5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah untuk Ibu Menyusui

Ada yang sudah tahu manfaat dari kacang merah untuk ibu menyusui?

7 Oktober 2021

5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah Ibu Menyusui
Pixabay/wuzefe

Ma, sudah tahu belum kalau kacang merah termasuk salah satu bahan makanan yang bagus untuk ibu menyusui? Kacang merah sebagai salah satu camilan sehat ini memiliki banyak nutrisi di dalamnya.

Kacang yang bentuknya hampir sama dengan bentuk ginjal ini mengandung zat besi, protein, asam folat, mineral dan nutrisi ini baik sebagai makanan pendukung ibu menyusui. 

Jika Mama sedang ingin mengetahui manfaat dari kacang merah untuk ibu menyusui, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Kenali manfaat dari kacang merah yang membuat ASI lebih lancar yuk, Ma! 

1. Memberikan energi dalam menjalani aktivitas keseharian

1. Memberikan energi dalam menjalani aktivitas keseharian
Pixabay/Insideout1

Dilansir dari Web MD, kacang merah sangat berguna untuk menjaga energi ibu menyusui ketika sedang menjalani berbagai aktivitas. 

Perlu Mama ketahui bahwa ibu menyusui membutuhkan cukup banyak energi tambahan karena harus siap sedia ketika si Kecil meminta ASI. Ketika mengonsumsi kacang merah secara rutin, maka protein dan nutrisi bergizi dapat memberikan energi untuk tubuh. 

Tak hanya protein saja yang tersimpan di dalam kacang merah, namun ada kandungan zat besi dan seng yang juga baik untuk tubuh. Kadar kalium, folat dan serat pun menjadi salah satu pilihan terbaik jika kacang merah dikonsumsi secara rutin selama proses menyusui. 

Editors' Picks

2. Membantu meningkatkan produksi ASI agar lebih lancar 

2. Membantu meningkatkan produksi ASI agar lebih lancar 
Freepik/javy_indi

Selama proses memberikan ASI eksklusif kepada si Kecil tak jarang banyak masalah yang menghambat semuanya. Untuk meminimalisir segala permasalahan yang muncul selama menyusui, ada baiknya Mama mengonsumsi kacang merah.

Dilansir dari Boldsky, kacang merah memiliki protein yang tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi ASI. 

Selain kacang merah, para ahli pun merekomendasikan untuk mengonsumsi kacang hitam, kacang polong atau kacang tanah sebagai camilan sehat selama proses menyusui.

Semakin rutin mengonsumsi kacang, maka ini dapat meningkatkan produksi ASI agar proses menyusui si Kecil menjadi lebih lancar. 

3. Membantu kesehatan dan proses perkembangan 

3. Membantu kesehatan proses perkembangan 
Pixabay/jeonsango

Ma, protein yang terkandung pada ASI tentu memberikan manfaat positif untuk bayi sebagai pembentukan dan pemeliharaan bagian-bagian tubuhnya mulai dari tulang, otot dan otak. 

Jika Mama yang sedang menjalani proses menyusui secara eksklusif, maka perlu mendapatkan asupan kacang merah karena selain protein ada juga kandungan vitamin B. Perlu diketahui bahwa vitamin B pada kacang merah membantu produksi serta nutrisi ASI menjadi lebih optimal. 

Baca juga: Ini Dia 7 Manfaat Mengonsumsi Kacang Merah Bagi Ibu Hamil

4. Memperkecil risiko bayi terserang penyakit jantung 

4. Memperkecil risiko bayi terserang penyakit jantung 
health.com

Dilansir dari Whfoods, sebuah studi dilakukan dengan membandingkan pola konsumsi kacang merah dari beberapa negara. Hasil dari studi tersebut menemukan fakta bahwa penduduk di sebuah negara yang sering mengonsumsi kacang merah memiliki risiko lebih kecil untuk terserang penyakit jantung. 

Penurunan risiko terserang penyakit jantung ini hampir sekitar 82 persen, sehingga para ilmuwan mengatakan bahwa kacang merah bisa dijadikan camilan sehat.

Beberapa nutrisi dari kacang merah seperti asam folat, serat hingga magnesium berfungsi untuk menurunkan risiko bayi terkena penyakit jantung. 

5. Mendukung penurunan berat badan menjadi lebih ideal

5. Mendukung penurunan berat badan menjadi lebih ideal
Pixabay/PublicDomainPictures

Berat badan pasca kehamilan terkadang membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Ketahuilah bahwa kacang dapat mendukung tujuan penurunan berat badan, termasuk kacang merah. 

Kandungan serat yang ada di dalam kacang dapat membantu dalam mengurangi berbagai asupan makanan tambahan, sehingga membuat Mama menjadi lebih kenyang. Kacang merah dirasa cocok bila sedang berkeinginan menurunkan berat badan dengan mengonsumsinya secara rutin. 

Meskipun begitu, perlu memerhatikan kalau bayi bisa mengalami kolik ketika Mama terlalu mengonsumsi kacang terlalu banyak dan memengaruhi nutrisi di dalam ASI. Jika kolik terjadi, sebaiknya perlu mengurangi atau berhenti mengonsumsi kacang selama masih memberikan ASI eksklusif.

Untuk meminimalisir terjadinya kolik, Mama pun perlu merebus kacang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Selain itu, kacang merah bisa juga direndam di dalam air dan pastikan untuk mengganti airnya sampai 2-3 kali sebelum dimasak. 

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi kacang merah yang bisa dirasakan oleh ibu menyusui. Semoga camilan sehat yang satu ini dapat memberikan manfaat positif selama memberikan ASI eksklusif ya, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.