Super Komplit, Inilah Kandungan Vitamin dalam ASI Mama

Kebaikan ASI yang masih belum tergantikan oleh susu formula

18 Juli 2020

Super Komplit, Inilah Kandungan Vitamin dalam ASI Mama
freepik.com/vershinin89

Para ahli kesehatan di seluruh dunia sepakat bahwa ASI adalah sumber gizi dan nutrisi terbaik bagi bayi sebelum ia berusia enam bulan. Tetapi, seringkali kita bertanya-tanya, sehebat apa sih ASI? Apa saja vitamin yang terkandung di dalamnya? 

Secara alami, apabila Mama menjalankan pola hidup sehat dan diet yang bergizi serta berimbang, tubuh mama akan memproduksi ASI yang tinggi nutrisi dan vitamin untuk mendukung tumbuh-kembang bayi. 

Berikut Popmama.com merangkum jenis-jenis vitamin yang terkandung di dalam ASI, dilansir dari Very Well Family:

1. Vitamin A

1. Vitamin A
Unsplash

ASI mama mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan penglihatan bayi. Kolostrum yang diproduksi pada awal-awal masa menyusui, mengandung dua kali lipat vitamin A ketimbang transitional atau mature milk. Kandungan vitamin A yang tinggi, terutama beta karoten, di dalam ASI yang membuat ASI mama terkadang berwarna kuning keoranyean.

2. Vitamin D

2. Vitamin D
freepik.com

Vitamin D membantu pertumbuhan rambut dan gigi yang kuat. Vitamin ini terdapat pada ASI mama, tetapi jumlahnya bervariasi tergantung dari seberapa banyak vitamin D yang didapatkannya. Ketika bayi tidak mendapatkan cukup vitamin D, ia menjadi lebih mudah terserang penyakit, terutama penyakit Rakhitis. Rakhitis menyebabkan tulang menjadi lunak yang dapat menimbulkan kaki patah, menekuk, dan masalah tulang lainnya.

Editors' Picks

3. Vitamin E

3. Vitamin E
irishtimes.com

Vitamin E berfungsi melindungi membran sel di mata dan paru-paru. Kandungan vitamin E dalam ASI sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, bayi yang minum ASI tidak perlu lagi suplemen vitamin E tambahan.

4. Vitamin K

4. Vitamin K
Freepik/Blanscape

Vitamin K berperan untuk pembekuan darah yang membantu menghentikan perdarahan. Vitamin ini diberikan kepada semua bayi saat mereka dilahirkan. S

dosis vitamin K diberikan saat lahir, bayi sehat yang disusui dan ibunya tidak lagi memerlukan suplemen vitamin K tambahan. Bayi telah mendapatkannya dari ASI sang Mama. Tetapi jika ada kekhawatiran tentang kadar vitamin K pada bayi, dokter akan meresepkan suplemen vitamin K untuk meningkatkan kadarnya dalam ASI mama.

5. Vitamin B6

5. Vitamin B6
freepik.com/yanalya

Vitamin B6 dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi yang sehat. Apa yang Mama konsumsi memengaruhi jumlah vitamin B6 dalam ASI mama. Jika Mama sudah memiliki kebiasaan makan yang sehat, Mama tak perlu mengonsumsi suplemen vitamin B6. Dosis suplemen B6 harian akan meningkatkan jumlah vitamin B6 dalam ASI yang dianggap aman dan ideal.

6. Vitamin B12

6. Vitamin B12
freepik.com/a3pfamily

Vitamin B12 penting untuk pertumbuhan sel dan tumbuh-kembang sistem saraf awal. Jenis vitamin ini mengalir dalam ASI apabila Mama mengonsumsi produk-produk hewani seperti susu dan telur. Apabila Mama menganut diet vegetarian atau vegan, kandungan vitamin B12 dalam ASI biasanya akan kurang. 

7. Vitamin B kompleks

7. Vitamin B kompleks
Javi_indy / Freepik

Thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), dan pantothenic acid (B5) adalah jenis vitamin B yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi yang diperlukan untuk bertumbuh, berkembang, dan berfungsi. Jenis vitamin B ini dibutuhkan bayi untuk perkembangan kulit, rambut, mata, dan sistem saraf termasuk otak. 

Agar bayi mendapatkan keseluruhan vitamin B ini dengan baik, Mama perlu memerhatikan apa yang Mama konsumsi. Kekurangan gizi dapat menyebabkan ASI mama mengandung vitamin B kompleks yang kurang.

Itulah beberapa vitamin yang terkandung di dalam ASI.

Penting untuk memberi asupan tubuh dengan nutrisi dan vitamin yang lengkap selama masa menyusui karena apa yang Mama konsumsi, nantinya akan menjadi cadangan energi dan substansi yang berpengaruh pada tumbuh-kembang bayi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.