TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Doula, Pendamping Setia Ibu Melahirkan

Sudah tahukah Mama siapa sosok Doula?

13 Desember 2018

Mengenal Doula, Pendamping Setia Ibu Melahirkan
instagram.com/bukaan.moment

Belakangan ini banyak selebriti yang membagikan proses kehamilan serta persalinan melalui Instagram. Melakukan maternity photoshoot, rutin membagikan tips kehamilan, hingga menyewa jasa fotografer untuk meliput persalinan secara khusus.

Persalinan terbaru yang cukup mencuri perhatian adalah Rachel Vennya, seorang selebgram yang terkenal akan gaya hidup mewahnya.

Menilik unggahan Rachel di akun Instagram pribadinya, ia sempat menyebut sosok doula yang mendampingi selama persalinan.

Lalu siapakah doula itu? Sudah pernahkah Mama mendengarnya?

Doula adalah pendamping saat proses persalinan.

Doula adalah pendamping saat proses persalinan.
whattoexpect.com

Doula adalah pendamping ibu bersalin, yang biasanya sudah mulai coaching pada minggu-minggu akhir kehamilan.

Dilansir dari dona.org, Doula diambil dari Bahasa Yunani yang memiliki arti seorang pelayan wanita atau perempuan yang menghamba.

Tugas Doula tidak berhenti setelah Mama melahirkan, tapi bisa dilanjut dengan pendampingan pasca kelahiran atau sering disebut post partum.

Perlu diketahui, meskipun Doula bertugas mendampingi dari minggu terakhir kehamilan hingga post partum, ia tidak harus berlatar belakang petugas medis atau bidan. Doula adalah seorang profesional yang dilatih hingga mengantongi sertifikat dari lembaga resmi.

Editors' Picks

Apa saja tugas Doula saat dampingi persalinan?

Apa saja tugas Doula saat dampingi persalinan
noroobaby.com

Saat proses persalinan, peran Doula adalah sebagai berikut:

  • Membantu Mama mendapatkan kenyamanan melahirkan dengan pernapasan, relaksasi, dan gerakan-gerakan yang merangsang pembukaan jalan lahir.
  • Memberi dukungan emosional melalui afirmasi positif. Doula akan terus berada di samping Mama hingga bayi berhasil dilahirkan.
  • Doula juga bertugas untuk membantu memilih proses persalinan, dengan menjadi perantara antara Mama dan tenaga medis.
  • Pada intinya, tugas utama Doula adalah memastikan Mama nyaman selama melewati persalinan. Merasakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan, di detik-detik pertemuan dengan jabang bayi yang selama ini berada dalam kandungan.

Seiring makin dikenalnya Doula dalam proses persalinan, para Mama biasanya tidak butuh banyak orang lagi dalam ruang bersalin.

Hanya didampingi tim medis, suami, dan Doula. Mama juga digiring untuk menghindari teriakan selama kontraksi. Rasa sakit yang muncul dikelola dengan mengatur pernapasan, agar tenaga Mama tidak habis duluan sebelum mengejan.

Mengenal Jamilatus Sadiyah, seorang Doula profesional langganan para seleb Indonesia.

Mengenal Jamilatus Sadiyah, seorang Doula profesional langganan para seleb Indonesia.
instagram.com/jamilatus.sadiyah

Tak hanya Rachel Vennya, kehadiran Doula juga bisa Mama temui di persalinan aktris Ryana Dea dan Puteri Indonesia 2009, Zivanna Letisha.

Bahkan ketiga Mama cantik ini menggunakan jasa Doula yang sama, bernama Jamilatus Sadiyah, atau yang akrab disapa Mila. Meski sepak terjangnya sebagai Doula tak perlu diragukan lagi, siapa sangka Mila baru berusia 24 tahun dan belum menikah.

Artinya, Mila belum pernah menjalani kehamilan dan melahirkan tapi selalu sukses memberi pendampingan bagi para Mama.

Melalui akun Instagram pribadinya @jamilatus.sadiyah, Mila banyak membagikan momen berharga saat mendampingi persalinan.

Justru dari melihat langsung perjuangan para Mama melahirkan inilah ia banyak belajar.

Bagaimana kelak mengelola dirinya sendiri saat menjalani kehamilan hingga melahirkan.

Untuk memperkaya pengetahuan dan skill-nya, Mila banyak belajar dari Lanny Kuswandi, seorang praktisi hypnobirthing dan gentle birth Indonesia. Kebetulan, latar belakang pendidikan Mila adalah bidang kebidanan.

Jadi kemampuan Mila gak perlu diragukan lagi. Ia juga membuka kelas prenatal yoga, atau yoga jelang kelahiran untuk membantu mengendurkan otot di sekitar jalan lahir.

Mama yang berada di kawasan Jakarta dan sekitarnya bisa menghubungi Doula Mila jika tertarik untuk didampingi selama melahirkan.

Testimoni sejumlah seleb dan Mama lain yang pernah menggunakan jasa Doula Mila, juga bisa Mama temukan di akun Instagram @jamilatus.sadiyah.

Baca juga: Pentingnya Peran Doula Untuk Ibu Hamil

Doula sangat membantu dalam menghadapi ketakutan Mama akan proses persalinan.

Doula sangat membantu dalam menghadapi ketakutan Mama akan proses persalinan.
instagram.com/zivannaletisha

Mila hanyalah satu dari sekian banyak Doula di luar sana. Peran positif mereka sangat membantu proses persalinan yang sudah terlanjur lekat dengan stigma menakutkan.

Bagi para Mama yang baru akan menghadapi persalinan pertama, tentu sangat terbantu dengan keberadaan Doula. Karena mereka menempatkan dirinya sebagai seorang profesional, tidak terpengaruh ikatan apa-apa dengan Mama.

Mama yang sebentar lagi melahirkan, semoga info ini bermanfaat!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk