Memakai Bra Menyusui saat Tidur, Aman atau Tidak?

Tergantung ukuran payudara, Ma

11 Oktober 2021

Memakai Bra Menyusui saat Tidur, Aman atau Tidak
Freepik/pvproductions

Biasanya, perempuan melepas bra saat tidur malam. Lalu bagaimana jika baru saja melahirkan dan mau tak mau harus pakai bra saat tidur. Apakah aman?

Setelah melahirkan, banyak hal yang berubah, salah satunya pakaian. Baik itu pakaian luar ataupun dalam, semuanya harus mengikuti kebutuhan. 

Saat menyusui, banyak yang menyarankan untuk mengenakan bra menyusui saat tidur. Nah, Popmama.com akan mengulasnya lengkap untuk Mama. 

1. Perhatikan bentuk payudara

1. Perhatikan bentuk payudara
kangacare.com

Dilansir dari Verywell Family, perempuan yang punya payudara kecil biasanya tak masalah jika sedang menyusui dan tidur tanpa bra. 

Namun jika kamu punya payudara yang besar dan penuh dengan ASI, maka bra bisa membantumu merasa lebih nyaman dan mampu menyangga payudara dengan lebih baik. 

Mengenakan bra menyusui memungkinkan payudara terlindungi dari gerakan berlebih yang kadang membuat nyeri. Mengenakan bra juga membantu melindungi puting yang biasanya luka di minggu-minggu awal menyusui. 

Editors' Picks

2. Lihat berapa banyak produksi ASI

2. Lihat berapa banyak produksi ASI
Freepik/senivpetro

Di bulan-bulan pertama menyusui, besar kemungkinannya kamu sering mengalami kebocoran ASI. Apalagi saat menyusui si Kecil, biasanya payudara sebelahnya akan mengucur deras juga. 

Mengenakan bra di saat-saat seperti itu mampu melindungi baju dan sepraimu basah dari rembesan air susu. Dengan mengenakan bra, kamu bisa menempelkan breast pad sehingga susu yang rembes bisa tertahan di situ. 

3. Rasakan mana yang lebih nyaman untukmu

3. Rasakan mana lebih nyaman untukmu
Freepik/cookie_studio

Idealnya, perempuan dengan payudara kecil lebih nyaman tidur tanpa bra menyusui. Sedangkan untuk payudara besar, bra menyusui seperti tameng yang melindungi. 

Namun jika faktanya terbalik, jangan memaksakan diri. Mama tahu apa yang terbaik untuk dirimu, dan tak perlu mengikuti teori manapun untuk menentukan mana yang paling nyaman untukmu. 

4. Pastikan ukuran bra adalah yang tepat

4. Pastikan ukuran bra adalah tepat
Freepik/cookie.studio

Masih dari Verywell Family, menentukan bra menyusui yang tepat jadi hal yang tak kalah penting. Kamu perlu menemukan bra yang bahannya nyaman, lembut dan sejuk di kulit. Selain itu, ukurannya juga pas, tidak terlalu besar apalagi terlalu kecil. 

Dilansir dari Cleveland Clinic, bra yang terlalu ketat bisa memicu tersumbatnya ASI dan yang lebih parah lagi adalah pemicu terjadinya mastitis. 

5. Cobalah mengenakan nursing tank top

5. Cobalah mengenakan nursing tank top
Pexels/MART PRODUCTION

Untuk Mama yang tak tertarik mengenakan bra namun khawatir mengalami ASI rembes saat malam, maka jawabannya adalah nursing tank top. 

Atasan ini memungkinkan kamu mengenakan tanktop yang sudah memiliki pad di bagian dada. Sehingga, kamu bisa dengan mudah menempelkan breast pad di dalamnya. 

Jadi, apakah ingin memakai bra menyusui saat tidur atau tidak, sepenuhnya ada di tangan Mama. Lihat lagi kebutuhannya dan kamu pun bisa memilih yang paling nyaman.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.