7 Tips Belanja Hemat agar Uang Bulanan Bisa Ditabung

27 April 2018

7 Tips Belanja Hemat agar Uang Bulanan Bisa Ditabung
Freepik

Sebagai seorang istri tentu kamu memiliki tugas untuk memikirkan apa menu makanan di rumah hari ini, apa saja kebutuhan rumah tangga yang perlu disiapkan dan dibeli, mendaftar kebutuhan anak-anak, bahkan mengatur uang jajan harian anak-anak.

Kalau saat ini Mama punya anak yang masih bayi, pasti apa yang Mama atur akan semakin rumit. Termasuk dalam mengatur keuangan keluarga, secara keseluruhan pasti Si Papa memercayakan ini ke Mama.

Kalau sudah begini kuncinya jangan boros dan pintar mengatur pengeluaran belanja rumah tangga. Bagaimana cara yang efektif mengatur keuangan keluarga?

Berikut ini Popmama.com akan memberikan tips belanja hemat agar sisa uang Mama bisa ditabung.

1. Lebih baik belanja bahan makanan seminggu sekali

1. Lebih baik belanja bahan makanan seminggu sekali
Freepik

Kalau Mama memiliki kebiasaan belanja bahan makanan setiap hari, mulai sekarang kebiasaan tersebut bisa diganti Ma. Cukup berbelanja seminggu sekali saja.

Buatlah list menu makan selama seminggu, kemudia list bahan makanannya. Termasuk bahan untuk lauk pauk utama, sampai dengan kebutuhan bumbu-bumbunya. Setelah itu buatlah daftar belanja bahan makanan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Tempelkan catatan tersebut di depan pintu kulkas agar kamu mudah melihatnya setiap waktu. Setiap ada kebutuhan yang stoknya habis, segera catat di kertas daftar belanja tersebut.

2. Pastikan harga di kasir sudah benar

2. Pastikan harga kasir sudah benar
crashandmars.com

Jika Mama terbiasa belanja di supermarket, pastikan harga di kasir sudah benar ya Ma. Ini penting lho. Petugas kasir pasti akan selalu mengganti harga-harga produk baru termasuk diskon masing-masing produk di toko mereka.

Kamu pastikan harga yang dilihat di rak bahan belanjaan sudah sesuai dengan harga saat bayar di kasir. Pastikan harganya sama. Jangan sungkan bertanya jika ada yang tidak sesuai.

Editors' Picks

3. Memanfaatkan kartu diskon

3. Memanfaatkan kartu diskon
Freepik

Tempat belanja tertentu memberlakukan diskon bagi pengunjung yang memiliki kartu anggota atau member. Manfaatkan kartu member ini dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan diskon yang besar.

4. Nggak perlu tergoda dengan produk karena kemasannya

4. Nggak perlu tergoda produk karena kemasannya
Freepik/senivpetro

Kadang kita sudah membuat list belanja, ini bisa jadi panduan untuk kita jadi setelah di swalayan kita tahu barang apa yang perlu dibeli. Nah, kalau ada barang lain yang kemasannya bagus dan baru, nggak perlu langsung tertarik dan membeli. Lihat lagi list belanja kamu, apakah kamu benar-benar memerlukan barang tersebut?

Kalau jawabannya tidak, maka tidak perlu dibeli ya Ma.

5. Belanja online

5. Belanja online
Unsplash/rawpixel

Irit juga kalau bisa belanja online. Kadang ada diskon yang berbeda dari belanja secara konvesional atau belanja di pasar tradisional.

Subscribe untuk mendapatkan informasi promo terbaru bila perlu. Belanja melalui online sesuai kebutuhan bukan berdasarkan apa yang Mama inginkan.

6. Datang ke Exhibition barang keperluan keluarga

6. Datang ke Exhibition barang keperluan keluarga
Popmama.com/Novy Agrina

Mama bisa datang ke exhibition yang menyediakan barang keperluan keluarga. Salah satunya seperti Mother & Baby Fair 2018. Ini merupakan acara kesebelas dan tahun ini dilaksanakan setahun dua kali, pada 26-29 April 2018 dan 25-28 Oktober 2018 di Kartika Expo, Balai Kartini.

Nah, sesuai apa yang Mama perlukan maka di acara ini banyak yang bisa Mama temukan, mulai dari perlengkapan ibu hamil, perlengkapan pasca melahirkan, pakaian bayi dan anak, vitamin untuk ibu menyusui, sampai mainan anak-anak.

Pergi ke acara seperti ini bisa menjadi pilihan Mama untuk belanja hemat, karena pastinya ada banyak diskon.

7. Tetapkan skala prioritas

7. Tetapkan skala prioritas
shopaholicgirl.co.uk

Ini tips belanja hemat yang ketujuh, menetapkan skala prioritas. Maksudnya adalah, jika saat berbelanja Mama menemukan keadaan nilai total belanjaan melebihi budget yang Mama tetapkan, maka tentukan mana yang lebih prioritas.

Beli yang benar-benar Mama dan keluarga perlukan. Singkirkan yang lainnya dulu ya Ma. Jangan terlalu memaksakan.

Itulah 7 tips belanja hemat yang perlu Mama ketahui. Sisa uang belanja bisa Mama sisihkan untuk keperluan lain atau ditabung selama belum diperlukan. Selamat mencoba cara hemat yang ini ya Ma.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.