Cara Tepat Mengolah Daun Kelor untuk Dapat Manfaatnya secara Optimal

Daun kelor bukan hanya baik untuk ibu menyusui, tapi ada sifat antioksidan pelindung terbesar

3 Agustus 2022

Cara Tepat Mengolah Daun Kelor Dapat Manfaat secara Optimal
Pixabay/Iskandar63

Sudah sejak berabad-abad yang lalu, daun kelor menawarkan manfaat kesehatan yang mengesankan.

Moringa oleifera sendiri memiliki nama sebagai pohon ajaib. Ini karena daun kelor terdapat kemampuan penyembuhannya.

Terutama daun kelor mengandung sifat antioksidan pelindung terbesar. Artinya, daun kelor merupakan sumber makanan penting.

Sementara kamu perlu mengetahui cara yang tepat untuk mengolah daun kelor agar tetap mendapat manfaatnya secara optimal terutama bagi ibu menyusui. Yuk, cek ulasan dari Popmama.com!

1. Ditumis dengan potongan tempe

1. Ditumis potongan tempe
Freepik/lifeforstock

Bagi Mama yang ingin mengetahui berbagai cara tepat mengolah daun kelor, maka cobalah membuat sayur tumis yang sederhana. Mama bisa menikmati dalam bentuk tumisan daun kelor bersama campuran tempe untuk dimasak sehari-hari.

Bahwa tumis daun kelor juga dipercaya tidak terlalu melunturkan zat baik yang ada di dalamnya. Jadi mulailah memotong tempe, mencincang bawang merah, bawang putih dan cabai rawit.

Kemudian tumislah bawang putih dahulu sampai sedikit kekuningan, baru bawang merah dan cabai rawitnya.

Selanjutnya beri gula jawa dan garam sesuai selera. Tuang tempe yang sudah dipotong dadu hingga matang. Setelah itu masukkan daun kelor yang sudah dicuci bersih bersama sedikit air dan aduk merata. Tunggulah hingga matang.

Editors' Picks

2. Diolah menjadi sayur bening bersama jagung manis

2. Diolah menjadi sayur bening bersama jagung manis
Pixabay/Republica

Ingatlah, sayur merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Salah satu pilihan sayur yang sering menjadi menu harian, yakni sayur bening. Nah, mulailah mengolahnya dari daun kelor dan jagung manis yang lezat.

Selain murah meriah dan sayuran yang digunakan tidak terlalu susah dicari, ini juga menjadi cara terbaik dalam hal pengolahan daun kelor.

ara pembuatannya juga mudah. Dimana sama saja dengan bagaimana Mama membuat sayur bening dari bayam.

Caranya cukup mencuci bersih semua bahan dan memotong jagung manis. Setelah air mendidih, masukkan jagung manis dan beri sedikit garam.

Lalu masukkan bawang merah, bawang putih dan 1 temu kunci. Terakhir masukkan daun kelor, tunggu hingga sedikit layu dan angkat. Sajikan selagi hangat, ya!

3. Dibuat menjadi jus yang nikmat

3. Dibuat menjadi jus nikmat
Freepik/Racool_studio

Ma, cara mengolah daun kelor terbilang sederhana. Mama bisa membuat jus daun kelor yang menyehatkan. Apalagi daun kelor mengandung zat yang menghambat proses inflamasi. Salah satu khasiatnya, yakni untuk merawat redang sendi dan sistem pencernaan.

Alasannya karena daun kelor yang dibuat menjadi jus mengandung antioksidan di dalamnya tetap kuat. Tapi ingatlah, sebaiknya tidak menambahkan gula pasir. Jadi Mama bisa mencuci bersih daun kelor dan diblender bersama air matang dingin sampai halus.

Jika suka, cobalah tambahkan wortel sebagai pemanis alami. Kemudian saring jus ke dalam gelas, beri madu dan sedikit perasan jeruk nipis atau lemon.

Agar semakin nikmat, jangan lupa juga tambahkan es batu. Jus daun kelor yang menyegarkan siap disajikan.

4. Dibuat menjadi teh herbal daun kelor

4. Dibuat menjadi teh herbal daun kelor
Pixabay/Ninetechno

Senyawa antioksidan dan fitokimia pada daun kelor membantu melindungi sel dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Agar mendapat manfaatnya yang optimal, Mama bisa memberikan perlindungan antioksidan dengan cara dibuat menjadi teh.

Meminum teh daun kelor, ini juga mempertahankan gizi dan nutrisi lainnya seperti vitamin C dan beta-karoten serta polifenol.

Artinya, cara pengolahan daun kelor yang satu ini dipercaya memberi banyak manfaat. Sebab dengan membuat daun kelor menjadi teh, maka zat-zat yang ada di dalam daun kelor ini terjaga.

Caranya cukup mencuci bersih daun kelor, lalu keringkan daun kelor di bawah sinar matahari hingga kadar air sekitar 5%. Jika sudah rendamlah daun kelor kering dalam air panas. Kemudian saring dan tambahkan madu secukupnya. Nah, teh herbal dari daun kelor buatan rumahan siap menghangatkan pagi ini.

Itulah beberapa cara mengolah daun kelor yang bisa Mama coba terapkan sehari-hari. Yuk, menjaga asupan gizi dari dalam dengan memanfaatkan daun kelor.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk