4 Pilihan Merek Obat Flu untuk Ibu Menyusui serta Efek Sampingnya

Setiap obat yang ingin dikonsumsi selama menyusui perlu diperhatikan dengan baik ya, Ma

10 Juni 2021

4 Pilihan Merek Obat Flu Ibu Menyusui serta Efek Sampingnya
Pexels/Andrea Piacquadio

Flu memang bisa terjadi pada siapa saja yang imunitas tubuhnya sedang menurun, termasuk ibu menyusui. Karena masih harus memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil, ada banyak mama masih takut memilih obat yang cocok untuk mengatasi flu. 

Meminum obat selama menyusui memang tidak boleh sembarangan dan perlu diperhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan obat bisa memberikan efek samping pada bayi melalui ASI. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa merek obat flu untuk ibu menyusui, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak rekomendasinya agar tidak salah minum obat yuk, Ma!  

1. Antihistamin

1. Antihistamin
Pexels/Anna Shvets

Antihistamin termasuk obat yang bisa dikonsumsi untuk mengobati flu akibat reaksi alergi. Perlu diketahui bahwa obat flu yang mengandung antihistamin mampu mengatasi berbagai gejala penyerta, sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Antihistamin termasuk obat flu yang memiliki efek samping tersendiri, yakni membuat seseorang mengantuk. Maka dari itu, hindari mengendarai kendaraan setelah mengonsumsinya. 

Pastikan untuk beristirahat yang cukup agar kondisi membaik. 

Editors' Picks

2. Dekongestan

2. Dekongestan
Freepik/racool_studio

Dekongestan tergolong sebagai obat flu yang relatif aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. 

Perlu diketahui bahwa dekongestan memiliki kandungan pseudoephedrine atau phenylephedrine, sehingga mampu melegakan hidung yang sedang tersumbat. 

Walau dekongestan relatif aman, namun cara kerja obat ini bisa memengaruhi kegiatan selama proses menyusui si Kecil. Pasalnya, pada sebagian orang, dekongestan bisa menyebabkan mual dan sakit kepala. Maka dari itu, Mama perlu berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi dekongestan agar sesuai dengan takaran yang dianjurkan. 

3. Ibuprofen

3. Ibuprofen
blibli.com

Jika Mama yang sedang menyusui mengalami flu sewaktu-waktu, maka bisa mengonsumsi ibuprofen. Ibuprofen dipercaya termasuk obat flu yang aman untuk ibu menyusui dan si Kecil, termasuk tidak akan memengaruhi produksi ASI. 

Ketika mengonsumsi ibuprofen dengan dosis yang tepat bisa mengurangi gejala demam, nyeri ringan pada otot serta sakit kepala akibat flu. 

Beberapa gejala yang terjadi selama flu bisa hilang dengan minum ibuprofen yang sesuai dengan dosis dari dokter. 

Dilansir dari idai.or.id, Mama perlu memerhatikan reaksi yang mungkin terjadi pada bayi sehabis mengonsumsi obat tertentu. Apabila ada reaksi alergi berupa ruam kemerahan di pipi atau badan, diare atau perubahan pola tidur sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter. 

4. Paracetamol

4. Paracetamol
hdmall.id

Paracetamol termasuk salah satu rekomendasi obat flu yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini dikarenakan asupan obat ini tidak akan memengaruhi produksi ASI untuk si Kecil. 

Paracetamol yang dikonsumsi sesuai dengan ajuran dokter akan mampu meringankan gejala penyerta flu, termasuk jika Mama yang mulai mengalami nyeri ringan, demam dan suhu tubuh naik. 

Selain itu, pastikan tidak mengonsumsi obat lain agar paracetamol bisa bekerja dengan baik di dalam tubuh. 

Dilansir dari idai.or.id, efek penggunaan paracetamol pada bayi yang sedang menyusui akan menyebabkan bercak kemerahan di bagian tungkai atas dan wajahnya.

Nah, itulah beberapa pilihan merek obat flu untuk ibu menyusui. Mama tetap perlu berkonsultasi secara langsung dengan dokter, sehingga asupan obat dapat dikonsumsi secara tepat. 

Konsultasi juga berguna untuk mengetahui efek samping dari obat flu tersebut. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.