TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Merawat si Kecil ala Vivi Veronica, Jangan Lupa Harus Bahagia

Selain fokus dalam merawat bayi, Mama juga harus fokus pada kebahagiaan mama

28 September 2022

Tips Merawat si Kecil ala Vivi Veronica, Jangan Lupa Harus Bahagia
Instagram/veronicavivi

Menjadi orangtua bukanlah hal yang mudah. Ada banyak rintangan yang perlu dihadapi semasa merawat buah hati dari lahir hingga tumbuh besar nanti.

Sebelum melahirkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua, terutama Mama. Hal ini dikarenakan, Mama adalah orang yang lebih sering merawat si Kecil setelah lahir hingga tumbuh besar nanti.

Oleh karena itu, sebelum melahirkan si Kecil, Mama perlu mempersiapkan diri secara mental, fisik, serta menggali banyak pengetahuan seputar merawat bayi. Agar nantinya, Mama tidak akan sering stres ketika mengasuh bayi.

Membekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan menjadi seorang ibu merupakan hal yang paling penting dalam merawat bayi. Selain itu, me time juga menjadi hal penting lainnya untuk mengurangi stres.

Hal ini disampaikan oleh Vivi Veronica yang merupakan istri pebisnis Dennis Hadi sekaligus menantu Puspa Dewi dalam peluncuran ASI booster dari Momsy sekaligus talkshow parenting yang bertemakan “Asah, Asih, Asuh” pada Senin (26/9/2022) lalu.

Berikut Popmama.commerangkum 4 tips merawat si Kecil ala Vivi Veronica. Yuk disimak, ya, Ma!

1. Mempersiapkan dan membekali diri sebelum melahirkan

1. Mempersiapkan membekali diri sebelum melahirkan
Instagram/veronicavivi

Penting bagi calon Mama untuk mempersiapkan diri sebelum melahirkan si Kecil. Pasalnya, Mama akan dihadapkan banyak hal yang harus diketahui, seperti cara mengasuh bayi, cara pemberian ASI, dan lain sebagainya.

Menurut Vivi, calon Mama harus mempersiapkan diri dengan cara banyak belajar mengenai hal-hal yang akan terjadi ketika sudah menjadi seorang Mama.

“Jadi mempersiapkan diri itu bisa dari banyak belajar atau banyak nonton Youtube tentang hal-hal yang nanti akan terjadi pas lagi jadi ibu, contohnya cara mengASIhi, pemberian ASI seperti apa? Kayak cara mompa seperti apa? Cara menyusui seperti apa? Cara penyimpanan ASI seperti apa? Jadi seperti membekali diri sendiri dulu sebelum baby-nya keluar,” ucap Vivi.

Editors' Picks

2. Jangan pernah membandingkan Mama dan bayi lain

2. Jangan pernah membandingkan Mama bayi lain
Instagram/veronicavivi/puspadewihc

Tanpa disadari, seringkali Mama membandingkan pola mengasuh si Kecil dengan cara mengasuh ibu lain.

Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada kesehatan mental mama yang dapat membuat Mama merasa frustasi, tidak bahagia, memiliki negative vibes, dan bahkan merasa bersalah pada bayi.

Di dunia ini, tidak ada ibu yang paling sempurna untuk dibandingkan sebagai kriteria dan panutan untuk Mama. Melainkan, Mama dapat menjadi ibu yang terbaik untuk si Kecil. Hal ini dikarenakan, bayi hanya membutuhkan Mamanya setiap hari.

“Jadi sebenarnya, gak ada ibu yang sempurna. Aku selalu taruh di pikiran kalau anak kita tuh cuma butuh kita kok, bukan butuh ibu yang seperti di luar sana. Jadi kayak, kita udah paling sempurna, dan jangan bandingkan kita dengan ibu orang lain, apalagi kalau dibandingkan berdasarkan media sosial,” ujar Vivi saat peluncuran produk ASI Booster  Momsy.

Momsy  sendiri merupakan produk untuk mendukung para mama yang sedang menyusui. Uniknya ini menjadi hadiah untuk ulang tahun Puspa Dewi ke-55 dari keluarga, sekaligus hadiah untuk para mama.

Berbagi cerita dari pengalaman dalam membesarkan kedua putranya, Dennis Hadi dan Daniel Hadi, yang ia jelaskan dalam acara talkshow parenting yang diadakan di hotel di JW Luwansa, Puspa Dewi menjelaskan bagaimana pentingnya Asi Eksklusif untuk pertumbuhan kedua putranya, dan bahkan untuk kedua cucunya saat ini.

“Dulu di jaman menyusui saya ada kendala di produksi ASI yang kurang, jadi harus rebus sayur-sayuran atau minuman herbal yang katanya bisa membantu melancarkan ASI saya walaupun rasanya yang tidak enak, dari situ kepikiran gimana ya caranya yang lain nggak perlu ngalamin seperti apa yang saya alami jadi saya kepikiran untuk buat produk Momsy ini, bestienya mommy-mommy” Ujar Puspa Dewi.

Berbekal dari pengalaman diatas, Puspa Dewi membuat produk yang disebut dengan Momsy untuk menjadi sahabat para mama dan membantu mereka mengatasi permasalahan dalam menyusui agar tidak mengalami permasalahan seperti yang ia alami.

3. Mencintai diri sendiri dengan meluangkan waktu

3. Mencintai diri sendiri meluangkan waktu
instagram/veronicavivi

Tips ini menjadi poin penting bagi calon Mama ketika merawat si Kecil nantinya. Pasalnya, ketika sudah memiliki bayi, sebagian besar waktu Mama hanya akan tertuju pada bayi mama. Sehingga, Mama tidak memiliki waktu untuk meluangkan waktu untuk diri mama sendiri.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat penting, karena dapat mengurangi stres selama mengurus bayi. Ketika Mama stres, tentunya akan memberikan dampak buruk pada si Kecil, misalnya ASI yang tidak keluar yang menyebabkan bayi tidak mendapatkan asupan satu-satunya.

Tips untuk calon Mama dari Vivi, yaitu cobalah untuk memikirkan diri sendiri terlebih dahulu dengan cara meluangkan waktu untuk mencintai diri sendiri. Karena, bayi akan sehat jika Mama merasa bahagia terlebih dahulu.

4. Mama yang baru melahirkan harus sadar, bahwa tak bisa semua harus dilakukan sendirian

4. Mama baru melahirkan harus sadar, bahwa tak bisa semua harus dilakukan sendirian
Instagram/veronicavivi

Tips terakhir untuk calon Mama, yaitu membutuhkan bantuan keluarga atau pengasuh untuk membantu mengurus bayi. Karena, mengurus bayi sendirian bukanlah hal yang mudah untuk calon Mama.

Setiap harinya, Mama harus siap sedia untuk memomong si Kecil seharian tanpa beristirahat. Dalam waktu yang bersamaan, misalnya bayi mama menangis di saat Mama sedang memompa ASI, tentunya hal ini tidak dapat dilakukan secara sekaligus oleh satu orang saja.

Oleh karena itu, Vivi menyarankan kepada calon Mama untuk jangan segan meminta bantuan kepada anggota keluarga di rumah atau merekrut baby sitter untuk membantu menjaga dan merawat si Kecil. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk Mama agar tidak mudah kelelehan selama mengurus bayi.

Seperti dari tagline Momsy, yaitu “Happy Mommy, Healthy Baby”, Vivi mengartikan bahwa ketika Mama bahagia, maka bayi akan sehat. Maka dari itu, kesehatan si Kecil sangat bergantung pada kebahagiaan Mama. Oleh karena itu, hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh calon Mama sebagai panduan untuk merawat si Kecil.

Itu dia tips merawat si Kecil ala Vivi Veronica untuk calon Mama yang akan mempunyai buah hati. Perlu diingat, kebahagiaan Mama merupakan faktor utama dari kesehatan si Kecil. Jadi terus bahagia, ya, Ma! 

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk