Sempat Alami Kontraksi Palsu, Acha Sinaga Melahirkan Anak Pertama

Acha sempat alami kontraksi palsu pada hari Jum'at

10 Maret 2020

Sempat Alami Kontraksi Palsu, Acha Sinaga Melahirkan Anak Pertama
Instagram.com/achasinaga

Kabar suka cita datang dari content creator, Acha Sinaga. Acha yang menetap di Australia ini baru saja melahirkan anak pertama hasil cintanya dengan sang Suami, Andy Ambarita pada Selasa (10/3/2020). 

Bertempat di Royal Prince Alfred Hospital, melalui akun Instagram pribadinya, sang suami membuat postingan mengenai kelahiran anaknya dengan hashtag #BabyLucasAmbarita #AndyAchaLucas. 

Seperti apa fakta menarik kelahiran anak pertama dari Acha Sinaga dan Andy Ambarita? Berikut Popmama.com rangkumkan untuk para penggemar akun penggemar Acha Sinaga dan Andy.

1. Sempat alami kontraksi palsu pada hari Jum'at

1. Sempat alami kontraksi palsu hari Jum'at
Instagram.com/andyamb

Pada instastory Instagramnya, Acha sempat mengungkapkan bahwa dirinya sempat alami Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Pada Instastory-nya, ia mengatakan bahwa ketika kontraksi yang ia alami kemarin Senin (10/3/2020), ia tidak tahu asli apa palsu, karena pada Jum'at ia sempat kontraksi yang dikira benar-benar akan melahirkan. 

Kontraksi palsu normal dialami ibu hamil. Lewat kontraksi tersebut, rahim tengah mempersiapkan diri guna menghadapi persalinan.

Meski normal, tetap saja Mama merasa khawatir ketika mengalami kontraksi. Apalagi, ketika hari perkiraan lahir semakin dekat, sulit membedakan mana kontraksi palsu dan kontraksi sungguhan.

Pada Senin ia baru benar-benar merasakan kontraksi sejak Minggu (9/3/2020) lalu, hingga senin pun ia pun harus ke rumah sakit untuk mempersiapkan kelahirannya. Pada hari Selasa (10/3/2020), Acha Sinaga pun melahirkan anak berjenis laki-laki di Royal Prince Alfred Hospital, Rumah Sakit di Sydney, Australia. 

Didampingi sang Suami, Acha tak berhenti mengucapkan syukur pada Tuhan atas kebaikan yang ia terima. 

"Masih nggak percaya sama apa yang terjadi hari ini :') Tuhan Yesus bener-bener baik dan ajaib," tulis Acha pada caption akun Instagramnya pada Selasa (10/3/2020). 

2. Nama sang Anak memiliki arti yang begitu indah

2. Nama sang Anak memiliki arti begitu indah
Instagram.com/andyamb

Memang hanya terdiri dari dua kata nama yang dipilihkan Acha dan Andy untuk anak pertamanya ini. Walaupun singkat, nama ini menyimpan makna yang indah bila ditelusuri. 

Bayi laki-laki Acha dan Andy ini diberi nama "Lucas Ambarita". Nama "Lucas" sendiri memiliki beberapa arti dari berbagai bahasa di dunia. Dalam bahasa Latin misalnya, "Lucas" bermakna cahaya.

Bisa juga diartikan sebagai pembawa terang bila diambil dari kata "Lucio" yang merupakan versi lain "Lucas" dalam bahasa Spanyol.

Sementara "Ambarita" diambil dari nama sang ayah, Andy Ambarita. Nama ini merupakan salah satu nama dari suku Batak di Indonesia.

Editors' Picks

3. Semasa kehamilan, Acha selalu didampingi sang Suami

3. Semasa kehamilan, Acha selalu didampingi sang Suami
Instagram.com/achasinaga

Dalam kondisi sedang hamil, perempuan biasanya akan lebih mudah merasa lelah, neyeri, dan juga pegal. Hal ini mungkin disebabkan karena kondisi mama yang sedang menopang si kecil di dalam perut.

Sebagai suami, Papa tentunya harus berperan merawat mama ketika hamil. Salah satu cara yang harus Papa lakukan agar mama tetap merasa nyaman saat hamil adalah dengan memijatnya.

Begitu pula yang dilakukan Andy Ambarita kepada Acha Sinaga. Dalam salah satu unggahan instagramnya pemeran beberapa film televisi ini membaggikan momen bahagia bila diberikan kesempatan pijat oleh suami. "Salah satu kesempatan emas kalau lagi hamil, bisa minta suami pijet dan selalu diturutin," papar Acha dalam salah satu momen kehamilan di instagramnya. 

Memberikan pijatan kepada istri baik adanya dan tentu dapat membuat Mama terhindar dari stres. Namun, pastikan papa mengetahui cara memijat ibu hamil yang baik dan benar sebelum mencoba melakukannya. 

4. Acha Sinaga sering menari saat hamil dengan aplikasi kekinian

Dalam masa kehamilan terkadang ibu hamil terlalu fokus memikirkan kondisi janin dan dirinya sendiri. Tak jarang hal ini membuat stres apalagi melihat perubahan bentuk tubuhnya selama masa hamil. 

Faktanya faktor psikologis seperti stres yang meningkat saat hamil, mampu membuat ketidakseimbangan secara hormonal serta membuat kondisi janin melemah.

Untuk mengurangi stres sebuah penelitian mengatakan bahwa melakukan latihan fisik mampu meningkatkan jumlah hormon serotononin, sehingga  mampu membuat mood ibu hamil membaik serta semakin bersemangat. 

Hal ini dilakukan oleh Acha Sinaga dengan menggunggah video menari menggunakan aplikasi kekinian. Video perdana Acha saat sedang menari ini dilakukan ketika usia kehamilannya sudah masuk minggu ke-32. 

Menurutnya, menari dengan aplikasi tersebut mampu mengalihkan rasa sakit pinggang tersebab si Kecil di dalam kandungan yang semakin memberat.

Ibu hamil yang menari dengan aplikasi musik kekinian dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres dan membantunya menjadi lebih bahagia.

Itulah informasi seputar kelahiran anak pertama Acha Sinaga dan Andy Ambarita. Semoga Lucas tumbuh dalam keadaan sehat dan menjadi anak yang ceria.

Welcome to the world, Lucas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.