Mumuk Gomez Resmi Menikah dengan Pengusaha Eno Retra

Pernikahan Mumuk Gomez disiarkan secara online dan ditonton lebih dari 537 ribu penonton

26 Juli 2021

Mumuk Gomez Resmi Menikah Pengusaha Eno Retra
Youtube.com/Mumuk & Eno

Kabar bahagia datang dari komedian Mumuk Gomez karena tepat pada hari Minggu (25/07/2021) kemarin, ia baru saja resmi menikah dengan sang Kekasih, Eno Retra.

Meskipun terpaksa harus menggelar acara secara tertutup yang hanya dihadiri kerabat inti saja, namun akad pernikahan keduanya tetap terasa ramai. Apalagi acara bahagia mereka disiarkan secara online lewat platform streaming Zoom, YouTube dan TikTok.

Tidak sampai disitu, keseruan masih terus berlanjut saat keduanya yang masih mengenakan busana pengantin membuat video berjoget TikTok dengan diiringi lagu Korea berjudul ‘What Is Love’ milik TWICE.

Seperti apa ya keseruan acara pernikahan Mumuk Gomez dan Eno Retra? Berikut Popmama.com telah menyiapkan ulasannya sekaligus beberapa fakta terkait kisah cinta mereka berdua.

1. Di awal pertemuannya, Eno Retra sempat dibuat takjub dengan perjalanan hidup Mumuk

1. awal pertemuannya, Eno Retra sempat dibuat takjub perjalanan hidup Mumuk
Instagram.com/mumukgomez

Melalui unggahan Instagram pribadinya, Eno Retra membagikan cerita awal mula pertemuannya dengan Mumuk Gomez.

Awalnya, Eno bisa bertemu dengan Mumuk karena kelas mereka yang di satukan dalam satu aula yang sama saat masih berstatus sebagai mahasiswa baru. 

Pada pertemuan pertama itulah Mumuk sudah banyak cerita tentang perjuangan saat pindah dari Jogja hingga tinggal ke Jakarta seorang diri. Baru pertama kali mengobrol, Eno sudah dibuat takjub dengan kemandirian yang dimiliki Mumuk dalam menjalani hidupnya.

Editors' Picks

2. Berawal dari sahabat jadi cinta

2. Berawal dari sahabat jadi cinta
Instagram.com/mumukgomez

Tidak pernah sekalipun terpikirkan oleh Eno Retra bahwa Mumuk Gomez yang berstatus sebagai sahabat semasa kuliahnya akan menjadi pasangannya di pelaminan.

Kedekatan keduanya semakin terjalin saat berada di semester ketiga bangku perkuliahan. Mumuk dan Eno berada di kelas yang sama dan membentuk geng persahabatan.

Siapa sangka dari persahabatan inilah Eno semakin banyak mengenal Mumuk dan seiring berjalannya waktu, keduanya merasakan perasaan yang lebih dari seorang sahabat.

Dari kisah unik keduanya ini, Mumuk dan Eno menetapkan hashtag pernikahan #Mendesah yang diambil dari kepanjangan menikah dengan sahabat.

Tagar pernikahan keduanya ini juga sempat menjadi sorotan warganet karena terdengar unik dan super kreatif.

3. Menggunakan baju adat Minang sebagai tema pre-wedding

3. Menggunakan baju adat Minang sebagai tema pre-wedding
Instagram.com/enoretra

Sebelum pernikahan berlangsung, Mumuk dan Eno sempat membagikan foto pre-wedding yang memperlihatkan keduanya mengenakan baju adat Minang.

Baju adat Minang dipilih karena Eno yang berasal dari keturunan Minang, tepatnya Padang Panjang. Mumuk dan Eno memang dikenal berasal dari dua suku berbeda, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi keduanya untuk memamerkan budaya masing-masing dalam momen spesial itu.

Mereka telah sepakat untuk menggunakan adat Jawa dalam resepsi, sedangkan adat Minang sebagai tema pemotretan pre-wedding.

4. Resepsi pernikahan terpaksa harus tertunda karena kondisi pandemi

4. Resepsi pernikahan terpaksa harus tertunda karena kondisi pandemi
Instagram.com/enoretra

Melalui Instagram pribadinya, Eno Retra juga sempat memposting ucapan rasa syukur dan terima kasih kepada orang-orang terkasih. Apalagi untuk mereka telah membantu menyiapkan prosesi akad nikahnya dengan Mumuk, sehingga acara berjalan lancar tanpa terkendala.

Dikarenakan aturan pemerintah mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat atau Level 4, Mumuk dan Eno sepakat hanya mengundang keluarga inti saja.

Resepsi pernikahan yang sudah dijadwalkan pun terpaksa harus ditiadakan dan memilih untuk menundanya hingga kondisi memungkinkan.

5. Akad nikah disiarkan secara online dan disaksikan lebih dari 537 ribu orang

5. Akad nikah disiarkan secara online disaksikan lebih dari 537 ribu orang
Instagram.com/enoretra

Meski tidak mengundang banyak tamu, acara pernikahan Mumuk Gomez dan Eno tetap berlangsung meriah karena disiarkan di platform streaming online Zoom, YouTube dan TikTok.

Kemeriahan itu sempat diabadikan Eno yang memamerkan berapa banyak orang berpatisipasi dalam kondangan online keduanya.

Acara sakral yang disiarkan selama 3 jam 20 menit itu telah ditonton lebih dari 537 ribu orang. Tentu saja dengan jumlah sebanyak ini, sukses membuat Eno terharu dan semakin menambah kebahagiaan pada hari spesialnya tersebut.

Sekali lagi selamat atas pernikahannya Mumuk Gomez dan Eno Retra. Mari kita doakan agar rumah tangga keduanya bisa berjalan harmonis dan langgeng ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.