Rachel Vennya & Niko Kuak 6 Rahasia tentang Xabiru dan Keluarga Mereka

Salut! Mereka belajar untuk mengontrol emosi saat Xabiru sempat dijuluki mirip alien

21 Juli 2019

Rachel Ven & Niko Kuak 6 Rahasia tentang Xabiru Keluarga Mereka
YouTube.com/Rachel & Niko

Besarnya pengaruh media sosial saat ini membuat semua orang keranjingan mengunggah foto dan video mereka secara bebas, bahkan privasi keluarga hingga anak.

Bagi beberapa orang mungkin hal tersebut dianggap wajar, namun bagi sebagian lainnya yang memiliki banyak followers atau yang bisa disebut dengan Internet Famouse menganggap bahwa hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus, apalagi mengunggah hal-hal yang berkaitan dengan anak dan privasi keluarga.

Pola pikir yang demikian ternyata juga diterapkan oleh keluarga kecil Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim.

Menyadari bahwa mereka adalah salah satu sosok Internet Famouse, maka kini mereka pun harus lebih jeli dalam mengunggah foto dan video pribadi, apalagi yang berkaitan dengan sang Anak, Xabiru Oshe Al-Hakim.

Pernyataan tersebut pun mereka tuangkan secara langsung di akun YouTube pribadi Rachel & Niko.

Dalam video yang mereka unggah, Rachel dan Niko pun buka-bukaan mengenai alasan mereka untuk tidak membuat akun Instagram pribadi Xabiru, plus minus memiliki anak yang terkenal, stresnya mengalami baby blues dan GTM saat pertama kali punya anak, hingga rela mengubah kebiasaan buruk dan lebih mengontrol emosi saat anak mereka sempat dijuluki mirip alien.

Nah, kira-kira apa saja nilai moral yang dapat kita ambil dari keluarga muda yang satu ini?

Berikut Popmama.com telah merangkum 6 informasi pentingnya.

1. Peraturan Rachel & Niko sebelum mengunggah foto dan video Xabiru di Instagram

1. Peraturan Rachel & Niko sebelum mengunggah foto video Xabiru Instagram
Instagram.com/rachelvennya

Bagi sebagian seleb Mama di luar sana, mengunggah foto anak mereka di Instagram dan menjadikannya 'selebgram cilik' merupakan hal yang lumrah, bahkan membanggakan.

Namun konsep tersebut nyatanya tidak disetujui oleh pasangan yang satu ini. Ya, sejak awal Rachel dan Niko memiliki anak, mereka membuat komitmen untuk tidak membuat akun Instagram pribadi Xabiru.

Hal tersebut diakui langsung oleh sang Mama, Rachel Vennya dalam video YouTube-nya.

"Dari awal aku dan Niko memang nggak mau bikinin Biru Instagram, karena Instagram kan rules-nya untuk orang berusia di atas 13 tahun. Jadi kalau belum 13 tahun, ya seharusnya nggak boleh," tandas Rachel.

Tak hanya memutuskan untuk tidak membuat akun Instagram Biru, mereka juga dengan tegas memutuskan untuk tidak memiliki akun fanbase yang mengatasnamakan sang Anak.

"Kita juga meminta akun fanbasenya Xabiru untuk menghapus akunnya. Niatnya agar kalau ada foto Xabiru yang ada komen jelek, kita bisa hapus. Karena takutnya nanti jejak digitalnya yang buruk, bisa dia baca saat sudah dewasa nanti," tambah Rachel.

Tidak sampai di situ, Rachel dan Niko juga menegaskan kepada kerabat dan keluarga untuk tidak mengunggah foto-foto Xabiru saat ia sedang telanjang, sedang buang air besar atau kecil, dan sedang menangis.

"Selain itu kita juga ngasih tau temen-temen kita, bahkan Mama aku untuk tidak upload foto Biru yang telanjang, yang lagi pup, dan yang lagi nangis," ujar Rachel.

"Kenapa 3 hal ini aku hindari, karena ternyata 3 hal itu adalah abussive content untuk anak kecil," tambahnya.

2. Plus minus memiliki anak yang terkenal

2. Plus minus memiliki anak terkenal
Instagram.com/rachelvennya

Setiap orangtua pasti ingin sang Anak menjadi orang yang terkenal, namun tidak semua anak menginginkan hal tersebut.

Pasalnya, akan ada sisi positif dan negatif dari segala sesuatu yang kita lakukan, termasuk mengunggah foto dan video anak hingga viral. Sebagai orangtua yang memiliki anak terkenal, Rachel dan Niko pun berbagi cerita suka dan duka memiliki anak dengan banyak penggemar seperti yang dialami oleh Xabiru.

"Enaknya, kalau Xabiru diculik, banyak orang yang bantuin. Pasti nanti orang-orang pada ngeh 'wah itu Xabiru sama siapa nih'," ujar Niko.

"Kalau aku tuh enaknya, Xabiru bisa di doain dan di sayang sama banyak orang," ungkap Rachel Vennya.

"Kalau Biru dapat pujian, kitanya juga senang," tambah Rachel.

"Aku juga seneng baca orang yang komen 'gua abis nangis nih, tapi abis liat Xabiru jadi seneng lagi'," tambah Niko bangga.

Meski banyak hal positif yang dapat diambil, ternyata ada pula hal negatif yang dirasakan saat memiliki anak terkenal.

"Nggak enaknya, kita itu kurang suka kalau Biru dipanggil-panggil sama orang-orang," ujar Rachel dan Niko.

"Kita juga nggak suka kalau Biru itu pipinya di cubit-cubit. Bukan masalah kesehatan sih di sini, tapi lebih ke manners aja," tambah mereka.

3. Rachel & Niko pernah merasakan baby blues

3. Rachel & Niko pernah merasakan baby blues
Instagram.com/rachelvennya

Tak hanya berbagi cerita seputar unggahan foto dan video Xabiru di Instagram, Rachel dan Niko juga bercerita mengenai pengalaman baby blues mereka saat memiliki anak pertama.

Bahkan sampai membuat mereka berdua stres bukan main.

"Waktu Biru baru lahir, ada kali seminggu gue stres karena nggak bisa tidur," ungkap Niko.

"Belum lagi kalau keluar rumah harus dengar judgment dari orang-orang," tambah Rachel lagi.

Editors' Picks

4. Xabiru pernah alami GTM saat makan

4. Xabiru pernah alami GTM saat makan
Instagram.com/rachelvennya

Selain stres karena baby blues, Rachel dan Niko pun ternyata pernah bingung saat menghadapi Biru GTM atau Gerakan Tutup Mulut pada balita.

"Dan kalian harus tau GTM atau Gerakan Tutup Mulut di fase balita, jadi waktu dia makan itu dia nggak mau buka mulut, dia tutup mulutnya padahal kan dia butuh nutrisi," ujar Rachel.

"Udah kita lama masaknya sampe sejam, terus kita suapin dia nggak mau, dia malah lempar makanannya dan berceceran di mana-mana," kenangnya lagi.

5. Xabiru pernah dijuluki seperti alien saat masih bayi

5. Xabiru pernah dijuluki seperti alien saat masih bayi
Instagram.com/rachelvennya

Tak sampai di situ, mereka juga harus lebih bersabar lagi ketika anak pertama mereka sempat dijuluki mirip alien oleh netizen. Bahkan sampai membuat Rachel Vennya sedih dan menangis.

"Sebenarnya asal kalian tau, Xabiru itu udah dikatain dari awal dia lahir. Niko tuh tau, waktu itu aku sempat nangis juga," ungkap Rachel.

"Jadi pertama itu Biru dikatain katanya dia mirip alien, dan itu emang iya. Sampe aku bilang, 'Mas Niko kalau Biru nggak lucu, tetap sayang ya'," tambahnya.

Meski sempat dicemooh, pasangan yang satu ini memilih untuk tidak ambil pusing. Mereka justru memilih untuk diam dan hanya menghapus komentar-komentar negatif dari netizen.

"Untuk ngatasinnya ya udahlah kita delete aja, nggak usah dihiruakan," jelas Rachel.

"Sampe akhirnya pernah juga kita foto dan disitu Biru keliatan putih banget, dan akhirnya aku upload. Tapi orang malah bilang kalau aku edit fotonya biar Biru keliatan putih," ujar Rachel menyayangkan.

6. Rachel & Niko rela mengubah kebiasaan dan mengontrol emosi demi Xabiru

6. Rachel & Niko rela mengubah kebiasaan mengontrol emosi demi Xabiru
Instagram.com/rachelvennya

Fase pacaran, menikah, hingga kini mempunyai anak membuat pasangan muda yang satu ini belajar menjadi sosok yang lebih baik.

Rachel dan Niko mengaku bahwa dulu mereka adalah sosok remaja yang labil dan temperamental, namun setelah Xabiru hadir, kebiasaan tersebut pun perlahan mulai ditinggalkan.

"Kita berdua ini orang yang sangat termperamen, kita berdua ini emosional, kita berdua ini waktu pacaran hampir setiap hari berantem," ungkap Rachel.

"Kalau kalian suka liat abussive relationship, kita memang nggak tonjok-tonjokan tapi kita lempar-lempar barang," tambahnya lagi.

"Sampai akhirnya Biru dateng ke dunia ini, kita nggak pernah berantem," tandasnya.

"Jadi sekarang setiap kali aku kesel sama Niko, aku tuh cuma menghela nafas dan izin untuk keluar sebentar. Dan itu juga terjadi saat ini sama Niko," tutup ibu hamil yang satu ini.

Nah, itulah keenam informasi unik seputar keluarga kecil Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim yang dapat kita ambil hikmahnya.

Semoga artikel di atas dapat berguna atau dapat menjadi referensi bagi orangtua di luar sana.

Tetap semangat dan jadilah orangtua terbaik untuk anak-anak kalian!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;