6 Trik Psikologi yang Membuat Orang Lain Menuruti Keinginan Kamu

Beberapa trik ini bisa membuat orang lain secara tidak sadar menuruti keinginan kamu, lho

27 September 2020

6 Trik Psikologi Membuat Orang Lain Menuruti Keinginan Kamu
Freepik/cookie_studio

Pernahkah Mama ingin meminta tolong ke Papa tapi ditolak, meminta anak-anak untuk makan sayuran namun tidak disentuh sama sekali, atau banyak teman-teman yang tidak setuju dengan pernyataan Mama?

Tenang, kini Mama bisa membuat masalah tersebut menjadi hal yang sebaliknya. Tentu saja, membuat mereka jadi menyetujui atau melakukan apa yang kita inginkan.

Penelitian psikologi menunjukkan bahwa ada beberapa cara untuk mendorong orang lain melakukan apa yang kamu inginkan tanpa mereka sadar bahwa telah dibujuk.

Mama bisa mencoba 6 trik psikologi yang membuat orang lain menuruti keinginan kamu. Simak uraian lengkap dari Popmama.com di bawah ini.

1. Meniru bahasa tubuh lawan bicara ketika ingin membujuknya

1. Meniru bahasa tubuh lawan bicara ketika ingin membujuknya
Pexels/Bruce Mars

Jika Mama ingin mencoba membujuk Papa atau orang lain, cobalah untuk meniru bahasa tubuh mereka ketika sedang berbicara. Misalnya, menyentuh dagu atau menyisir rambut dengan tangan.

Itu merupakan trik psikologi yang membuat orang lain menuruti keinginan kamu. Ilmuwan menyebutnya sebagai efek bunglon, di mana seseorang cenderung menyukai lawan bicara yang meniru postur, tingkah laku, dan ekspresi wajahnya.

Hal tersebut membuat mereka merasa seolah-olah bertemu dengan jiwa yang sama sehingga dapat dengan mudah Mama manipulasi.

Cobalah untuk tidak membuatnya terlalu jelas karena sebagian besar hal ini terjadi tanpa mereka sadari kalau sedang ditiru.

2. Menyisipkan anggukan ketika menjelaskan pendapat

2. Menyisipkan anggukan ketika menjelaskan pendapat
Pexels/Rebrand Cities

Trik psikologi yang bisa membuat orang lain menuruti keinginan kamu berikutnya adalah menyisipkan anggukan ketika sedang menjelaskan pendapat.

Mengangguk ketika menjelaskan sesuatu dapat memberi kesan kepada orang lain bahwa kita benar-benar tahu apa yang disampaikan ke mereka.

Hal tersebut, juga termasuk dalam efek bunglon karena lawan bicara kemungkinan besar akan meniru anggukan Mama dan berpura-pura mengerti apa yang disampaikan.

Selain itu, anggukan merupakan bahasa tubuh yang mengisyaratkan "ya" dan ini akan membuat Mama tampil sebagai orang yang positif dan suka menolong.

Editors' Picks

3. Menambahkan kata “butuh” ketika meminta tolong ke orang lain

3. Menambahkan kata “butuh” ketika meminta tolong ke orang lain
Freepik/BearFotos

Trik psikologi yang bisa membuat orang lain menuruti keinginan kamu saat meminta tolong adalah memulai dengan kalimat “Saya butuh bantuan kamu”. Mereka tidak menyukai perasaan bersalah sehingga cenderung tidak menolak membantu Mama.

Pastikan pula Mama meminta bantuan orang lain secara tatap muka.

Penelitian dari University of Waterloo menemukan bahwa menempatkan seseorang pada posisi berhadapan langsung dengan kita kemungkinan berhasilnya lebih tinggi saat kita beraksi (meminta bantuannya), sekalipun itu tidak nyaman.

Selain itu, ingat untuk mengucap nama lawan bicara ketika meminta bantuan. Psikolog berpendapat bahwa sering menggunakan nama seseorang dalam percakapan membuat mereka cenderung melakukan apa yang kita inginkan.

Itu karena mereka merasa yakin bahwa kamu sangat menyukainya. Tapi jangan semau hati selalu meminta bantuan dengan trik ini, bahkan untuk hal yang bisa dilakukan sendiri karena nantinya mereka malah memiliki kesan buruk terhadap Mama.

4. Berbicara lebih cepat ketika mencoba memenangkan argumen

4. Berbicara lebih cepat ketika mencoba memenangkan argumen
Freepik/Wavebreakmed

Ada trik psikologi jika Mama ingin memenangkan argumen dengan orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang lain tidak setuju dengan kamu maka bicaralah lebih cepat sehingga mereka memiliki lebih sedikit waktu untuk memproses apa yang kamu katakan.

Orang yang berbicara dengan cepat dan percaya diri jauh lebih mungkin bersikap persuasif. Ini karena mereka memberikan informasi lebih cepat daripada yang dapat dievaluasi secara kritis oleh otak pendengar. Cara ini pun biasanya dilakukan sales atau penceramah.

Akan tetapi, jika argumen yang Mama sampaikan sebenarnya telah disetujui orang lain maka bicaralah lebih lambat agar mereka mempunyai waktu untuk mengevaluasinya.

5. Katakan saran yang kamu berikan berasal dari ucapan orang yang dihormati

5. Katakan saran kamu berikan berasal dari ucapan orang dihormati
Freepik

Jika ingin orang lain menanggapi perkataan Mama dengan serius, beri tahu mereka bahwa ucapan tersebut berasal dari orang yang dihormati, seperti tokoh terkemuka, ahli dalam suatu bidang atau bahkan figur orangtua.

Dengan mencoba trik psikologi ini, kemungkinan besar mereka akan menerima atau melakukan saran yang Mama katakan.

Ini bisa terjadi karena Mama menyampaikan saran dari kutipan yang membuatnya tampak sangat berharga dan terpercaya sehingga diingat dan disampaikan kepada orang lain.

Namun, jika itu tidak benar-benar kutipan dari ucapan lain jangan menyampaikannya secara berlebihan karena nantinya akan membuat image Mama menjadi buruk.

6. Meminta bantuan orang lain ketika mereka sedang kelelahan

6. Meminta bantuan orang lain ketika mereka sedang kelelahan
Freepik/katemangostar

Trik psikologi yang membuat orang lain menuruti keinginan kamu dan cukup ampuh adalah meminta bantuan ketika mereka sedang merasa lelah.

Seseorang yang sedang lelah atau tidak fokus, kemungkinan menjadi tidak terlalu kritis sehingga menganggap benar perkataan lawan bicara.

Jadi, jika Mama berencana meminta rekan kerja untuk membantu sebuah proyek, sebaiknya tanyakan ketika mendekati jam pulang kantor. Dengan begitu, mereka tidak memiliki energi mental untuk menyadari jika lebih suka melakukan hal lain.

Tapi, pastikan Mama membalas budi dengan membantu mereka mengerjakan proyek lain kali sehingga tidak terkesan memanfaatkan kerja kerasnya.

Nah, Mama boleh mencoba 6 trik psikologi di atas, asalkan untuk tujuan yang positif ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.