantis.

2. Makan dan minum bersama

2. Makan minum bersama
Freepik/gpointstudio

Setelah berhubungan seks, tentu kamu merasa lelah karena melakukan banyak adegan ‘panas’ bersama pasanganmu. Biar tetap terhidrasi, kamu bisa makan dan minum bersama pasanganmu.

Kamu juga bisa makan makanan ringan dengan pasanganmu sambil ngobrol agar mempererat hubungan kalian. Makan bareng pasanganmu juga merupakan bentuk kepedulian dan sayang kepadanya.

Editors' Picks

3. Membahas seks dengan pasangan

3. Membahas seks pasangan
Freepik/katemangostar

Penting bagi kamu untuk berbagi cerita mengenai hubungan seks yang sudah dijalani bersama pasanganmu. Kamu bisa mengawalinya tanpa harus merasa malu-malu.

Kamu dapat menceritakan masalah seksual bersama pasanganmu, mulai dari hal yang suka dan tidak disukai, kemudian kebutuhan lain yang bisa meningkatkan kemesraan suami istri.

4. Mandi bersama

4. Mandi bersama
Pexels/Vlada Karpovich

Sebagian orang mungkin merasa malu jika harus mandi bersama pasangannya. Ternyata, mandi bersama pasangan bisa mengeluarkan sisa-sisa kenikmatan bercinta yang belum tersalurkan saat di ranjang.

Kegiatan mandi bersama dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuatmu tetap terangsang. Apalagi, mandi juga membantu membersihkan organ intim setelah berhubungan seks.

Gunakan air hangat untuk membersihkan badan dan organ reproduksi. Lakukan dengan sambil membasuh dan membilas badan pasangan masing-masing.

5. Berciuman

5. Berciuman
Freepik/wirestock

Aktivitas seksual dirasa telah selesai apabila kedua pasangan telah orgasme. Namun, luangkan waktu sejenak untuk berciuman dengan pasanganmu setelah bercinta.

Berciuman ternyata bisa membuat dampak positif terhadap tubuh. Dilansir dari The American Journal of Medicine, berciuman dapat melepas endorfin dan dophamin pada otak yang mampu merubah suasana hati.

Selain itu, berciuman juga baik untuk jantung dan tekanan darah. Jadi, jangan lupa berciuman setelah berhubungan seks, ya.

6. Nonton film bareng

6. Nonton film bareng
Pexels/cottonbro

Kamu juga bisa nonton bersama pasanganmu setelah berhubungan seks. Diyakini aktivitas tersebut menjadi salah satu cara untuk membuat nyaman setelah bercinta.

Jika menonton film sebelum bercinta, mungkin kamu tidak akan fokus. Hal ini karena kamu sudah membayangkan adegan ‘panas’ yang akan dilakukan dengan pasanganmu sebelum film berakhir.

Pilihlah tontonan yang ringan dan menyenangkan agar bisa mempertahankan suasana hatimu dan pasanganmu setelah berhubungan seks.

7. Saling memijat

7. Saling memijat
Freepik/Racool_studio

Walaupun sesi bercinta telah berakhir, kemesraan dengan pasanganmu tetap harus berlanjut. Salah satunya, kamu bisa melakukan aktivitas saling memijat bersama pasanganmu.

Aktivitas memijat merupakan cara terbaik untuk mempertahankan fisik kamu tetap bergairah dan hangat. Menurut Journal of Health Psychology, aktivitas memijat yang dilakukan oleh masing-masing pasangan dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Itulah 7 aktivitas sexual aftercare yang patut kamu lakukan setelah berhubungan seks. Meski sesi bercinta telah selesai, keintiman bersama pasanganmu jangan sampai berakhir.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk