Bagaimana Cara Mengetahui Tipe Bahasa Cinta Pasangan?

Kira-kira pasanganmu masuk tipe yang mana ya?

18 Mei 2021

Bagaimana Cara Mengetahui Tipe Bahasa Cinta Pasangan
Freepik/freepik

Saat sedang menjalani hubungan, apakah Mama tidak sadar bahwa pasangan kita sering gombal, sering memanjakan atau justru terkesan diam saja?

Terkadang Mama berekpektasi memiliki pasangan yang romantis lewat kata-kata dan segala tindakannya. Namun, sering sekali pasangan suami istri melupakan hal terpenting yang dinamakan bahasa cinta.

Love language setiap pasangan jelas akan berbeda-beda. Ini tergantung kecenderungan seseorang sering menunjukkan yang mana dalam membina hubungan.

Untuk sama-sama mengetahui bahasa cinta pasangan, Popmama.com sudah merangkumnya dari The Zoe Report terkait cara dan jenis bahasa cinta dalam membangun sebuah hubungan. 

Bagaimana Mengetahui Bahasa Cinta Pasangan Kita?

Bagaimana Mengetahui Bahasa Cinta Pasangan Kita
Pexels/William Fortunato

Cara yang paling mendasar, yakni memikirkan bagaimana mereka atau pasangan menunjukkan cinta kepada kita.

Menurut seorang seksolog, Stefani Threadgill menjelaskan bahwa perlu sekali memperhatikan bagaimana pasangan mengekspresikan bahasa cintanya kepada kita dan orang lain.

“Interaksi pasangan dengan temannya, keluarga dan kepada kita sebagai pasangan akan menunjukkan ekspresi cintanya,” katanya.

Bahasa cinta juga dapat diterjemahkan berbeda-beda tiap orangnya, jadi tak ada salahnya untuk berbagi dengan pasangan hal tersebut.

1. Bahasa cinta melayani pasangan

1. Bahasa cinta melayani pasangan
Freepik/wiredstock

Ekspresi yang ditunjukkan: Memasak makan malam, mengambilkan kopi, menjalankan tugas bersama, merawat anak dan lain-lain melibatkan melayani pasangan.

Jika pasangan Mama termasuk tipe yang melayani, itu tandanya dia menghargaimu sebagai orang terpentingnya. Hal ini dikarenakan ia menunjukkan ekspresi atau sikap mau melayani.

Misalnya saja, ia membersihkan kamar mandi dan membuat air panas ketika pasangannya ingin mandi. 

Editors' Picks

2. Bahasa cinta memberi dan menerima

2. Bahasa cinta memberi menerima
Pexels/Nicole Michalou

Ekspresi yang ditunjukkan: Memberi kejutan saat hari perayaan, memberi barang yang diidamkan, membawa bunga saat anniversary pernikahan dan tukar kado.

Jika pasangan Mama sering memberi kejutan dan hadiah yang sangat manis, bisa jadi itu merupakan ekspresi cinta yang ia ingin tunjukkan.

Orang dengan tipikal ini tidak akan memikirkan harga dari biaya hadiah tersebut, melainkan perasaan tulus ketika ingin memberikan hadiah kepada orang tersayang. 

3. Bahasa cinta memberi waktu yang berkualitas

3. Bahasa cinta memberi waktu berkualitas
Pexels/Elly Fairytale

Ekspresi yang ditunjukkan: Mengajak makan malam romantis, menjalani pengalaman baru bersama dan melakukan kontak mata tiap berbicara dengan pasangan.

Ini merupakan bahasa cinta yang dibutuhkan oleh pasangan karena membuatnya nyaman. Apalagi kebanyakan orang sibuk akan aktivitasnya sampai lupa melakukan quality time bersama pasangan.

Namun, pasangan yang memiliki tipe ini, maka akan menyukai pasangannya ketika bisa sama-sama meluangkan waktu juga dan melakukan hal apapun berdua.

4. Bahasa cinta saat sentuhan fisik kepada pasangan

4. Bahasa cinta saat sentuhan fisik kepada pasangan
Freepik/pressfoto

Eits, sentuhan fisik bukan berarti hubungan seks semata saja ya. Perlu diingat bahwa ada banyak tipe dan cara sederhana untuk menunjukkan sebuah sentuhan fisik kepada pasangan.

Ekspresi yang ditunjukkan: Berpelukan, pegangan tangan, bersandar di bahu, mengelus rambut dan lain-lain.

Saat menjumpai tipe pasangan tipe ini, perlunya memahami kebutuhan dan batasan yang dijalani, misal jika pasangannya tidak suka disentuh, bicarakanlah kepadanya terlebih dahulu.

Di sisi lain, orang dengan tipikal ini juga memiliki sentuhan seksual yang panas dan menggairahkan ketika berhubungan seks.

5. Bahasa cinta dengan kata-kata

5. Bahasa cinta kata-kata
Pexels/Budgeron Bach

Ini yang tadi sudah singgung di awal nih, Ma. Terkadang ucapannya manis dan menenangkan, mungkinkah itu ada di diri pasangan Mama?

Ekspresi yang ditunjukkan: Tak ragu memuji, mengatakan mengungkapkan kasih sayang hingga memberikan kata-kata "aku cinta kamu".

Siapa yang tidak luluh lantah dengan kalimat penuh cinta dan buaian asmara ini nih, Ma? Pasti semua akan merasa senang jika pasangan lebih condong di tipe yang senang memberikan pujian dan kata-kata manis.

Wah, sudah tahu nih yang mana tipe love language pasangan kita? Jika sudah, biarkan itu mengalir dalam diri pasangan dan lakukan terbaik juga untuk mengimbanginya. 

Bisa jadi tipe bahasa cinta tiap orangnya bertingkat, misal saja pasangan Mama lebih condong ke perbuatan dan kadang juga memiliki sentuhan yang menenangkan atau sedikit menciptakan gombalan di luar ekspektasi.

Yuk, mulai pahami bahasa cinta pasangan!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk