Menyusui dengan Satu Payudara, Seorang Mama Sempat Jalani Mastektomi

Bo Smith tidak pernah mengira aku akan menjadi seorang Mama

9 Februari 2019

Menyusui Satu Payudara, Seorang Mama Sempat Jalani Mastektomi
Facebook.com/Bo Smith

Saat Bo Smith mengetahui bahwa dia menderita kanker payudara stadium tiga. Dirinya sempat tidak pernah berpikir akan hamil apalagi menyusui. Tetapi setelah mengalahkan kanker dan melakukan mastektomi, Bo Smith bisa melakukan keduanya. 

Sebagai seorang Mama baru, kejadian yang terjadi pada hidupnya merupakan sebuah mukjizat. Bo Smith pertama kali didiagnosis pada Februari 2015 setelah dia menemukan benjolan abnormal di payudara kirinya. 

Dokter mengatakan bahwa benjolan yang terdapat pada payudara kirinya merupaka sebuah kanker yang meradang. Suatu bentuk penyakit yang langka, namun sangat agresif serta berbahaya untuk kesehatannya.

Smith kemudian menjalani lebih dari 44 kemoterapi, 6 kali perawatan dengan obat-obatan hingga melakukan mastektomi untuk mengangkat payudara kirinya. “Saya ingin menjaga payudara kanan saya, karena jika ada kesempatan saat saya dapat memiliki anak di masa depan. Saya ingin bisa menyusui mereka,” katanya kepada PEOPLE yang dilansir dari Fatherly.

1. Bo Smith bertekad ingin hamil secara alami

1. Bo Smith bertekad ingin hamil secara alami
Pixabay/PublicDomainPictures

Satu tahun setelah diagnosisnya pada bulan Februari 2016, Smith mengetahui bahwa dirinya sedang dalam remisi. Namun, dirinya perlu harus menunggu dua tahun lagi sebelum dia berusaha untuk hamil walau kemungkinannya sangat sulit. 

Terlepas dari saran dokter untuk melakukan program IVF untuk meningkatkan peluang kehamilannya, Smith memutuskan untuk mencoba hamil secara alami.

Usai memutuskan dan bertekad untuk hamil secara alami ternyata ada kabar yang mengejutkannya, Bo Smith hamil setelah dua bulan kemudian. "Itu mengejutkan," katanya kepada PEOPLE

“Ketika saya didiagnosis akan sulit untuk hamil. Saya mengira hal tersebut benar dan saya tidak akan pernah menjadi seorang Mama. Saya bahkan tidak pernah membayangkan berada di titik ini," ucap Bo Smith. 

Editors' Picks

2. Bo Smith tebar inspirasi mengenai kisah hidupnya

2. Bo Smith tebar inspirasi mengenai kisah hidupnya
Unsplash/Hybrid

“Jangan pernah malu akan bekas luka. Itu hanya berarti kamu lebih kuat dari apa pun yang pernah mencoba menyakitimu. Saya tidak bisa mulai menjelaskan bagaimana rasanya sudah setiap hari bisa menyusui anak saya. Setelah kehilangan satu payudara karena kanker dan diberi tahu bahwa saya mungkin tidak akan pernah memiliki anak, saya tidak pernah malu dengan tubuh ini. Inilah yang terus mengingatkan betapa beruntungnya saya ketika berada di sini hari ini," tulis Bo Smith di salah satu unggahan Facebook pribadinya. 

Melalui tulisannya, Bo Smith seolah memberikan inspirasi tersendiri untuk seluruh perempuan yang sedang berjuang melawan kanker payudara. Selain itu, dirinya pun memberikan pandangan baru mengenai arti kehidupan.

Tekad yang dimiliki oleh Bo Smith dibantu dengan usaha serta doa membuat mimpinya terwujud untuk bisa hamil secara alami. Bahkan kini Bo Smith bisa benar-benar menyusui anaknya walau hanya menggunakan satu payudara di bagian kanan karena sisi lainnya sempat diambil melalui tindakan mastektomi. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui sedikit informasi mengenai mastektomi, tidak perlu khawatir karena Popmama.com sudah merangkumnya. 

Semoga informasi mengenai mastektomi ini bisa berguna dan memberikan pengetahuan baru ya, Ma!

Baca juga: 7 Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

3. Apa itu Mastektomi? 

3. Apa itu Mastektomi 
Unsplash/Piron Guillaume

Mastektomi adalah langkah medis dengan melakukan operasi pengangkatan payudara. Di era yang sudah modern ini, mastektomi tidak hanya dilakukan sebagai tindakan dalam mengatasi kanker payudara saja. Namun, mastektomi dilakukan sebagai tindakan pencegahan yang berguna dalam menekan risiko munculnya berbagai penyakit di area payudara. 

Mastektomi sendiri akan mengangkat salah satu atau kedua payudara secara keseluruhan. 

Setelah berhasil menjalani operasi mastektomi, pasien akan dianjurkan untuk melanjutkan rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit. Rawat inap ini perlu dilakukan sebagai fase dalam rangka proses pemulihan pasca operasi. 

Selain itu, pasien akan diberikan gerakan-gerakan seperti olahraga ringan. Tujuan dari olahraga ringan ini tentunya dapat memberikan kekuatan tubuh serta membantu dalam meringankan rasa kaku pada sisi tubuh yang menjalani operasi mastektomi. 

Itulah sekilas penjelasan mengenai mastektomi. Semoga kisah dari Bo Smith bisa memberikan informasi yang dapat memberikan pembelajaran hidup ya, Ma. 

Baca juga: Demi Kesehatan, Begini Cara Menurunkan Risiko Kanker Payudara