Isi Waktu Luang, Acha Sinaga Buat Video Dance saat Hamil Tua

Acha Sinaga sudah tak sabar menanti kelahiran si Kecil nih, Ma!

26 Februari 2020

Isi Waktu Luang, Acha Sinaga Buat Video Dance saat Hamil Tua
Instagram.com/achasinaga

Acha Sinaga termasuk ibu hamil yang sudah tak sabar menanti kelahiran anak pertama berjenis kelamin laki-laki di tahun 2020 ini. 

Semasa menjalani kehamilan pertamanya ini, Acha seringkali membagikan motivasi positif dan beragam cerita saat hamil. Cerita yang dibagikan oleh Acha pun tak bisa dipungkiri akan memberikan inspirasi tersendiri di kehidupan orang lain, termasuk ibu hamil. 

Mau menyemangati untuk para bumils yang lagi berjuang!! Jangan pernah bandingin sama bumil lain karena setiap badan dan kondisi kehamilan berbeda, fokus untuk bersyukur saja sama keadaan badanmu dan bahagia untuk bayi yang sedang bertumbuh di rahimmu. 

Oh iya, sama jangan dibawa stress untuk ‘unwanted-advice’ yang dikasih orang-orang sekitar, just listen to your midwives or obgyn. 

Tak hanya sering membagikan beragam motivasi, Acha pun memperlihatkan bahwa dirinya bahagia dengan melakukan banyak hal selama sedang hamil. Acha pun memanfaatkan sebuah aplikasi video musik kekinian bernama Tik Tok untuk mengisi waktu-waktu senggangnya. 

Aplikasi ini memang sedang digemari banyak orang, baik orang dewasa atau anak-anak berusaha untuk turut serta melakukan beragam tantangan menari. 

Jika diperhatikan, Acha juga sempat beberapa kali mengunggah video dance dengan aplikasi kekinian ini bersama sang Suami dan teman-temannya usai ibadah. 

Video perdana Acha saat sedang menari dilakukan ketika usia kehamilannya sudah masuk minggu ke-32. Hingga saat ini, video milik Acha yang diunggah di Instagram telah ditonton lebih dari 1.000.000 kali. 

Menurut Acha, aplikasi tersebut mampu mengalihkan sakit pinggang karena si Kecil di dalam kandungan semakin berat.

Untuk Mama yang ingin mengetahui beberapa manfaat yang dirasakan oleh ibu hamil ketika sedang menari mengikuti alunan musik, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.  

1. Mengurangi tingkat stres selama hamil 

Selama masa kehamilan terkadang ibu hamil selalu memikirkan kondisi janin dan dirinya sendiri. Tak jarang ibu hamil merasa stres apalagi melihat perubahan bentuk tubuhnya selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Padahal tingkat stres yang meningkat saat hamil dapat membuat ketidakseimbangan secara hormonal serta membuat kondisi janin melemah.

Sebuah penelitian pun mengatakan bahwa melakukan latihan fisik akan mampu meningkatkan jumlah hormon serotononin, sehingga mood ibu hamil akan bertambah serta semakin bersemangat. 

Ibu hamil yang menari dengan aplikasi musik kekinian dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres dan membantunya menjadi lebih bahagia. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan energi tubuh dengan gerakan-gerakan ringan

Selama masa kehamilan, energi ibu hamil pasti akan terkuras habis. Selain tetap harus fokus menjaga kesehatan si Kecil yang masih berada di dalam kandungan, ibu hamil perlu menjalani segala rutinitas keseharian. 

Latihan fisik dengan banyak bergerak tanpa disadari dapat memperkuat sistem kardiovaskular, sehingga dapat membantu tubuh ibu hamil lebih kuat secara stamina. 

Demi menciptakan otot-otot yang kuat selama hamil, maka ibu hamil perlu melakukan banyak gerakan. Namun, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga serta mengurangi segala aktivitas yang terlalu menumpuk. 

Dengan menari dengan aplikasi musik kekinian, ibu hamil memiliki cara yang lebih menyenangkan untuk bergerak. Bahkan aplikasi-aplikasi yang hadir saat ini dapat menjadi hobi baru dalam mengisi waktu ruang. 

3. Tidur menjadi lebih rileks dan tenang 

Terkadang kualitas tidur ibu hamil sering kali terganggung karena perubahan fisik yang sedang dialaminya. 

Seiring bertambahnya usia kehamilan dan janin semakin membesar di dalam kandungan, maka permasalahan terkait kehamilan akan mungkin muncul. Tak jarang keluhan-keluhan tersebut menyebabkan tidur terganggu. 

Belum lagi saat kondisi perut sudah semakin bertambah besar, ibu hamil kesulitan dalam menemukan posisi tidur yang nyaman.

Hal-hal seperti inilah yang terkadang membuat kualitas tidur ibu hamil merasa tidak tenang. Maka dari itu, menari dengan aplikasi kekinian tanpa disadari dapat membantu kualitas tidur lebih baik dari sebelumnya.   

Menari yang termasuk ke dalam latihan fisik ringan bila dilakukan secara teratur, maka dapat membantu ibu hamil dalam meregangkan dan memperkuat otot. 

Terus bergerak atau melakukan kegiatan yang disukai saat hamil juga dapat meningkatkan kenyamanan. 

Hati-Hati Saat Menari dengan Aplikasi Kekinian Sewaktu Hamil 

Hati-Hati Saat Menari Aplikasi Kekinian Sewaktu Hamil 
Unsplash/Emma Peneder

Mengikuti tren yang sedang hits sekarang boleh-boleh saja, termasuk saat sedang hamil. 

Hanya saja perlu sekali memerhatikan keselamatan dan kesehatan janin di dalam kandungan. 

Saat sedang menggunakan aplikasi video musik kekinian untuk mengisi waktu luang, maka kondisi kendungan tetap perlu dinomorsatukan.

Berikut beberapa panduan untuk ibu hamil yang sedang gemar atau ketagihan menari dengan aplikasi video musik kekinian: 

  • Usahakan untuk menghindari gerakan berputar, melompat atau gerakan yang terlalu cepat. 
  • Tetap memperhatikan keseimbangan tubuh selama sedang menari agar tidak mudah jatuh dan menganggu kesehatan saat hamil. 
  • Tidak disarankan menari terlalu sering apalagi saat sedang mengalami nyeri panggul. 
  • Selama sedang menari tidak perlu melakukan gerakan-gerakan yang terlalu berat, pilihlah gerakan ringan sesuai dengan kemampuan. 
  • Melakukan pemanasan terlebih dahulu dan melakukan pendinginan setelah selesai. Ini berguna untuk mencegah terjadinya cedera pada salah satu sendi.

Itulah beberapa manfaat sekaligus tips agar tetap aman ketika gemar menari dengan aplikasi kekinian selama hamil. 

Ingat Ma, kondisi selama masa kehamilan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.