Ada Lanny Kuswandi, Ini 7 Daftar Doula di Jakarta dan Sekitarnya

Untuk Mama yang sedang mencarinya, lihat informasinya disini Ma

31 Agustus 2021

Ada Lanny Kuswandi, Ini 7 Daftar Doula Jakarta Sekitarnya
Instagram.com/cacatengker/jamilatus.sadiyah

Doula adalah seseorang yang akan mendampingi sekaligus membantu ibu hamil untuk persiapan menghadapi proses persalinan sampai dengan membantu kelahiran bayi. Doula memberikan dukungan dari segi emosional, fisik, sekaligus juga edukasi pada ibu hamil beserta sang Suami. 

Saat ini sudah banyak para ibu hamil yang menggunakan jasa doula ini, termasuk para artis-artis Tanah Air. Akan tetapi, perlu dicatat ya, Ma bahwa doula hanya memberikan sebuah edukasi dan kenyamanan untuk ibu hamil itu sendiri, tidak sampai mengurus riwayat kesehatan ibu hamil. 

Doula adalah pendamping yang bersertifikat, jadi jangan khawatir ya, Ma. Selalu pastikan jika ingin menggunakan jasa doula, mereka sudah bersertifikat. 

Berikut ini telah Popmama.com rangkum daftar doula di area Jakarta dan sekitarnya yang bisa jadi referensi Mama! 

1. Tia Pratignyo

1. Tia Pratignyo
Instagram.com/nujuhbulanstudio

Tia Pratignyo adalah founder dari Nujuh Bulan Studio ini. Tia merupakan seorang pelatih yoga, edukator tentang persalinan, dan seorang doula yang bersertifikat. 

Tia memiliki Certified Doula dan Certified Childbirth Educator dari Birthworks International, USA. Perawatan doula kehamilan di Nujuh Bulan Studio dilakukan dalam sesi privat, di mana ibu hamil dapat lebih menyesuaikan kebutuhan dan keinginan yang lebih spesifik. 

Di Nujuh Bulan Studio terdapat empat pelayanan doula, yaitu doula kehamilan, persalinan, pascapersalinan, berkasih (memberi dukungan), dan doula kesuburan. Dari masing-masing tersebut memiliki sesi yang berbeda-beda. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Mama dapat mengunjungi Instagram @nujuhbulanstudio.
 

2. Lanny Kuswandi

2. Lanny Kuswandi
Instagram.com/lannykuswandi

Nama Lanny Kuswandi mungkin sudah tidak asing lagi. Lanny Kuswandi adalah founder Hypnobirthing Indonesia. Akrab disapa Oma Lanny, awalnya ia ingin menjadi seorang dokter, namun terkendala oleh faktor ekonomi akhirnya memutuskan menjadi seorang bidan. 

Kemudian Oma Lanny bertekad harus menjadi seorang bidan dengan kualitas yang berbeda. Sampai akhirnya mengikuti pendidikan kebidanan, belajar tentang hypnobirthing hingga ke Amerika, dan mendapatkan berbagai sertifikat. 

Sudah banyak sekali artis Tanah Air yang belajar bersama Oma Lanny ini, seperti Nagita Slavina, Caca Tengker, Ardina Rasti, Fiona Anthony istri Dion Wiyoko, dan masih banyak lagi.

Mama dapat mengunjungi Instagram Oma Lanny @lannykuswandi untuk informasi lebih lengkapnya. 

Editors' Picks

3. Dyah Pratitasari

3. Dyah Pratitasari
Instagram.com/dyah_pratitasari

Dyah Pratitasari atau Prita merupakan doula persalinan serta konselor menyusui, yang menguasai keahlian sebagai instruktur yoga kehamilan dan fotografer persalinan di Teman Lahiran. Selain itu, Prita juga merupakan Founder Komunitas Gentle Birth untuk Semua, yaitu komunitas nirlaba sebagai sarana belajar seluk beluk kehamilan dan persalinan, serta saling memberikan dukungan bagi ibu hamil.

Prita sudah pernah mengikuti beberapa training, yaitu salah satunya Eat Pray Doula; Doula and Childbirth Educator Training – Robin Lim, Doula
International (DONA, USA) pada Maret 2015 dan AMANI (UAE) Doula and Childbirth Educator Training pada Juni 2014. 

Teman lahiran dipercaya mendampingi ibu hamil ketika melahirkan secara pervaginam atau normal, persalinan pervaginam pasca operasi (Vaginal Birth After Caesarean/VBAC), operasi caesar, baik untuk ibu hamil yang ditemani suami, suami sedang berada di luar kota atau luar negeri, orangtua tunggal (single mom) dan kondisi kehamilan khusus. 

