hanco

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pasca Persalinan a la Alexa Jean

Perubahan bentuk tubuh pasca persalinan jangan dibawa stres, ini tipsnya dari Alexa Jean

14 Juni 2019

Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pasca Persalinan a la Alexa Jean
Instagram.com/alexajeanbrown

Alexa Jean dikenal sebagai Health and Beauty Influencer setelah ia memiliki aplikasi fitnes untuk menjaga kesehatan tubuh. Ia adalah seorang Mama yang gemar menjaga tubuhnya dengan rajin berolahraga.

Alexa juga punya aplikasi filtering untuk edit foto agar tampilan feed instagram jadi tampak lebih indah. Bersama keluarganya, ia sering membagikan foto melalui akun instagram @alexajeanbrown miliknya.

Namun, Alexa sempat takut harus mengunggah fotonya sendiri setelah melahirkan. Apalagi saat harus memakai pakaian renang karena membuatnya tidak nyaman. 

Pasca 3 bulan persalinan, Alexa mulai membagikan pengalaman pribadinya ketika mulai berusaha berdamai dengan tubuh sendiri. Alexa sempat malu untuk mengunggah beberapa foto ketika menggunakan pakaian renang padahal momen tersebut diabadikan bersama anak-anaknya di pantai.

Suatu ketika akhirnya Alexa merenung untuk berhenti berpikiran negatif terhadap tubuhnya sendiri. Rasa tidak nyaman ketika ingin mengunggah sebuah momen bersama anak-anak di pantai membuatnya kehilangan banyak kenangan berharga.

We aren’t all blessed with the incredible “bounce back” genes and that’s okay, we’ve been blessed to create life! 

I bet we’d find a whole bunch of freedom and fulfillment in letting go of what people might think of us, if we chose to just be where we are, present in the moment. So let’s do it friends! Let’s take our lives back and find peace in our perfectly imperfect selves.

Begitulah kata-kata dari Alexa yang berharap kalau ia dan semua orang dapat menemukan ketenangan terhadap tubuhnya sendiri pasca melahirkan. Bahkan Mama tiga orang anak ini mengajarkan bahwa berdamai terhadap ketidaksempurnaan perlu dilakukan. 

Untuk Mama yang sedang meningkatkan kepercayaan diri terhadap perubahan bentuk tubuh pasca persalinan, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa tipsnya. 

Perlu diterapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri nih, Ma!

1. Menikmati berbagai momen kebersamaan dengan anak

1. Menikmati berbagai momen kebersamaan anak
Instagram.com/alexajeanbrown

Usai persalinan memang sulit ketika harus memahami tubuh sendiri. Tak jarang ada yang seringkali mengeluh dan membanding-bandingkan diri sendiri dengan kondisi tubuh orang lain. 

Kebiasaan buruk seperti itu justru membuat kondisi mental semakin menurun, sehingga memicu rasa tidak percaya diri. Jika Mama masih menjalani masa-masa cuti melahirkan, usahakan menikmati kebersamaan dengan si Kecil.

Perbanyak juga informasi mengenai tumbuh kembang anak serta belajar proses saat menjadi orangtua baru.

Mama bisa menjadikan anak sebagai motivasi tersendiri dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Bahkan keberadaan si Kecil dapat mengalihkan pikiran negatif terhadap kondisi bentuk tubuh. 

Jadikan kebersamaan bersama anak menjadi momen-momen yang membahagiakan yuk, Ma!

Baca juga: 

Editors' Picks

1. Belajar untuk mencintai diri sendiri pasca persalinan

1. Belajar mencintai diri sendiri pasca persalinan
Instagram.com/alexajeanbrown

Banyak perempuan yang mulai tidak percaya diri ketika tubuhnya mulai berubah seperti muncul gurat-gurat stretch mark atau kulit yang kendur. Padahal kunci utama yang perlu dilakukan ketika melihat bentuk tubuh pasca persalinan yaitu dengan mencintai diri sendiri. 

Sesekali cobalah berkaca di depan cermin, lalu memuji sekaligus mengatakan bahwa diri sendiri berharga. Ingatlah bentuk tubuh yang terlihat pasca persalinan menjadi bukti kalau Mama istimewa bagi si Kecil dan keluarga. 

Selain itu, lakukanlah relaksasi sejenak dengan mengunjungi berbagai tempat favorit untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif seperti melakukan pijak refleksi, traveling singkat bersama keluarga atau berbelanja kebutuhan si Kecil. 

Walau sederhana berbagai cara ini dapat membantu hidup menjadi lebih bahagia tanpa memikirkan bentuk tubuh pasca persalinan. 

Baca juga: 

3. Terbuka dengan saling bercerita bersama suami

3. Terbuka saling bercerita bersama suami
Instagram.com/alexajeanbrown

Setiap orang yang sudah memiliki pasangan, sebaiknya mulai mencintai diri sendiri ketika sedang ada masalah. Selain mengurangi tidak stres, pasangan pun perlu terlibat dan memberikan solusi terbaik ketika Mama sedang menghadapi permasalahan apapun termasuk masalah bentuk tubuh pasca persalinan. 

Ketika ada perasaan negatif yang memicu stres atau depresi, cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan. Salurkanlah cerita dan keluh kesah kepada orang lain yang bisa memahami.  

Minta suami untuk menjadi pendengar yang baik serta memungkinkan dirinya memberikan solusi dalam memecahkan masalah tersebut. Tanyakan apa yang harus dilakukan agar semua tidak terjadi secara berlarut-larut. 

Itulah beberapa langkah yang bisa diterapkan dalam meningkatkan kembali kepercayaan diri mengenai bentuk tubuh. Dukungan suami terhadap masalah ini begitu penting karena membuat seorang istri menjadi lebih berharga, walau terjadi perubahan terhadap bentuk tubuhnya. 

Perlu disadari bahwa rasa cinta dan pendampingan seorang suami dapat membantu selama proses pemulihan pasca persalinan nih, Ma. 

Baca juga: Cegah Postpartum Blues, Claradevi Berusaha Memahami Tubuhnya Sendiri

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!