5 Manfaat Makanan Organik untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Makanan dengan produk organik bisa mengurangi risiko masalah kesehatan, lho!

25 Desember 2021

5 Manfaat Makanan Organik Kesehatan Ibu Menyusui
Pexels/Wendy Wei

Apakah Mama sering memakan makanan dengan produk organik?

Bahwa produk organik bisa mengurangi risiko masalah kesehatan. Ini karena dapat meminimalkan paparan Mama terhadap bahan kimia beracun dan pestisida dalam makanan.

Dengan demikian, produk makanan dan serat organik ditanam secara organik kaya akan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Termasuk berbagai mineral penting.

Apabila Mama ingin mencoba gaya hidup sehat, berikut 5 manfaat makanan organik untuk ibu menyusui. Yuk, cek ulasannya yang sudah dirangkum oleh Popmama.com!

1. Memiliki rasa lebih enak dan baik

1. Memiliki rasa lebih enak baik
Pexels/Polina Tankilevitch

Mungkin tidak ada alasan bagi Mama untuk menolak mengonsumsi makanan organik, apalagi jika Mama baru saja melalui proses melahirkan. Sedangkan manfaat yang didapat dari makanan organik kaya gizi ini pun akan menawarkan rasa lebih baik.

Bahwa struktur mineral dan gula dalam makanan organik terbilang cukup enak. Pasalnya, tanaman organik diberi banyak waktu untuk berkembang dan matang. Bahkan penggunaan teknik produksi pertanian secara alami dan ramah lingkungan, sehingga menjadi alasan untuk rasa lebih baik pada produk makanan organik.

Dengan demikian, rasa sayuran dan buah-buahan organik memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang ditanam secara konvensional.

Editors' Picks

2. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

2. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh
Pexels/Spencer Selover

Mama sering memakan produk pangan organik seperti daging organik, susu organik, ikan organik dan unggas organik?

Bahwa makanan organik memang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, ini karena tidak mengandung bahan modifikasi. Bahkan kandungan vitamin dan mineral dari produk makanan organik terbilang cukup tinggi.

Maka tak heran jika memakannya akan menawarkan mekanisme pencegahan terhadap penurunan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Artinya, makanan organik dapat secara signifikan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu menyusui.

3. Mendapat kesehatan secara keseluruhan

3. Mendapat kesehatan secara keseluruhan
Pexels/Kampus Production

Bahwa manfaat kesehatan dari makan makanan organik, hal ini akan membuat ibu menyusui mendapatkan profil nutrisi yang lebih sehat.

Pasalnya, berbagai produk organik tidak diproduksi atau diproses dengan menggunakan pestisida kimia atau pupuk kimia. Maka makanan tersebut tidak mengandung unsur bahan kimia beracun dan tidak mempengaruhi kesehatan ibu menyusui.

Jadi secara keseluruhan, makanan organik bisa membuat ibu menyusui lebih sehat dan memiliki kehidupan yang lebih baik bagi tubuh Mama.

4. Berkontribusi pada lebih banyak asupan antioksidan

4. Berkontribusi lebih banyak asupan antioksidan
Pexels/Yaroslav Shuraev

Ternyata bagi Mama yang suka memakan makanan organik, maka akan memiliki efek positif antioksidan pada kesehatan secara keseluruhan. Hal ini karena makanan organik bebas dari bahan kimia asing yang biasanya bereaksi dengan vitamin, senyawa organik dan mineral.

Dengan demikian, konsumsi makanan organik dapat berkontribusi pada lebih banyak asupan antioksidan yang bermanfaat secara nutrisi dan paparan logam berat secara terbatas. 

Jadi manfaat positif antioksidan dari makanan organik berpotensi sebagai pencegahan penyakit jantung, kanker dan gangguan fungsi kognitif.

5. Melindungi terhadap penyakit kardiovaskular

5. Melindungi terhadap penyakit kardiovaskular
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Bahwa memakan makanan seperti produk hewani organik, ini akan meningkatkan jumlah CLA (conjugated linoleic acid). Senyawa asam lemak tersebut berpotensi menyehatkan jantung dan memperkuat perlindungan kardiovaskular.

Dilansir dari Nytimes, orang yang memilih buah dan sayuran organik untuk menghindari pestisida dan bahan kimia lainnya. Bahwa tomat yang ditanam secara organik memiliki tingkat flavonoid yang lebih tinggi untuk melindungi terhadap penyakit kardiovaskular. 

Setelah mengetahui 5 manfaat makanan organik untuk kesehatan ibu menyusui, apakah Mama akan memakannya secara rutin?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk