5 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Mama yang Baru Melahirkan

Rumput laut mengandung banyak mineral sehat, lho!

22 November 2021

5 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Mama Baru Melahirkan
Pixabay/zuzyusa

Apakah Mama baru saja melalui proses persalinan?

Kini saatnya Mama mendapat asupan yang menyehatkan. Salah satunya adalah memakan makanan super seperti rumput laut yang memiliki paket nutrisi kuat.

Ada beberapa jenis rumput laut yang umumnya mengandung banyak mineral sehat dan mudah dipecah oleh tubuh, seperti dilansir dari Medicalnewstoday.

Yuk, simak ulasan Popmama.com mengenai 5 manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh Mama setelah melahirkan!

1. Memproduksi energi di dalam tubuh Mama

1. Memproduksi energi dalam tubuh Mama
Pexels/Polina Tankilevitch

Setelah melalui proses persalinan, apakah Mama alami kelelahan?

Jika kamu mengalami kelelahan fisik dan emosional dalam minggu-minggu setelah melahirkan, kamu bisa memakan rumput laut. Rumput laaut dapat memproduksi energi di dalam tubuh. Bahwa setiap jenis rumput laut mengandung nutrisi dan mineral penting.

Secara umum, memakan rumput laut juga meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Terutama kandungan zat besi untuk membentuk hemoglobin, sel darah merah pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Ternyata begitu bagusnya ya manfaat rumbut laut setelah melahirkan.

Editors' Picks

2. Melindungi sel dari dampak buruk pasca persalinan

2. Melindungi sel dari dampak buruk pasca persalinan
Pixabay/pixel2013

Bahwa dalam beberapa situasi sel-sel janin di jaringan parut, khususnya bekas luka yang ditinggalkan oleh operasi caesar dapat membuat kolagen dan membantu pemulihan.

Nah, mengenai hal itu Mama bisa memakan melindungi sel dari dampaknya melalui rumput laut. Ini karena rumput laut mengandung tinggi antioksidan. Rumput laut kaya akan senyawa tanaman seperti flavonoid dan karotenoid yang dapat membatasi pembentukkan meupun efek radikal bebas.

Sedangkan vitamin K di dalamnya bekerja sama dengan trombosit, yakni jenis sel yang membentuk gumpalan atau pembekuan darah.

3. Membantu pengendalian kadar gula dalam darah

3. Membantu pengendalian kadar gula dalam darah
Pexels/Klaus Nielsen

Makanan kaya serat seperti rumput laut, ini bisa membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. 

Bahwa senyawa fucoxanthin pada rumput laut dapat secara langsung mengurangi penanda diabetes tipe 2 dan faktor risiko diabetes lainnya seperti peradangan. Bahkan termasuk kadar lemak tinggi dan sensitivitas insulin.  Jadi mengonsumsi rumput laut pasca persalinan akan mengendalikan kadar gula dalam darah Mama dan mengelola lonjakan gula setelah makan makanan tinggi gula.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan
Pixabay/Alicia_Harper

Setelah melalui proses persalinan, mulailah menambahkan rumput laut ke dalam makanan Mama. Pasalnya, rumput laut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Artinya, rumput laut mungkin merupakan makanan yang ideal untuk usus. Ini karena rumput laut cenderung mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Ditambah lagi, serat dari rumput laut bisa memberi makan bakteri usus. Termasuk memberi tubuh banyak serat prebiotik yang menyehatkan usus. Pada gilirannya akan membantu mengatasi masalah, salah satunya sembelit atau diare.

5. Membantu menurunkan berat badan dan mencegah makan berlebihan

5. Membantu menurunkan berat badan mencegah makan berlebihan
Pexels/Ketut Subiyanto

Apakah Mama memiliki kenaikan beberapa berat badan setelah kelahiran bayi?

Bahwa serat di dalam rumput laut dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah makan berlebihan.

Dirilis dari Timesofindia, rumput laut rendah kalori dan tinggi lemak omega 3 dan serat. Dengan demikian, mengonsumsi rumput laut bisa membuat kamu kenyang lebih lama.  Apalagi zat yang ditemukan dari rumput laut berpotensi meningkatkan produksi protein dan melancarkan metabolisme serta mengubah lemak menjadi energi.

Nah, Mama sudah tahu 5 manfaat rumput laut setelah melahirkan. Yuk, konsumsi rumput laut baik dengan cara disup atau sebagai camilan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.