7 Manfaat Konsumsi Jahe Saat Menyusui

Konsumsi jahe saat menyusui rupanya juga membawa manfaat Ma

28 Mei 2019

7 Manfaat Konsumsi Jahe Saat Menyusui
Freepik

Sejak zaman dahulu, jahe menjadi salah satu rempah alami yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rempah dengan rasa pedas ini bahkan juga dipercaya membawa berbagai manfaat untuk perempuan menyusui, namun dengan catatan, tidak dikonsumsi secara berlebih.

Manfaat konsumsi jahe saat menyusui sebenarnya tidak terlepas dari kandungan yang terdapat pada jahe itu sendiri. Mama penasaran dengan apa saja manfaatnya? Dilansir dari Mom Junction, ini dia manfaatnya:

1. Meningkatkan produksi ASI

1. Meningkatkan produksi ASI
Freepik/yanalya

Salah satu manfaat konsumsi jahe saat menyusui adalah jahe dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Hal ini karena jahe menjadi salah satu  makanan laktogenik populer yang efektif dalam meningkatkan dan menstimulasi produksi ASI Mama.

2. Meredakan mual

2. Meredakan mual
Freepik/Petzshadow

Tak hanya saat hamil saja, selama masa menyusui, sebagian perempuan juga mengeluhkan alami mual yang parah.

Nah, jahe bisa menjadi salah satu asupan yang mampu melawan mual, bahkan dapat membantu menvegah terjadinya mual dan muntah, terutama pada pagi hari.

Untuk itu, jika kamu termasuk yang kerap mengalami mual saat menyusui, ada baiknya untuk mengonsumsi teh jahe atau rebusan air jahedi pagi hari.

Editors' Picks

3. Mengatasi gangguan pencernaan

3. Mengatasi gangguan pencernaan
Freepik/Petzshadow

Sebagian dari Mama mungkin mengalami gangguan pencernaan selama meyusui. Ya, gangguan pencernaan seperti sembelit, kembung, atau perut bergas memang rentan untuk dialami saat menyusui terlebih jika Mama tidak menjaga pola makan dengan baik.

Mama yang mengalaminya harus memperbanyak konsumsi makanan berserat agar gangguan pencernaan yang dialami dapat teratasi. Juga konsumsi teh jahe secukupnya karena jahe mampu membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

4. Meningkatkan imunitas tubuh
Freepik/boggy

Konsumsi teh jahe hangat tidak hanya membuat tubuh menjadi terasa segar, tetapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Ma. Hal ini karena jahe mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan anti-inflamasi pada jahe juga mampu mengobati nyeri sendi dan nyeri otot yang parah Ma!

5. Mengatasi hidung tersumbat

5. Mengatasi hidung tersumbat
Freepik

Jika Mama mengalami hidung tersumbat atau sakit tenggorokan, maka konsumsi teh jahe bisa menjadi solusi untuk meredakannya sebelum mengonsumsi obat.

Jahe dianggap dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan dan sakit tenggorokan yang Mama derita. Bahkan aroma jahe yang menenangkan dianggap juga dapat mebantu meringankan masuk angin loh!

6. Meningkatkan sirkulasi darah

6. Meningkatkan sirkulasi darah
raisedgood.com
Penyakit tifus pada bayi

Konsumsi jahe mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah, tak terkecuali kepada para perempuan yang sedang menyusui. Jahe dapat melancarkan sirkulasi darah karena mengandung mineral penting, vitamin, dan asam amino.

Nah, dengan sirkulasi darah yang lancar, risiko Mama untuk terkena penyakit kardivaskular seperti jantung dan stroke juga dapat berkurang.

7. Menghilangkan Stres

7. Menghilangkan Stres
Freepik/jofreepik

Beberapa perempuan mengalami stres saat menyusui. tres yang dialami perempuan menyusui biasanya disebabkan banyak hal, mulai dari kurang tidur, hingga kekhawatiran akan produksi ASI yang sedikit.

Mama yang mengalami stres harus mengelola stres dengan baik agar produksi ASI tidak menurun. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres beragam, salah satunya adalah mengonsumsi teh jahe.

Jahe memiliki sifat menenangkan dan mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu meredakan stres dengan efektif.

Meski konsumsi jahe saat menyusui membawa manfaat, jangan konsumsi secara berlebih dan perhatikan pula keamanannya. Konsumsi jahe tidak direkomendasikan usai melahirkan, terlebih jika Mama kehilangan banyak darah selama persalinan.

Selain itu, konsumsi jahe juga tidak direkomendasikan pada orang yang mengonsumsi obat tertentu seperti obat diabetes, tekanan darh, dan jantung karena jahe dianggap dapat mengurangi efektivitas obat tersebut.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.