Tips Belanja Cermat Kebutuhan Calon Bayi di Pameran, Jangan Berlebihan

Jika sudah datang ke pameran rasanya semua ingin dibeli, berikut tips belanja cermat anti boros

3 Juli 2022

Tips Belanja Cermat Kebutuhan Calon Bayi Pameran, Jangan Berlebihan
Popmama.com/Ayesha Puri

Memasuki pertengahan tahun, biasanya akan digelar berbagai acara pameran dan kegiatan masyarakat dalam jumlah cukup besar. Apalagi saat ini pemerintah mengizinkan adanya pelaksanaan acara yang boleh dikunjungi oleh orang banyak.

Tentu rakyat pun antusias menghadapi berbagai acara pameran, konser musik dan sebagainya. lantaran hampir dua tahun kegiatan-kegiatan tersebut vakum.

Salah satu pameran tengah tahun yang sedang  berlangsung, yaitu Mommy N Me. Pameran ini bagian dari IMBEX series dengan menampilkan berbagai produk dan jasa perlengkapan ibu dan anak. Acara ini berlangsung sejak Jumat-Minggu, 1-3 Juli 2022 di Assembly & Plenary Hall, Jakarta Convention Center.

Pameran Mommy N Me menghadirkan 200 merek perlengkapan si Kecil dan ibu. Mulai dari Daiichi, Dr Brown, Baabaasheepz, Babyzen Yoyo, Birds n Bees, Birth n beyond, dan sebagainya. produk dan jasanya pun terbilang lengkap.

Seperti baju, peralatan makan dan minum, perlengkapan mandi, kesehatan dan olahraga bayi, perlengkapan penunjang ASI, Stroller hingga mainan dan pendidikan.

Agar Mama tidak pusing berkeliling tanpa tujuan dI area dengan luas 7.000 m persegi. Atau mungkin justru hanya membeli barang yang tidak begitu penting dan menghabiskan uang. Popmama.com memiliki tips belanja cermat saat berkunjung ke Pameran, anti boros.

1. Menentukan anggaran untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan

1. Menentukan anggaran membeli perlengkapan dibutuhkan
Pexels/Karolina Grabowska

Hal utama yang perlu dilakukan adalah menentukan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli perlengkapan si Kecil dan Mama. Jangan sampai anggaran yang dikeluarkan mengambil jatah kebutuhan lainnya, seperti uang belanja bulanan, uang listrik, dan sebagainya.

Memang sebagai orang tua ingin menyediakan perlengkapan terbaik untuk anak. Apalagi bagi new Mom. Tapi perlu diingat, Mama juga perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Beli perlengkapan fundamental dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.

Editors' Picks

2. Membuat daftar barang-barang yang hendak dibeli supaya tidak over budgeting

2. Membuat daftar barang-barang hendak dibeli supaya tidak over budgeting
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Tips belanja cermat saat berkunjung ke pameran, anti boros adalah membuat daftar barang yang hendak dibeli supaya tidak melebihi anggaran dan yang telah Mama dan Papa tentukan. Ini sangat membantu Mama dan Papa saat berbelanja.

Dengan membuat daftar barang yang mau dibeli, berbelanja di pameran menjadi efektif dan efisien. Selain itu juga bisa menghemat tenaga. Lantaran tidak perlu berkeliling tanpa arah. Karena Mama dan Papa sudah tahu apa yang harus dicari di pameran.

3. Usahakan makan terlebih dahulu sebelum berbelanja dan berkeliling pameran

3. Usahakan makan terlebih dahulu sebelum berbelanja berkeliling pameran
Pexels/Nana Lapushkina

Sebelum berkeliling dan berbelanja, Mama dan Papa sebisa mungkin untuk mengisi perut terlebih dahulu. Karena umumnya area pameran luas, pameran Mommy N Me saja memiliki area seluas 7.000 m persegi.

Belum lagi akan dipadati pengunjung lain. ditambah harus membawa barang belanjaan. Itu pasti akan menguras tenaga.

Jadi pastikan, perut sudah terisi. Makan sebelum pergi ke pameran juga bertujuan agar Mama dan Papa tidak pingsan. Sehingga belanja akan berjalan lancar dan menyenangkan.

4. Berkunjung di waktu dilaksanakan program diskon

4. Berkunjung waktu dilaksanakan program diskon
Pexels/Polina Tankilevitch

Umumnya pameran memiliki program-program menarik, salah satunya adalah potongan harga. Mommy N Me juga memiliki beberapa program diskon, yaitu Crazy Attack yaitu pukul 09.00 – 10.30 WIB dan Shocking Attack pada pukul 17.00 – 18.30 WIB.

Dengan mengetahui jadwal program diskon membuat belanja Mama lebih hemat. Alhasil uang tersebut bisa disimpan untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk membeli perlengkapan anak lainnya. Jadi peralatan si kecil makin proper deh.

Tidak hanya program diskon, bagi  pengunjung yang sudah bertransaksi juga berkesempatan untuk mendapatkan aneka hadiah menarik melalui program Lucky Draw yang diundi pada pukul 18.30 setiap harinya dan pemenangnya akan diumumkan lewat sosial media IMBEX yaitu Instagram IG: @IMBEX.SERIES dan Facebook: imbex.jakarta.

5. Saat sudah sampai langsung cari barang yang akan dibeli

5. Saat sudah sampai langsung cari barang akan dibeli
Popmama.com/Ayesha Puri

Satu hal yang juga penting agar dana tidak boros, yaitu ketika sudah di tempat Mama langsung gerak cepat (gercep) mencari dan menyambangi barang-barang yang sudah dibuat sebelumnya.

Di pameran Mommy N Me, setiap produk bisa ada di dua atau lebih penjual. Ini sangat menguntungkan bagi Mama dan Papa karena bisa  membandingkan harga dan kualitas dari penyedia barang yang ada.

Ingat ya Ma, jangan lihat atau beli barang lain. prioritaskan untuk membeli dan mencari barang yang sudah di list bersama di Papa. Sehingga, anggaran dana bisa terpakai secara tepat dan hemat.

Jika Mama dan Papa pergi ke pameran tanpa list barang. Dipastikan Mama akan kalap karena barang yang dipajang sangat menarik untuk dimiliki. Atau bahkan hanya berkeliling tanpa arah yang jelas dan hanya membuat capek saja.

Tidak mau dong sudah datang jauh-jauh tapi pulang dengan tangan kosong.

Demikianlah ulasan Popmama.com mengenai tips belanja cermat saat berkunjung ke pameran, anti boros. Enjoy shopping, Mama dan Papa!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk