Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Saat Trimester Ketiga

Hindari rasa tidak nyaman dan kesalahan tidur akibat perut yang sudah membesar

7 Oktober 2019

Posisi Tidur Baik Ibu Hamil Saat Trimester Ketiga
Freepik.com

Ketika kelahiran bayi semakin dekat, kamu mungkin merasa bahwa saat ini tidur dengan nyenyak hanya keinginan semata. Pada saat memasuki trimester ketiga, kamu merasakan bagian perut kamu terlalu besar sehingga sedikit membuat kamu kurang nyaman untuk berbaring dengan nyaman.

Tubuh kamu saat ini menghadapi banyak perubahan yang terjadi secara internal. 

Hal ini menyebabkan kamu menjadi sulit untuk menentukan posisi. Namun, tidur yang cukup saat trimester ketiga sangat penting daripada sebelumnya sehingga kamu harus bisa mengistirahatkan badanmu walaupun hanya sebentar.

Posisi tidur saat hamil memang menjadi sulit dipahami, meskipun begitu calon Mama benar-benar membutuhkannya.

Berikut Popmama.com akan memberikan informasi mengenai posisi tidur yang baik untuk calon saat trimester ketiga agar kamu tidak salah saat tidur.

1. Pentingnya menjaga pola tidur saat kehamilan

1. Penting menjaga pola tidur saat kehamilan
Freepik.com

Tidur adalah waktu ketika tubuh kamu mengatur ulang dan memperbaiki dirinya sendiri. Saat itu pembuluh darah pada tubuh kamu akan memulihkan diri sehingga otak kamu dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang . Kemudian yang paling penting adalah meningkatkan aliran darah ekstra yang diperkukan untuk mendukung tubuh si Janin dalam tubuhmu.

Tidur juga membuat sistem kekebalan tubuh kamu menjadi lebih baik, yang mendukung kehamilanmu menjadi lebih sehat. Tidur juga mengontrol bagaimana tubuh kamu bereaksi terhadap insulin untuk mengurangi risiki diabetes gestasional akibat hasil dari kadar gula darah yang tinggi.

Jadi, jika ketidaknyamanan dalam tidur menghalangi, prioritaskan untuk menyisihkan setidaknya 7 jam dalam sehari untuk tidur ya.

2. Posisi tidur menyamping ke kiri

2. Posisi tidur menyamping ke kiri
Freepik.com

Selama trimester kedua dan ketiga, tidur menghadap ke kiri akan lebih baik dan ideal untuk kamu dan janin kamu. Posisi ini memungkinkan aliran darah dan nutrisi secara maksimum dan mengoptimalkan nutrisi hingga sampai ke plasenta.

Selain itu, juga meningkatkan fungsi ginjal, yang berarti baik untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh dan mengurangi pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan tangan kamu.

Walaupun baik untuk menghadap ke kiri namun kamu harus hindari menghadap tidur ke kanan karena dapat menghambat oksigen dan nutrisi ke plasenta yang dapat membuat janin kekurangan dua asupan penting tersebut.

Editors' Picks

3. Posisi perut dibawah atau tengkurap

3. Posisi perut dibawah atau tengkurap
Spineuniverse.com

Walaupun pada masa trimester awal kamu suka tidur untuk tengkurap, kali ini kamu harus mulai menghindarinya, karena jika kamu nyaman dengan posisi dengan bagian perut menghadap kebawah tentunya akan menyebabkan janin yang sudah bertumbuh tidak bisa bergerak di dalam rahim.

Tentu saja posisi ini akan membahayakan kesehatan janin karena rahim akan tertekan dengan tubuh yang menyebabkan menghambat aliran oksigen ke dalam plasenta. Hal ini akan membahayakan bagi si Janin.

Pada trimester ketiga tentunya kamu akan mengalami perubahan fisik yang membuat bagian perut semakin membesar. Namun, jika kamu bangun dengan posisi tengkurap jangan khawatir. Kamu cukup berguling kebagian samping.

4. Hindari untuk posisi tidur terlentang

4. Hindari posisi tidur terlentang
Freepik.com

Kamu juga harus menghindari posisi tidur telentang, walaupun ini posisi tidur yang nyaman namun para ahli merekomendasikan untuk menghindari tidur telentang selama trimester kedua dan ketiga. Hal ini disebabkan karena posisi telentang menyandarkan seluruh berat rahim dan bayi pada bagian punggung, usus, dan pembuluh darah vena yang membawa darah dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Tekanan ini dapat membuat kamu sakit punggung, wasir, pencernaan kurang efisien, mengganggu sirkulasi, dan menyebabkan tekanan darah rendah yang dapat membuat kamu pusing. Sirkulasi darah yang kurang optimal juga dapat mengurangi aliran darah ke janin sehingga janin menjadi lebih sedikit menerima oksigen dan nutrisi.

Namun, sesekali dalam jangka waktu yang sebentar itu tidak akan membahayakan. Kecuali jika kamu membiarkan tidur telentang dengan jangka waktu yang panjang dan dilakukan setiap hari, itu akan menjadi masalah untuk kamu dan janin, jadi hindari ya tidur telentang.

5. Gunakan banyak bantal atau guling

5. Gunakan banyak bantal atau guling
Freepik.com

Agar membantu kamu untuk lebih nyaman saat tidur, saat memiringkan tubuh di sisi kiri gunakan guling diantara kedua kaki dan gunakan juga di belakang punggung untuk menopang tekanan otot-otot di sekitar pinggul dan panggul.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan bantal yang menyesuaikan dengan kondisi hamil besar, kamu dapat membeli bantal kehamilan melengkung yang tersedia di berbagai toko bersalin. Gunakan bantal kehamilan yang dapat menopang seluruh bagian tubuh.

Tidak terbiasa dengan tidur dengan miring itu adalah hal yang wajar selama beberapa malam atau bahkan beberapa minggu, namun tubuh kamu akan terbiasa untuk menyesuaikan dengan posisi baru.

Selain menggunakan bantal dan guling untuk menopang tubuh, pastikan juga suhu kamar kamu nyaman dan buat ruangan menjadi lebih gelap. Gunakan juga pakaian atau piyama yang longgar dan hindari pakaian ketat agar kamu tidak merasa pengap.

Nah tadi adalah posisi tidur yang baik untuk calon Mama saat berada di trimester ketiga, bagaimana posisi tidur favoritmu selama trimester ketiga? Jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini ya

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!