Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Manfaat Chia Seed untuk Ibu Menyusui dan Cara Mengonsumsinya

Termasuk super food, chia seed aman dikonsumsi oleh busui asalkan tidak berlebihan!

18 Januari 2023

Manfaat Chia Seed Ibu Menyusui Cara Mengonsumsinya
Freepik/devmaryna

Chia seed (biji chia) berasal dari tanaman Chia yang secara ilmiah dikenal dengan Salvia Hispanica. Jika diperhatikan, chia seed punya bentuk oval dengan warna hitam atau abu-abu. Di Indonesia, chia seed bisa didapatkan dengan mudah lho Ma, seperti di supermarket atau toko tertentu yang menjual bahan makanan sehat.

Tapi sayangnya, di luar sana masih banyak Mama menyusui yang mungkin merasa ragu untuk mengonsumsi chia seed, karena faktor keamanannya.

Padahal kenyataanya, chia seed termasuk super food yang mengandung gizi tinggi dan tentunya baik buat kesehatan Mama menyusui. Antara lain bisa bantu menyehatkan sistem pencernaan, menurunkan berat badan, serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Untuk lebih jelasnya, kali ini Popmama.com telah merangkum manfaat chia seed untuk Ibu menyusui dan cara mengonsumsinya, dilansir dari Mom Junction. Simak selengkapnya yuk, Ma!

1. Amankah Mengonsumsi Chia Seed saat Menyusui?

1. Amankah Mengonsumsi Chia Seed saat Menyusui
Freepik/cookie_studio

Menurut Badan Pengawas Obat Amerika Serikat (FDA), mengonsumsi biji chia saat menyusui dianggap sesuatu yang aman untuk dilakukan.

Ini karena, biji chia mengandung kalori dan beragam nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan Mama selama menjalani fase menyusui.

Antara lain lemak sehat terutama PUFA seperti asam alfa-linolenat dan alfa-linoleat, protein berkualitas tinggi, serat larut, mineral, vitamin, dan antioksidan.

Editors' Picks

2. Berapa Banyak Chia Seed yang Boleh Dikonsumsi saat Menyusui?

2. Berapa Banyak Chia Seed Boleh Dikonsumsi saat Menyusui
Pixabay/ValeriaLu

Melansir Mom Juction, tidak ada batasan aman mengonsumsi chia seed bagi Mama menyusui.

Namun untuk mendapatkan manfaatnya, Mama direkomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak dua hingga tiga sendok makan chia seed sehari. Dimana jika ingin lebih, hal ini tentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya.

Menurut Food Data Central, dalam dua sendok makan chia seed kering mengandung nilai gizi 139 kalori. Dimana di dalamnya terdapat 4 gram protein, 9 gram lemak, 12 gram karbohidrat, dan 11 gram serat.

3. Manfaat Chia Seed untuk Ibu Menyusui

3. Manfaat Chia Seed Ibu Menyusui
Freepik

Chia seed sudah banyak digunakan terutama dalam Ayurveda, metode pengobatan tertua di dunia yang berasal dari India. Sebab, chia seed memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk Mama yang sedang menyusui.

Berikut ini beberapa manfaat chia seed untuk Ibu menyusui:

  1. Menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan serat chia seed jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan quinoa dan biji rami. Jika dikonsumsi secara teratur, ini bisa bantu mendukung sistem kerja usus, sehingga Mama terhindar dari masalah pencernaan.
  2. Mengatasi peradangan di dalam tubuh. Pasca melahirkan dan di fase menyusui, Mama mungkin mengalami peradangan atau infeksi di dalam tubuh. Hal ini bisa coba diatasi dengan mengonsumsi chia seed, karena punya efek antiinflamasi.
  3. Menjaga kesehatan tulang. Selama menyusui, Mama sangat mungkin mengalami kekurangan kalsium. Sebab, kalsium di dalam tubuh akan diambil untuk memenuhi kebutuhan kalsium bayi yang menyusu. Nah mengonsumsi chia seed bisa jadi solusi karena kaya akan kalsium dan potasium, yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.
  4. Meningkatkan sistem imun tubuh. Selama menyusui, Mama mungkin merasa mudah lelah sehingga sistem imun menurun. Beberapa penelitian menunjukkan, chia seed bisa bantu meningkatkan sistem imun tubuh karena punya kandungan antoksidan yang tinggi.
  5. Membantu menurunkan berat badan. Chia seed punya protein berkualitas tinggi serta serat, yang bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Sehingga ini bisa mendukung proses penurunan berat badan, pasca persalinan.
  6. Menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Chia seed mengandung omega 3 dan kaya akan serat. Jika dikonsumsi teratur chia seed bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, serta mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Efek Samping Mengonsumsi Chia Seed

4. Efek Samping Mengonsumsi Chia Seed
Freepik/benzoix

Sebenarnya jika dikonsumsi sesuai batasan, chia seed sangat jarang menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, Ma. Tapi ini bukan berarti Mama boleh mengabaikan efek samping yang mungkin timbul saat mengonsumsinya ya.

Di bawah ini beberapa efek samping yang mungkin muncul saat Mama mengonsumsi chia seed:

  • Mengalami gangguan pencernaan. Sebab kandungan serat yang tinggi pada chia seed bisa menyebabkan risiko diare, perut terasa kembung, serta beberapa orang mungkin mendapati adanya gas di usus.
  • Interaksi obat. Mengonsumsi chia seed yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya interaksi obat. Ini bisa terjadi ketika Mama mengonsumsi obat terentu, seperti pengencer darah atau penurun tekanan darah.
  • Mengalami alergi. Di dalam chia seed terdapat protein yang mungkin bereaksi jika dikonsumsi bersama bahan makanan lainnya. Jika ini terjadi, efek samping yang timbul umumnya berupa alergi.

Untuk menghindari hal tersebut, Mama bisa membeli chia seed di tempat terpercaya guna memastikan kualitasnya. Kemudian hindari mengonsumsi chia seed bersamaan dengan bahan makanan lain yang memicu terjadinya alergi.

Selain itu, jika memiliki alergi atau masalah pencernaan lain, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai jumlah yang tepat dalam mengonsumsi chia seed selama menyusui.

5. Cara Mengonsumsi Chia Seed yang Aman

5. Cara Mengonsumsi Chia Seed Aman
Freepik/Racool_studio

Chia seed memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Mama menyusui. Namun meski begitu, kita juga tetap harus waspada terhadap risiko efek sampingnya ya. Karena alasan inilah, sebaiknya Mama mengonsumsi chia seed dengan cara yang aman, diantaranya:

  • Chia seed bisa dimakan setelah direndam dalam air. Biasanya chia seed ditaburkan dalam sereal, yoghurt, smoothie, atau bubur.
  • Menambahkan chia seed organik ke dalam salad, sandwich, atau hidangan lain yang berbahan dasar sayuran.
  • Selain biji, Mama bisa juga menggunakan chia seed oil. Minyak biji chia bisa digunakan untuk membuat salad dressing atau campuran saus.
  • Bubuk chia seed kering, bisa digunakan sebagai bahan pengental sup. Ini bisa jadi pilihan bahan makanan lain pengganti telur.
  • Mencampurkan chia seed ke dalam minuman segar, ditambah dengan potongan buah dan es batu.

Itu tadi informasi mengenai manfaat chia seed untuk Ibu menyusui dan cara mengonsumsinya. Jadi selama fase menyusui, nggak ada salahnya buat Mama mengonsumsi chia seed. Hanya saja, perhatikan batasan dan cara mengonsumsinya ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk