Manfaat Utama Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Sekarang konsumsi daun katuk nggak perlu repot lagi, Ma

25 Oktober 2018

Manfaat Utama Daun Katuk Ibu Menyusui
Popmama.com/Novy Agrina

Air Susu Ibu (ASI) merupakan kebutuhan utama bagi bayi baru lahir. Melalui ASI, Mama bisa memenuhi nutrisi bayi terutama selama di 6 bulan pertama.

Namun menurut data SDKI, dari 4,8 juta kelahiran di Indonesia setiap tahunnya, hanya 47 persen yang menerima ASI Ekslusif.

Memberikan makanan selain ASI pada bayi baru lahir merupakan salah satu penyebab yang menggagalkan pemberian ASI Eksklusif. Demikian data menurut Journal of nutrition College 2017.

Seperti dikatakan oleh dr. Ameetha Drupadi, CIMI saat ditemui pada acara peluncuran produk Lactaboost oleh Andalan Nutrisi dari DKT Indonesia,  mengatakan, "Ibu menyusui sering merasas tertekan terutama 5 hari setelah melahirkan karena masalah menyusui mulai muncul, untuk itu edukasi kepada ibu baru agar tidak merasa cemas sangat penting."

Norina Veronica selaku Product Manager Lactaboost menjelaskan bahwa "Telah dilakukan penelitian kepada 30 orang ibu menyusui. Ditemukan pada 15 ibu menyusui yang mengonsumsi ekstrak daun katuk, volume ASI meningkat hampir 50 persen dibandingkan 15 ibu menyusui yang alami atau tidak mengonsumsi daun katuk."

Norina juga memaparkan, "Di dalam 100 mili gram katuk ditemukan 69 kalori, 70 gram air, 2,5 gram protein, 11 gram karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin D."

Telah dilakukan penelitian 15 ibu menyusui konsumsi katuk meningkat hampir 50 persen dibanding 15 ibu menyusui yang alami tidak mengonsumsi daun katuk.

Manfaat daun katuk

Manfaat daun katuk
Popmama.com/Novy Agrina

Daun katuk terkenal di kalangan ibu menyusui. Bentuk daunnya lebar dan warna hijaunya lumayan pekat. Bagi sebagian orang, tanaman daun katuk susah-susah gampang untuk ditemukan. Tapi ibu menyusui harus tahu, ini dia manfaat daun katuk:

  1. Memperlancar produksi ASI
  2. Memenuhi kebutuhan mineral ibu menyusui
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui
  4. Meningkatkan kualitas asi

Selain manfaat utama daun katuk bagi ibu menyusui yang telah disebutkan di atas, katuk juga memiliki khasiat  lainnya seperti bisa menyembuhkan luka, sembelit bahkan menurunkan demam.

DKT melalui uji klinis melakukan epngujian kepada 10 ibu menyusui. Mereka bisa merasakan volume ASI dan kualitas ASI setelah mencoba produk Lactaboost, suplemen alami untuk ibu menyusui agar bisa memberikan ASI dengan lancar untuk bayinya.

“Produk ini tidak menimbulkan bau badan atau bau amis di ASI dan sudah memiliki sertifikasi BPOM,” ungkap Norina tentang produknya.

“Kami berharap ini bisa membantu ibu di Indonesia dalam proses menyusui sehingga ibu dapat memberikan ASI sebagai bentuk kesempurnaan kasih sayang ibu menyusui kepada anaknya dan anak dapat berutumbuh kembang lebih baik," tutup Norina. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.