7 Makanan yang Wajib Dihindari Oleh Mama Menyusui!

Hindari 7 makanan ini agar Si Kecil tidak mencret dan alergi, Ma!

26 Desember 2019

7 Makanan Wajib Dihindari Oleh Mama Menyusui
mom.me

Agar Si Kecil bisa mendapat manfaat maksimal dari ASI, seorang Mama tentu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan atau minuman yang ia konsumsi.

Karena jika beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya jika Mama konsumsi, bisa masuk ke tubuh Si Kecil melalui ASI sehingga berdampak pada kesehatan Si Kecil.

Lalu, apakah Mama sudah mengetahui makanan apa saja yang bisa memengaruhi kualitas ASI Mama? Jika Mama salah-salah makanan, bisa menyebabkan Si Kecil mencret bahkan alergi, lho!

Berikut 7 makanan yang harus Mama hindari ketika menyusui!

1. Produk olahan sapi

1. Produk olahan sapi
Pixabay/Couleur

Kalau bisanya Mama sangat menyukai berbagai makanan dengan berbahan dasar olahan sapi, seperti keju, yogurt hingga susu sapi, ketika Mama menyusui, makanan tersebut bisa memengaruhi kualitas ASI Mama.

Karena jika Mama mengonsumsi makan tersebut, bisa memicu reaksi alergi pada Si Keci. Karena protein yang terkandung dalam susu sapi sering menjadi pemicu alergi.

Reaksi alergi bisa berbeda pada setiap bayi, Ma. Ada yang mengalami gejala diare, muntah-muntah, sembelit, hingga gatal-gatal.

Bila Si Kecil terlihat mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya Mama segera hubungi dokter anak.

Umumnya, dokter akan menyarankan Mama untuk menjauhi produk olahan susu sapi hingga selesai masa menyusui.

2. Ikan laut

2. Ikan laut
Pexels/Oscar Mikols

Yap, ikan laut juga menjadi salah satu makanan yang harus Mama hindari, semasa menyusui. Karena ikan laut mengandung merkuri yang cukup tinggi yang bisa berdampak pada kualitas ASI dan

Bila Mama yang sedang menyusui makan ikan laut yang tercemar merkuri, kandungan merkuri berbahaya akan masuk ke dalam ASI dan bisa berdampak pada tumbuh kembang Si Kecil, Ma.

Jika Mama penggemar berat ikan dan ingin tetap makan ikan, sebaiknya saat memasak ikan harus sampai matang sebelum memakannya.

Sebaiknya, hindari makan ikan mentah seperti sushi atau sashimi saat Mama sedang menyusui.

Editors' Picks

3. Makanan olahan daging

3. Makanan olahan daging
Pixabay/Formiwimuwi73

Bagi Mama yang sedang menyusui, sebaiknya makanan olahan seperti frozen food yakni seperti nugget, sosis dan makanan olagan daging, sebaiknya Mama hindari.

Mengapa wajib menghindarinya? Karena makanan olahan tersebut mengandung zat adiktif dan pengawet yang tidak sehat. Kebayangkan dampat yang merugikan untuk kesehatan Si Kecil jika Mama mengonsumsi makanan tersebut.

Zat adiktif ini bisa memicu reaksi alergi pada bayi dan memengaruhi hormonnya. Hal itu akan membuat Si Kecil menjadi lebih rewel dan sering menangis.

4. Cokelat

4. Cokelat
Pexels/Pixabay

Apabila Mama termasuk orang suka makan cokelat sebagai pelepas stress, nggak heran cokelat menjadi salah satu makanan favorit Mama.

Namun, sayangnya saat sedang menyusui Mama tidak boleh mengonsumsi cokelat secara berlebihan karena bisa membuat Si Kecil mencret.

Mengapa cokelat termasuk makanan yang harus Mama hindari saat menyusui? Karena jika Mama mengonsumsi cokelat, cokelat bisa menjadi pencahar bagi Si Kecil, hingga membuat bayi mencret-mencret.

Namun, nggak usah khawatir, Mama masih tetap bisa makan cokelat selama menyusui kok, asalkan tidak berlebihan.

5. Buah jeruk

5. Buah jeruk
justysproduce.com

Mama yang sedang menyusui sebaiknya menghindari memakan segala jenis buah jeruk.

Kenapa?

Karena kandungan yang ada di dalam buah jeruk bisa membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan membuatnya lebih sering buang air kecil.

Untuk pengganti dan memnuhi asupan vitamin C, Mama bisa makan buah pepaya atau mangga yang juga mengandung vitamin C yang tinggi.

6. Alkohol

6. Alkohol
Pexels/Kaboompics

Jika saat menyusui Mama sering minum minuman beralkohol, hal itu bisa memengaruhi kualitas ASI.

Karena ASI yang mengandung alkohol berpotensi menganggu tumbuh kembangnya si Kecil.

Alkohol yang masuk ke tubuh si Kecil melalui ASI, menyebabkan si Kecil menjadi sering lemas dan mengantuk.

Bila Mama terpaksa harus minum alkohol karena situasi tertentu, sebaiknya menimumnya 2-3 jam sebelum Mama menyusui si Kecil.

7. Makanan pedas dan bersantan

7. Makanan pedas bersantan
Pexels/Pixabay

Makanan pedas memang sangat nikmat di lidah, terlebih bagi Mama pecinta makanan pedas.

Namun, makan pedas tidak bersahabat bagi Si Kecil yang saluran pencernaannya masih belum sempurna, Ma.

Demikian juga, makanan pedas tidak bersahabat bagi saluran pencernaan Mama yang sensitif pada makanan pedas, meski Mama termasuk orang yang mencintai makanan pedas.

Jadi, jika Si Kecil rewel saat sedang menyusu, mungkin saja karena rasa ASI-nya yang tiba-tiba terasa pedas.

Solusinya, jika Mama memang pecinta makanan pedas, Mama bisa mengganti bubuk cabai pada masakan dengan jahe untuk memberi efek hangat di perut.

Tak hanya menghindari 7 makanan di atas, selama menyusui, pastikan Mama juga mengonsumsi makanan bergizi dan nutrisi seimbang. Menghindari di sini tidak benar-benar sama sekali tidak mengkonsumsinya ya Ma.

Mama bisa coba sekali dan lihat reaksinya di tubuh si Kecil, jika ada gangguan kesehatan seperti alergi segera obati dan hindari makanan pencetusnya.

Perbanyak sayur dan buah, juga makanan yang bisa memperlancar ASI.

Hal yang terpenting pastikan Mama tidak mengalami stres yang berlebihan, karena stres juga bisa menurunkan suplai ASI, lho.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.