3 Rekomendasi Posisi Tidur yang Nyaman setelah Melahirkan

Posisi tidur ini ternyata bisa membuat Mama nyaman tidur pasca melahirkan!

25 Oktober 2020

3 Rekomendasi Posisi Tidur Nyaman setelah Melahirkan
Freepik

Setelah melahirkan, salah satu keluhan yang akan Mama rasakan adalah sulit tidur. Sulit tidur setelah melahirkan bukan hanya disebabkan karena kewajiban mengurus si Kecil saja, tetapi juga karena posisi tidur yang kurang nyaman sehingga sulit rasanya untuk memejamkan mata.

Mama yang mengalami hal ini harus mengetahui posisi tidur yang yang nyaman agar tidur tercukupi sehingga kesehatan Mama dan bayi tetap terjaga. Ingin tahu apa saja posisi tidur setelah melahirkan yang direkomendasikan?

Dilansir dari parenting firstcry, berikut Popmama.com merangkum tiga posisi tidur setelah melahirkan yang direkomendasikan.

1. Tidur telentang

1. Tidur telentang
Freepik

Posisi tidur satu ini merupakan posisi tidur paling nyaman dan direkomendasikan setelah Mama melahirkan.

Sebab, posisi ini tidak menyebabkan adanya tekanan pada bagian perut, vagina, ataupun sayatan perut bekas operasi caesar.

Namun meski terbilang paling nyaman, posisi tidur ini  juga memiliki kekurangan, Ma.  Mama mungkin akan merasa sulit untuk bangun dari tempat tidur ataupun untuk duduk.

Nah, untuk membantu Mama bangun dari posisi tidur ini, mundurkan tubuh Mama sedikit kebelakang lalu ganjal punggung bawah dengan bantal.

Editors' Picks

2. Tidur dengan bantal tinggi

2. Tidur bantal tinggi
fancysleep.com

Jika Mama mengalami sulit tidur dan belum juga menemukan posisi tidur yang nyaman, cobalah untuk tidur dengan posisi bantal yang ditumpuk.

Tidur dengan bantal yang tinggi dapat meningkatkan rasa nyaman karena pernapasan menjadi lebih lancar. Posisi ini juga sangat direkomendasikan bagi Mama yang mengalami sleep apnea atau gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur.

Nah, saat tidur dengan posisi bantal yang ditumpuk ini, Mama dapat mengganjal punggung bagian bawah dengan bantal tipis. Tujuannya adalah agar tidak mudah pegal dan terasa lebih nyaman.

3. Tidur menyamping

3. Tidur menyamping
Freepik/ Prakasit Khuansuwan

Posisi tidur menyamping juga cukup direkomendasikan. Namun Matthias Eikermann, MD,PhD,  Direktur Klinis Department of Anesthesia, Critical Care and Pain Medicine di Massachusetts General Hospital merekomendasikan posisi tidur ini setelah tiga hari melahirkan.

Sebab katanya, pada beberapa perempuan, tidur dengan posisi ini dapat menimbulkan masalah.

Nah, Mama dapat mengombinasikan posisi tidur telentang dengan tidur menyamping agar tubuh tidak pegal dan terasa lebih nyaman.

Ini yang Harus Dilakukan agar Tidur Tetap Berkualitas

Ini Harus Dilakukan agar Tidur Tetap Berkualitas
Freepik/Kate Mangostar

Selain posisi tidur yang nyaman, ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan agar dapat tidur dengan lebih berkualitas. Berikut beberapa di antaranya:

  • Berbagi peran
    Jika Mama sudah merasa begitu lelah, segeralah untuk tidur. Mama dapat meminta suami berganti peran untuk menemani si Kecil bermain atau sekedar mengawasinya. Jika suami tidak ada, mintalah bantuan kerabat terdekat yang dipercaya agar Mama dapat beristirahat sejenak.
  • Hindari aktivitas berat
    Hindari aktivitas berat seperti membawa barang berat atau turun tangga untuk menghidari kelelahan. Sebab, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup guna membantu pemulihan dan proses penyembuhan pasca melahirkan, terutama bagi yang menjalani operasi caesar.
  • Olahraga
    Jika kondisi tubuh dirasa telah membaik dan Mama merasa sanggup untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai, cobalah untuk melakukannya. Aktivitas ringan seperti ini dapat membantu Mama mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.
  • Konsumsi makan sehat
    Mama disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat setelah melahirkan, termasuk makanan yang mengandung anti inflamasi dan vitamin C. Sebab konsumsi makanan ini dapat membantu pemulihan lebih cepat dan membantu Mama mendapatkan tidur yang nyenyak.

Itulah posisi tidur setelah melahirkan yang direkomendasikan, juga cara mendapatkan tidur yang berkualitas setelah melahirkan yang bisa Mama terapkan. Yang pasti, Mama juga harus menjaga kondisi emosional dengan baik karena pikiran sehat dan positif mampu mempercepat proses pemulihan, termasuk dalam upaya mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.