7 Tips Ibu Menyusui Bayi di Tempat Umum Agar Tetap Aman dan Nyaman

Pastikan hak si Kecil untuk mendapatkan ASI terpenuhi di mana saja, Ma

13 Juni 2019

7 Tips Ibu Menyusui Bayi Tempat Umum Agar Tetap Aman Nyaman
Freepik/Javi_Indy

Menyusui adalah hak bagi seorang ibu, di mana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, Mama tidak perlu merasa malu jika harus menyusui si Kecil di tempat umum.

Walaupun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa seringkali masih ada hambatan untuk menyusui di tempat umum.

Salah satunya adalah rasa tidak nyaman bagi Mama.

Sampai saat ini tidak semua area tempat umum aman untuk ibu menyusui, sehingga Mama pun perlu melakukan persiapan tersendiri supaya tetap bisa menyusui dengan aman dan nyaman.

Berikut Popmama.com rangkum tips ibu menyusui di tempat umum dari Today’s Parent:

1. Pahami bahwa menyusui adalah hak seorang ibu

1. Pahami bahwa menyusui adalah hak seorang ibu
Freepik/yanalya

Menyusui adalah suatu aktivitas yang menjadi hak bagi setiap ibu. Aktivitas ini pun bisa dilakukan di mana saja, termasuk di tempat umum. Ini berarti Mama juga turut memenuhi hak anak untuk mendapatkan makanan berupa air susu ibu (ASI).

The Ontario Human Rights Commission bahkan secara khusus menyatakan bahwa:

“Tidak seorang pun yang bisa mencegah aktivitas menyusui hanya karena seorang ibu berada di tempat umum.”

Oleh sebab itu, jika dari dalam hati Mama sudah memahami betul bahwa menyusui adalah hak dan tidak bisa diganggu gugat, maka di mana saja Mama bisa merasa yakin untuk melakukannya demi memenuhi kebutuhan si Kecil.

2. Berlatih di depan cermin

2. Berlatih depan cermin
Pexels/Erin Profaci

Apabila Mama khawatir menyusui di tempat umum bisa terlalu tampak ‘terbuka’, maka alangkah lebih baiknya jika Mama berlatih dulu di depan cermin.

Yakinkan diri sendiri bahwa metode menyusui yang Mama lakukan tidak terlalu terbuka di tempat umum.

Pada dasarnya, bayi yang sedang menyusu akan menutupi sebagian besar payudara Mama, kok.

Jadi, Mama tidak perlu terlalu khawatir akan terlalu terlihat saat sedang menyusui di tempat umum.

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang benar-benar nyaman dan aksesnya mudah digunakan untuk menyusui ya, Ma.

3. Gunakan pakaian yang mudah diakses dan nyaman

3. Gunakan pakaian mudah diakses nyaman
Pexels/Kai Pilger

Saat sedang memasuki masa menyusui, pastikan Mama menggunakan pakaian yang khusus untuk ibu menyusui. Biasanya pakaian jenis ini memiliki akses yang lebih mudah untuk dibuka di area dada.

Misalnya dengan kancing atau bukaan khusus. Dengan begitu, Mama bisa lebih mudah menyusui saat si Kecil mendadak lapar atau haus.

Apabila Mama menggunakan pakaian yang bukan khusus untuk ibu menyusui, bisa jadi nantinya Mama justru akan kesulitan saat hendak menyusui.

Misalnya Mama harus mengangkat baju dari sisi bawah, yang tentu menyulitkan bukan?

Pilihlah juga pakaian yang bahannya lembut dan menyerap keringat, seperti katun.

Bahan seperti ini akan mengurangi kemungkinan Mama mengalami kelembapan dan berkeringat berlebihan. Sebab aktivitas menyusui di tempat umum kadang-kadang juga bisa membuat Mama merasa gerah.

Editors' Picks

4. Manfaatkan kain gendongan atau penutup

4. Manfaatkan kain gendongan atau penutup
Unsplash/michal9335

Akan jauh lebih nyaman jika Mama memiliki nursing cover alias kain penutup khusus untuk menyusui. Namun apabila Mama tidak memilikinya, Mama bisa memanfaatkan kain gendongan, kok.

Bahkan jika Mama sudah berlatih, Mama bisa juga menyusui sambil menggendong si Kecil. Dengan begitu, aktivitas Mama pun bisa tetap dilakukan.

Mama bisa tetap memenuhi hak si Kecil sambil tetap beraktivitas.

Hal ini akan menjadi lebih mudah jika Mama menggunakan pakaian dengan bukaan khusus menyusui, sehingga aksesnya pun lebih efisien.

Baca juga:

5. Gunakan bra khusus menyusui

5. Gunakan bra khusus menyusui
Pixabay/fsHH

Selain menggunakan pakaian dengan kancing atau bukaan khusus, Mama juga sebaiknya menggunakan bra khusus menyusui saat bepergian. Bra ini dilengkapi dengan kancing dan bukaan juga sehingga memudahkan Mama mengeluarkan payudara saat hendak menyusui.

Semakin sering Mama menggunakan bra jenis ini, Mama juga akan semakin terbiasa untuk membuka aksesnya saat di tempat umum. Waktu yang Mama butuhkan untuk persiapan menyusui si Kecil pun akan menjadi lebih singkat dan praktis.

Bahkan Mama bisa juga melakukan semua hal ini dengan satu tangan saja, sehingga saat berada di tempat umum Mama tidak terlalu repot dan terlihat mencolok.

6. Cari lokasi yang ideal

6. Cari lokasi ideal
Freepik/Stockvault

Saat hendak menyusui di tempat umum, Mama juga harus pintar memilih lokasi yang ideal. Biasanya lokasi yang bisa Mama pilih yakni yang memiliki tempat duduk serta agak sepi alias tidak banyak orang yang lewat.

Misal saat Mama hendak makan di restoran, Mama bisa memilih area yang berada di bagian dalam sehingga tidak terlalu banyak orang yang lewat dan melihat aktivitas Mama.

Beruntung di mal saat ini sudah banyak menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui. Beberapa tempat ini bahkan dilengkapi dengan sofa empuk dan wastafel untuk mencuci tangan. Tentunya keberadaan ruangan khusus ini akan sangat menguntungkan ibu menyusui.

Yang pasti, hindari memaksakan diri untuk menyusui di tempat yang tidak terjamin kebersihannya. Misalnya seperti di toilet umum. Tempat seperti ini sangat mungkin memiliki banyak kuman sehingga justru tidak baik bagi kesehatan bayi.

7. Tetap percaya diri dan tersenyum

7. Tetap percaya diri tersenyum
Pexels/Public Domain Pictures

Menunjukkan bahwa Mama percaya diri bisa menjadi salah satu cara efektif agar orang lain pun menjadi lebih segan. Jadi, apabila saat sedang menyusui tiba-tiba ada orang yang melihat ke arah Mama, jangan lupa untuk tetap memberikan senyum.

Pahamilah bahwa apa yang Mama lakukan bukanlah suatu kesalahan yang harus membuat Mama malu, semua adalah aktivitas lumrah yang menjadi hak si Kecil untuk mendapatkan nutrisi.

Tetap tersenyum akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan membuat orang lain juga menjadi memahami bahwa apa yang Mama lakukan adalah hal biasa. Jadi, percaya diri ya, Ma!

Nah, siapkah Mama untuk tetap menyusui si Kecil saat berada di tempat umum?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;