7 Doa Pengantin Baru agar Lebih Berkah dan Harmonis

Doa-doa berikut ini bisa menjadi referensi!

3 Mei 2021

7 Doa Pengantin Baru agar Lebih Berkah Harmonis
Pexels/sandro-crepulja-1714970

Pernikahan merupakan ikatan janji yang dilaksanakan oleh dua orang untuk meresmikan hubungan pernikahan. Pernikahan pun termasuk salah satu ibadah sunnah bagi yang sudah mampu dan dalam kondisi khusus.

Rasulullah SAW bersabda "Wahai para pemuda, jika kalian telah mampu, maka menikahlah. Sungguh menikah itu lebih menentramkan mata dan kelamin. Bagi yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa bisa menjadi tameng baginya." - (HR. Bukhari).

Setelah menikah, pasangan pengantin baru akan mendapatkan banyak ucapan selamat dan doa dari para kerabat untuk mengiringi langkah mereka dalam memulai kehidupan rumah tangga agar lebih berkah dan harmonis

Jika Mama ingin mengetahui doa supaya pengantin baru lebih berkah dan harmonis, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Doa memohon keberkahan

1. Doa memohon keberkahan
Pexels/emmawiseman

Memiliki kehidupan pernikahan yang dipenuhi keberkahan menjadi impian dan harapan semua orang. Keberkahan dalam suatu pernikahan akan muncul dengan berbagai macam hal positif, seperti rezeki yang melimpah atau kehidupan sosial bagi pasangan suami istri.

Berikut doa untuk memohon keberkahan bagi pengantin baru, yakni:

Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li ahlii fiyya

Artinya: "Ya Allah, berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku."

2. Doa memohon bahagia dunia akhirat

2. Doa memohon bahagia dunia akhirat
Pexels/wesner-rodrigues-963151

Setiap pasangan tentu mendambakan rumah tangga yang bahagia di dunia maupun di akhirat. Berikut doa agar diberikan kehidupan pernikahan yang bahagia dunia dan akhirat, yakni: 

Robbanaa aatinaa milladunka rohmatan wahayyi' lanaa min 'amrinaa rosyada.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakan lah kami rahmat dari sisi-Mu, dan beri lah kemudahan-kemudahan serta pimpinan kepada kami untuk keselamatan agama kami.”

Editors' Picks

3. Doa agar rumah tangga agar selalu harmonis

3. Doa agar rumah tangga agar selalu harmonis
Pexels/2081218

Masalah dalam pernikahan memang akan selalu terjadi yang tentu harus dilalui dan dinikmati bersama sebagai bagian dari proses kehidupan dalam rumah tangga. Nah, inilah doa yang bisa Mama ucapkan agar rumah tangga selalu harmonis, yakni: 

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrota'ayuniw waj'alna lil-muttaqiina imama

Artinya: "Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."

4. Doa agar segera dikaruniai keturunan

4. Doa agar segera dikaruniai keturunan
Pexels/pham-hoang-kha-1582786

Bagi sebagian pasangan suami istri tentu mengharapkan hadirnya anak-anak di tengah kehidupan rumah tangga mereka. Namun, ada yang segera diamanahi keturunan setelah menikah dan ada juga yang perlu menunggu beberapa waktu.

Berikut dua ayat dalam Alquran yang bisa Mama baca untuk memohon keturunan oleh Allah SWT, yakni: 

  • Surat Ali Imran ayat 38

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii'ud-du'aaa

Artinya: "Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

  • Surat Al-Anbiya ayat 89

Robbi laa tazarnii fardaw wa angta khoirul-waarisiin

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik."

5. Doa ditingkatkan kasih sayang

5. Doa ditingkatkan kasih sayang
Pexels/emma-bauso-1183828

Salah satu kunci dalam pernikahan adalah kasih sayang yang juga dapat membuat rumah tangga lebih harmonis. Berikut salah satu ayat dalam surat Taha yang bisa dibacakan agar ditingkatkan kasih sayang, yakni:

Wa'alqaitu alaika mahabbatamminnii walitushna'a alaa ainii


Artinya: “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (Q.S Taha: 39)

6. Doa sebelum berhubungan intim

6. Doa sebelum berhubungan intim
Pexels/thiago-s-fotografias

Berhubungan intim menjadi kebutuhan biologis manusia yang tentu akan terpenuhi ketika pasangan sudah memiliki ikatan pernikahan. Akan tetapi, suami istri dianjurkan membaca doa terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim agar senantiasa dilindungi Allah SWT dan dilimpahkan keberkahan.

Berikut doa yang bisa dibaca, yakni: 

Allahumma jannibnasy syaithon wa jannibisy syaithon maa rozaqtanaa

Artinya: "Ya Allah, jauhkalah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau karuniakan kepada kami."

7. Doa untuk melembutkan hati pasangan

7. Doa melembutkan hati pasangan
Pexels/2081218

Dalam sebuah kehidupan pernikahan tentu pasangan akan melalui banyak masalah yang harus diselesaikan bersama. Ketika pasangan suami istri memiliki hati yang lembut, mereka akan dengan mudah menyelesaikan suatu masalah dan akan memberikan kenyamanan satu sama lain. 

Berikut doa yang bisa Mama baca, yakni: 

Maa anzalnaa alaikal qur'aana litastqoo. Illa nadzkiratalliman yakhsyaa. Tanziilammimman kholakol 'ardho wassamaawaatil 'uula. Arrohmaanu 'alaa ul 'arsyi 'ustawaa
 

Artinya: Tiada Kami (Allah) turunkan kepadamu Alquran ini supaya engkau celaka! Melainkan untuk menjadi peringatan bagi orang yang takut. (Alquran) yang diturunkan daripada Tuhan, yang menciptakan bumi dan beberapa langit yang tinggi. Tuhan yang pengasih, di atas singgasana Dia bersemaya. Dia mempunyai apa yang ada di langit, dan di bumi, serta di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah.

Itulah doa-doa yang bisa diucapkan supaya pengantin baru lebih harmonis dan dilimpahkan berkah. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.