Untuk itu, jika Mama memerlukan pendampingan sesuai kebutuhan, silakan diskusikan pada Teman Lahiran atau cek website www.temanlahiran.co ya Ma!
 

4. Margaretha Saulinas

4. Margaretha Saulinas
Instagram.com/makdoulaetha

Margaretha Saulinas atau akrab disapa Mak Doula Etha juga merupakan doula yang bersertifikat dari AMANI Birth, konselor menyusui, terapis kartu terapi, dan praktisi meditasi. Doula yang akrab disapa Etha ini bisa mendampingi ibu melahirkan saat persalinan dan pascapersalinan. Bahkan ia juga memiliki kelas daring yang dapat Mama ikuti. 

Selain kelas daring, ada juga kelas privat selama kehamilan. Beberapa artis Tanah Air seperti Tika Bravani juga pernah menggunakan jasa doula Etha untuk mengikuti kelas privatnya. 

Di Instagramnya @makdoulaetha, dirinya sering mengunggah berbagai kegiatan tentang doula, kelas daring, informasi yang edukatif, dan masih banyak lainnya. Jadi, segera cek Instagramnya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap ya, Ma!
 

5. Gina Resticany

5. Gina Resticany
Instagram.com/ gina_resticany

Selain Tia Pratignyo, di Nujuh Bulan Studio juga ada seorang doula yaitu Gina Resticany. Gina selain menjadi doula ia juga menjadi seorang pelatih yoga. Perempuan ini mulai menyukai yoga sejak melahirkan anak keduanya, di tengah mengasuh anak kedua ia merasakan stres dan tekanan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan baru.

Berbagai pelatihan dan pengalamannya antara lain Pelatihan Guru KAPHA Hatha Yoga selama 200 jam, Pelatihan Guru Yoga Prenatal, Pelatihan guru Roda Yoga KAPHA selama 2 hari dan Asana, Pranayama, Meditasi (Penyembuhan) Yoga Markandeya selama 50 jam. 

Gina juga termasuk doula yang bersertifikat Certified Doulas and Certified Childbirth Educators from Birthworks International, USA. Sehingga jangan khawatir ya, Ma! Kunjungi website www.nujuhbulan.com untuk informasi lebih lanjut. 
 

6. Jamilatus Sa'diyah 

6. Jamilatus Sa'diyah 

Doula yang terkenal di kalangan artis selanjutnya adalah Jamilatus Sa'diyah atau akrab disapa Mila. Pendamping persalinan ini sukses membuat para kliennya merasa nyaman. Beberapa artis yang telah menggunakan jasa bidan Mila di antaranya ada Olivia Jensen, Nycta Gina, Ryana Dea, dan kini Aurelie Hermansyah. 

Bidan Mila merupakan lulusan dari Potekkes Kemenkes Jakarta pada tahun 2014, setelah lulus pun ia masih terus mengembangkan ilmunya dan melakukan beberapa pelatihan. Kemudian, Mila  bergabung dengan Lanny Kuswandi selaku founder dan pengembang Hypnobirthing Indonesia.

Sebagai seorang doula atau pendamping persalinan, Mila memberikan berbagai penguatan secara fisik, psikis, emosional, mental dan spiritual melalui kelas atau pelatihannya. Selain menjadi bidan, nyatanya ia juga seorang praktisi hypnobirthing hingga praktisi Prenatal Gentle Yoga.

Semua ilmunya tidak segan untuk dibagikan di Instagram pribadinya @jamilatus.sadiyah. Jika Mama tertarik dapat menghubungi melalui kontak yang ada di Instagramnya ya, Ma!
 

7. Laura Mangi Sapang

7. Laura Mangi Sapang
Instagram.com/nujuhbulanstudio

Laura Mangi Sapang juga merupakan bagian dari Nujuh Bulan Studio, sebagai konselor menyusui, edukator tentang persalinan, dan doula yang bersertifikat. 

Laura sangat senang membantu ibu hamil selama kelahiran berlangsung dan memberika dukungan secara mental, fisik, dan emosional. Selain itu, Laura juga sering mengadakan kelas atau pelatihan tentang persalinan untuk ibu hamil dan pasangan dengan kelas privat maupun grup. 

Untuk tahu lebih lengkap, Mama dapat mengunjungi website www.nujuhbulan.com ataupun ke Instagram @laurasapang ya, Ma! 

Nah itulah berbagai daftar Doula di Jakarta dan sekitarnya yang bisa menjadi referensi Mama. Jika Mama tertarik, langsung menghubungi kontak yang sudah tertera ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.