5 Manfaat Daun Stevia sebagai Pengganti Gula Pasir

Mengganti pemanis yang lebih alami dan sehat

19 Maret 2021

5 Manfaat Daun Stevia sebagai Pengganti Gula Pasir
Pixabay/13082

Penggunaan gula pasir sangat dihindari bagi penderita diabetes. Sebab, gula pasir mengandung angka glikemiks yang cukup tinggi sehingga membahayakan bagi penderita diabetes. Biasanya, mereka akan mengganti gula lebih aman dengan angka glikemiks yang lebih rendah.

Beberapa waktu terakhir, daun stevia menjadi populer karena bisa dijadikan pemanis alami yang aman bagi penderita diabetes.

Bahkan, tidak hanya penderita diabetes yang menggunakan daun stevia sebagai pemanis tapi juga orang-orang yang menerapkan pola hidup yang lebih sehat.

Sebab, daun stevia dianggap lebih aman dengan angka glikemiks yang lebih rendah tapi juga memiliki lebih banyak manfaat.

Lalu, apa saja manfaat daun stevia bagi tubuh? Ikuti rangkuman informasi seputar stevia dari Popmama.com berikut ini ya.

1. Lebih aman bagi penderita diabetes

1. Lebih aman bagi penderita diabetes
Freepik/jcomp

Di dalam sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi stevia memberikan efek yang minimal terhadap kenaikan glukosa darah, kadar insulin, tekanan darah, dan berat badan.

Bahkan, pada studi tersebut melaporkan bahwa penderita diabetes tipe 2 menunjukkan penurunan glukosa darah dan respon glukagon yang cukup signifikan setelah makan.

Hal ini menunjukkan bahwa manfaat daun stevia antara lain aman jika dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Pada jurnal yang dipublikasikan oleh Journal of Dietary Supplement juga membuktikan manfaat daun stevia terhadap penderita diabetes.

Terdapat pengujian pada tikus yang terkena diabetes terhadap efek dari stevia. Setelah diberikan sekitar 200 dan 500 mg stevia setiap hari, terdapat penurunan level gula darah, trigliserida, dan alkali fosfatase.

Editors' Picks

2. Memiliki kadar kalori yang rendah

2. Memiliki kadar kalori rendah
Freepik/rawpixel.com

Penggunaan daun stevia sebagai pemanis juga cukup dikenal sebagai pemanis alternatif yang aman untuk penurunan berat badan. Kandungan kalori yang rendah pada stevia membuat pemanis ini aman untuk penurunan berat badan.

Manfaat daun stevia sebagai pemanis juga bisa mengontrol nafsu makan karena dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Terdapat sebuat studi yang menunjukkan efek konsumsi stevia pada seseorang menjadi tidak merasa lebih lapar atau ingin makan lebih banyak gula. 

3. Dapat menurunkan tekanan darah

3. Dapat menurunkan tekanan darah
Freepik/rawpixel.com

Di dalam sebuah studi menunjukkan bahwa stevia dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan glikosida tertentu di dalam ekstrak stevia yang bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan pengeluaran natrium serta urin. 

Selain itu, studi ini juga menunjukkan bahwa tanaman stevia memiliki tindakan kardiotonik yang mampu menormalkan tekanan darah dan mengatur detak jantung.

Dengan begitu, manfaat daun stevia juga bisa mencegah seseorang terkena penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan sebagainya.

4. Terhindar dari risiko terkena penyakit ginjal

4. Terhindar dari risiko terkena penyakit ginjal
Freepik/shayne_ch13

Kandungan glikosida yang terdapat pada daun stevia tidak hanya baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Ternyata kandungan tersebut juga memberikan dampak yang baik bagi kesehatan ginjal. Hal ini membuat manfaat daun stevia dapat dijadikan pemanis alami bagi penderita gagal ginjal.

5. Memiliki sifat antibakteri yang aman bagi gigi

5. Memiliki sifat antibakteri aman bagi gigi
Freepik/yanalya

Jika kita berkonsultasi kepada dokter gigi terkait bagaimana cara menjaga kesehatan gigi, pasti dokter akan menyarankan untuk menghindari konsumsi gula. Gula sering menjadi penyebab utama seseorang mengalami kerusakan gigi. 

Tetapi menariknya, jika mengganti jenis gula dengan menggunakan daun stevia sebagai pemanis justru dapat menjaga kesehatan gusi dan gigi. Hal ini disebabkan oleh sifat antibakteri pada daun stevia saat daun ini dikunyah.

Ternyata manfaat daun stevia sebagai pengganti gula pasir tidak hanya aman untuk penderita diabetes atau penurunan berat badan.

Daun stevia memiliki efek yang baik bagi kesehatan organ tubuh lainnya, seperti peredaran darah, jantung, ginjal, pankreas, hingga gigi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.