5 Kondisi yang Diperbolehkan Menyusui dengan Posisi Berbaring Miring

Ada kondisi di mana posisi ini diperbolehkan demi kenyamanan bayi dan Mama sendiri

21 Desember 2019

5 Kondisi Diperbolehkan Menyusui Posisi Berbaring Miring
todaysparent.com

Menemukan posisi menyusui yang tepat hampir sama dengan mencari belahan jiwa. Tak mudah, perlu jatuh-bangun tapi harus selalu dicoba. 

Ada berbagai posisi menyusui yang bisa dilakukan Mama dan bayi. Sebagian besar posisi menyusui ini dilakukan dalam posisi duduk. Tetapi ada salah satu posisi menyusui yang berbeda, yaitu berbaring miring. Meski tampak tak biasa, nyatanya posisi ini bisa dilakukan untuk kondisi-kondisi khusus lho, Ma.

Berikut Popmama.com merangkum 5 kondisi yang merekomendasikan Mama menyusui bayi dengan posisi berbaring miring dilansir dari verywellfamily.com:

1. Sehabis menjalani operasi caesar

1. Sehabis menjalani operasi caesar
nursingnurture.com

Posisi berbaring miring dan posisi football hold ideal dilakukan bagi Mama yang menjalani operasi caesar. Posisi ini membantu Mama lebih nyaman. Bayi diletakkan di kasur sehingga tidak menindih bagian perut Mama yang habis dijahit. 

Editors' Picks

2. Berpayudara besar

2. Berpayudara besar
aptaclub.co.uk

Bagi Mama yang memiliki payudara besar, menyusui bayi dengan buah dada yang seringkali membengkak rasanya tak nyaman. Posisi berbaring miring ini akan memudahkan bayi melakukan pelekatan dengan sendirinya. 

Di awal, Mama bisa meminta bantuan orang terdekat hingga merasa nyaman dengan pelekatan bayi dan dapat menyusui dengan nyaman.

3. Menyusui di tengah malam

3. Menyusui tengah malam
bellamoon.co

Menyusui bayi di tengah malam lebih mudah jika Mama menempatkan bayi di samping Mama. Membiarkannya menempel pada Mama sembari disusui dengan posisi berbaring miring adalah hal yang menimbulkan kenyamanan. Tetapi ingat, tetap awasi Si Kecil dalam proses ini dan jangan sampai Mama tertidur pulas karena bisa menimbulkan bahaya fatal. Kembalikan bayi ke tempat tidurnya setelah selesai menyusuinya.
 

4. Mama mengalami kelelahan

4. Mama mengalami kelelahan
parenting.firstcry.com

Jika sepanjang hari Mama menyusui bayi dalam posisi duduk, mungkin sesekali bisa mencoba menyusuinya dalam posisi berbaring miring. 

Ini akan mengurangi rasa lelah dan ketegangan pada punggung, leher dan lengan Mama.

5. Mama dirawat di rumah sakit

5. Mama dirawat rumah sakit
verywellfamily.com

Ketika Mama dirawat di rumah sakit, posisi menyusui dengan berbaring miring akan terasa lebih santai dilakukan.

Cara ini bisa dilakukan dengan nyaman di tempat tidur kamu. Mintalah bantuan perawat untuk menemukan posisi berbaring miring yang paling tepat dan pastikan rel samping tempat tidur tertutup sempurna untuk menghindari bayi tergelincir dari atas tempat tidur.

Menyusui dengan berbaring miring memang tak semudah saat duduk. Mintalah bantuan perawat atau ahli laktasi untuk melatih Mama dan bayi untuk memperkenalkan berbagai posisi menyusui hingga Mama menemukan mana yang paling nyaman.

Semoga informasi ini membantu!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.