TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memainkan Peran Penting, Cek 5 Daftar Enzim yang Ditemukan dalam ASI

ASI bisa memberikan beberapa enzim yang ideal untuk kesehatan bayi, Ma!

6 April 2022

Memainkan Peran Penting, Cek 5 Daftar Enzim Ditemukan dalam ASI
Pexels/RODNAE Productions

Aktivitas menyusui memang keputusan terbaik, Ma. Pasalnya, ASI akan memberikan nutrisi yang ideal untuk bayi. Termasuk memiliki campuran vitamin, protein dan lemak yang hampir sempurna. Semua kandungan itu dibutuhkan bayi baru lahir.

Ditambah lagi, ASI mengandung enzim dan antibodi yang membantu bayi melawan virus maupun bakteri. Artinya, bayi yang disusui secara eksklusif selama 6 bulan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit tertentu. 

Sementara 5 kandungan enzim pada ASI sangat memainkan peran penting dalam kesehatan dan perkembangan bayi. Berikut Popmama.com berikan ulasan selengkapnya:

1. Amilase akan menjadi partikel yang lebih mudah diserap

1. Amilase akan menjadi partikel lebih mudah diserap
Pexels/Pixabay

Ketahuilah, bahwa ASI mengandung sejumlah besar enzim. Salah satunya adalah enzim amilase yang bertanggung jawab membantu tubuh memproses karbohidrat menjadi gula sederhana.

Selain itu, peran enzim amilase atau dikenal sebagai enzim pencernaan juga bertindak mempercepat reaksi kimia spesifik yang mempertahankan kehidupan di dalam tubuh. Dimana enzim ini memecah molekul yang lebih besar menjadi partikel lebih mudah diserap.

Bahkan enzim amilase digunakan tubuh untuk mengkompensasi bayi baru lahir, salah satunya berfungsi pada pankreas yang belum matang. Pasalnya, bayi dilahirkan dengan pankreas yang belum matang. Maka dari itu, mereka perlu mendapatkan sebagian besar enzim pencernaan melalui ASI.

Editors' Picks

2. Laktoferin mendukung respons imun

2. Laktoferin mendukung respons imun
Pexels/Helena Lopes

Enzim laktoferin adalah salah satu jenis protein dengan aktivitas enzimatik yang membantu bayi menyerap zat besi. Laktoferin sendiri termasuk protein alami yang ditemukan dalam ASI dan cairan tubuh. 

Dimana laktoferin bersifat antimikroba dan modulator yang kuat dari sistem kekebalan tubuh. Sebagai enzim yang terdapat pasa ASI, laktoferin dapat meningkatkan status zat besi dan sistem kekebalan.

Dimana laktoferin terbukti mendukung respons imun dan berkontribusi pada respons antivirus. Ini mungkin mendukung ketahanan, sehingga lebih baik mengatasi stresor imun dan status imun yang menguntungkan. Bahkan mencegah E. coli menempel pada sel dan membantu mencegah diare pada bayi.

3. Lisozim bertindak sebagai antibiotik alami

3. Lisozim bertindak sebagai antibiotik alami
Pexels/Wendy Wei

Lisozim adalah jenis enzim baik yang ada di dalam ASI. Khususnya, sekelompok enzim ini juga dikenal sebagai hidrolase glikosida. Dimana nama tambahan untuk enzim ini termasuk N-acetylmuramide glycanhydrolase dan muramidase. 

Selain itu, banyak spesies bakteri memiliki ikatan di dinding selnya dan menyediakan lisozim dengan sifat antibakteri. Bahwa enzim lisozim pun akhirnya bertindak sebagai antibiotik alami, Ma.

Plus, jenis enzim tersebut sangat bermanfaat dalam melindungi bayi yang disusui dari bakteri seperti E. coli dan Salmonella. Kadar lisozim dari ASI meningkat seiring transisi ASI dari kolostrum ke ASI.

4. Lipase diperlukan untuk bayi baru lahir

4. Lipase diperlukan bayi baru lahir
Freepik/pvproductions

Tahukah Mama? Bahwa lipase pada ASI termasuk jenis enzim yang memecah lemak selama pencernaan. Dengan demikian, enzim lipase dapat digunakan untuk gangguan dispepsia dan masalah pencernaan lainnya.

Dilansir dari Healthline, lipase adalah enzim penting yang membantu bayi memecah ASI. Dimana lipase bisa mencerna dan menyerap nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. 

Jadi lipase atau enzim pencerna lemak, ini sangat diperlukan bayi baru lahir untuk sepenuhnya menggunakan lemak dalam ASI. Lipase memecah lemak susu dan memisahkannya menjadi asam lemak bebas dan gliserol (sejenis karbohidrat).

5. Protease yang sangat vital untuk kesehatan

5. Protease sangat vital kesehatan
Freepik/yanalya

Dalam perkembangan bayi baru lahir, ia cenderung menghasilkan sedikit asam lambung dan mengekspresikan aktivitas protease yang rendah. Dengan Mama memberikan ASI secara eksklusif, maka ia akan mendapat enzim protease dari susu yang ia minum.

ASI secara efektif memiliki serangkaian protease yang diaktifkan di dalam bayi. Bahwa enzim protease yang juga dikenal dengan nama peptidase, proteinase atau proteolitik adalah salah satu jenis kelompok enzim yang sangat vital untuk kesehatan.

Dirilis dari Webmd, enzim proteolitik (protease) merupakan enzim yang memecah protein. Enzim ini memecah protein dalam tubuh maupun pada kulit. Bahkan mungkin membantu pencernaan atau pemecahan protein yang terlibat dalam pembengkakan dan nyeri.

Ma, itulah kelima enzim yang ada pada ASI. Yuk, berikan ASI pada bayi untuk pencernaannya setelah lahir.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk