Anak Keduanya Lahir, Raditya Dika & Istri Beri Nama Unik dan Bermakna

Inspirasi nama anak kedua Raditya Dika sempat viral dan jadi perbincangan di Twitter

4 November 2020

Anak Kedua Lahir, Raditya Dika & Istri Beri Nama Unik Bermakna
Instagram.com/anissaaziza & raditya_dika

Kabar bahagia datang dari stand up comedy-an Raditya Dika. Istrinya, Anisssa Aziza melahirkan anak kedua pada Selasa (3/11/2020) malam.

Sebelumnya, Anissa sudah melahirkan anak pertama berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Alinea Ava Nasution. Kini, anak kedua pasangan ini berjenis kelamin laki-laki dan diberi nama unik seperti anak pertamanya

Lewat instagramnya, Raditya Dika mengabarkan kabar ini dan disambut oleh ucapan selamat dari sesama rekan artis maupun penggemarnya.

Berikut Popmama.com rangkum berita terbaru soal anak kedua Raditya Dika!

1. Radit sebut anak keduanya ‘bayi manusia 2.0’

1. Radit sebut anak kedua ‘bayi manusia 2.0’
Instagram.com/raditya_dika/

Dalam akun Instagramnya, Raditya Dika mengucapka rasa bahagia akan kehadiran anak kedua dengan cara unik. Ia menyebut anaknya ‘bayi manusia 2.0’ yang berarti bayi kedua dalam keluarganya dengan Anissa Aziza.

“Selamat datang Aksara Asa Nasution, bayi manusia 2.0,” tutur Radit.

Selama kehamilan anak keduanya ini, Raditya Dika dan Anissa Aziza tidak melakukan foto maternity shoot lho. Ternyata postingan foto maternity shoot Radit dan Anissa merupakan foto ketika kehamilan pertama Anissa.

Editors' Picks

2. Raditya Dika beri nama unik untuk anak kedua

2. Raditya Dika beri nama unik anak kedua
Instagram.com/raditya_dika/

Tak hanya anak pertama yang memiliki nama dan arti unik, anak keduanya yang berjenis kelamin laki-laki juga memiliki ciri khasnya tersendiri. Dalam Instagramnya, Papa 2 anak ini memberi tahu kalau nama anaknya adalah Aksara Asa Nasution.

Jika diartikan, ‘Aksara’ berarti huruf atau sistem tulisan. Jika Alinea adalah paragraf baru dalam tulisan, maka satuan selanjutnya dalam kalimat adalah aksara sebagai huruf pertama. Lalu nama ‘Asa’ bisa berarti harapan, kata asa juga bisa bermakna semangat yang tidak putus.

Terakhir ada nama ‘Nasution’ yang merupakan marga suku Batak keluarga Raditya Dika.

3. Inspirasi nama anak kedua Raditya Dika viral di Twitter

3. Inspirasi nama anak kedua Raditya Dika viral Twitter
Instagram.com/raditya_dika/

Selain namanya yang unik, nama anak laki-laki kedua Raditya Dika ini ternyata viral di media sosial Twitter. Pasalnya, ada salah satu pengikutnya yang menyarankan dengan nama yang sama pada tahun 2018.

Namun, akhirnya Radit menjelaskan bahwa nama anak keduanya adalah hasil pencariannya dengan sang Istri. Kesamaan saran nama dengan salah satu followers-nya itu adalah kebetulan semata.

“Asli dikasih tahu ini rame di Twitter, kok bisa sama persis usulannya sama nama anak gue,” jelas Radit.

4. Anissa sempat meminta tips menyiapkan Alea punya adik

4. Anissa sempat meminta tips menyiapkan Alea pu adik
Instagram.com/anissaaziza/

Sebelum melahirkan anak keduanya, Anissa Azizah sempat meminta saran kepada netizen ketika nanti Alea harus memiliki adik. Ia bahkan sempat galau semalaman karena hal ini.

“Semaleman galau mikirin Alea kalau sudah punya adik bakal gimana , butuh tips bapak-bapak ibu-ibu,” jelas Anissa.

Dari pertanyaan itu, Anissa pun mendapatkan banyak tips dari Mama-mama yang merupakan pengikutnya di Instagram. Ada yang menyarankan berbagi waktu agar adil, ada yang menyarankan agar Mama Anissa tetap tenang hingga disarankan untuk mengajarkan Alea bisa sayang kepada adiknya nanti.

@ria_oktriani: Kalau adiknya lagi tidur. Usahakan main sama alea. Terus pas lagi menyusui adik, alea ajak duduk disebelah adiknya. Ajak dia elus adik, pilih baju adiknya. InsyaAllah dia akan sayang, bukan menganggap adiknya sebagai saingan.

@devisattvika: Sering2 disounding biar welcome sama adek.. hehe kalo lg ngeriung ke adek kakak nya diajak juga, jd rame2

Dikutip dari Healthy Children, ada beberapa tips yang bisa Mama terapkan ketika mempersiapkan anak pertama memiliki adik. Apalagi Alea saat ini masih berusia balita, tentunya belum banyak yang bisa ia pahami sebagai kakak.

  • Anak-anak usia balita (umur 1-2 tahun) tidak akan mengerti banyak tentang artinya memiliki saudara. Namun, biarkan anak mendengar orangtuanya berbicara tentang "bayi baru" atau "anggota keluarga baru" dan merasakan kegembiraannya. Dia mungkin belum mengerti mengapa orangtuanya begitu bersemangat tentang hal ini, tetapi sikap ini bisa menular kepadanya dan dia akan merasa bersemangat juga.
  • Perlu diingat, sebagai orangtua mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan kedua anak sepanjang waktu, apalagi jika sendirian. Jika merasa kewalahan, minta tolonglah ke pasangan, keluarga besar, dan teman-teman untuk mendukung dan membantu.
  • Tunjukkan kepada anak pertama buku gambar dan pengetahuan tentang bayi yang akan lahir. Setidaknya, anak pertama Mama akan menjadi akrab dengan kata-kata seperti "saudara perempuan/laki-laki," "saudara," dan "bayi baru."
  • Ketika bayi baru lahir ada di rumah, cobalah untuk melakukan sesuatu yang istimewa untuk anak yang lebih tua. Yakinkan dia bahwa ia akan tetap dicintai. Beberapa ide yakni memberinya hadiah khusus, membiarkannya menghabiskan waktu dengan Papa, nenek, atau keluarga dekat lain, serta membawanya ke tempat yang istimewa.

Itulah tadi momen kelahiran anak kedua Raditya Dika dengan namanya yang unik dan bermakna. Sekali lagi selamat untuk Radit dan Anissa. Semoga baby Aksara sehat dan tumbuh dengan baik. Welcome to the world baby Aksara!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.