Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tips Menyusui bagi Ibu Bekerja agar Nutrisi Bayi Tetap Terpenuhi

Bekerja bukan berarti Mama tak bisa berikan ASI eksklusif untuk bayi ya!

20 Januari 2023

Tips Menyusui bagi Ibu Bekerja agar Nutrisi Bayi Tetap Terpenuhi
Freepik/Freepik

Mama menjadi sosok penting untuk memainkan peran kunci, terutama dalam tumbuh kembang anak.

Berdasarkan data dari UNICEF, 1.000 hari pertama kehidupan (270 hari selama kehamilan dan 730 hari pertama kehidupan) adalah masa periode emas yang akan memengaruhi pertumbuhan seorang anak hingga dewasa.

Di momen tersebut, nutrisi dan perawatan menjadi satu hal yang harus diperhatikan, karena bisa memengaruhi kemampuan anak untuk tumbuh dan belajar. Karena alasan inilah, pemerintah menganjurkan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, sebagai cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Namun sayangnya, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), Ibu bekerja cenderung tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya, jika dibandingkan dengan Ibu yang tidak bekerja atau IRT. Hal ini terjadi disebabkan oleh sulitnya mengatur waktu dan kesibukan dalam bekerja.

Nah khusus buat Mama, kali ini Popmama.com akan bagikan informasi mengenai tips menyusui bagi Ibu bekerja dari dr. S. Tumpal Andreas, M. Ked (Ped), Sp.A, berdasarkan keterangan tertulis yang dibagikan oleh Philips Indonesia pada Rabu (18/1).

1. Tips Menyusui Bagi Ibu Bekerja agar Nutrisi Bayi Tetap Terpenuhi

1. Tips Menyusui Bagi Ibu Bekerja agar Nutrisi Bayi Tetap Terpenuhi
Freepik

Bekerja saat sedang menyusui memang memiliki tantangannya tersendiri. Tapi ini bukan berarti Mama tak bisa memberikan ASI eksklusif pada bayi ya.

Menurut dr. S. Tumpal Andreas, selama bekerja Mama sangat disarankan untuk mengatur jadwal sebaik mungkin terutama dalam melakukan pumping ASI. Ini bertujuan agar nantinya aktivitas pumping ASI tidak mengganggu pekerjaan di kantor.

Selain itu, ketahui dan manfaatkan juga tempat penyimpanan sementara ASIP yang ada di kantor. Bawa cooler bag untuk tempat penyimpanan ASI, serta tak lupa Mama juga harus mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang.

Editors' Picks

2. Support System Penting untuk Mengoptimalkan Proses Pemberian ASI

2. Support System Penting Mengoptimalkan Proses Pemberian ASI
Pexels/Anna Shvets

Lebih lanjut, dr. Tumpal Andreas juga menjelaskan bahwa Mama menyusui perlu mendapatkan support system yang baik, untuk mengoptimalkan proses pemberian ASI. Support system ini bisa dari keluarga atau eksternal seperti orang-orang di lingkungan kantor.

Caranya bisa dengan menginfokan kepada atasan langsung terkait kebijakan waktu untuk pumping ASI. Dimana kebijakan yang diberikan dari kantor, tentu berperan penting bagi Mama dalam memutuskan untuk bekerja sambil menyusui bayi secara eksklusif.

3. Beberapa Hal yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Selama Bekerja

3. Beberapa Hal Harus Dihindari Ibu Menyusui Selama Bekerja
Freepik/Freepik

Selama bekerja, Mama menyusui sebaiknya menghindari makanan yang tidak sehat atau rendah gizi. Sebab ini bisa memengaruhi kualitas ASI, yang bisa berdampak pada kesehatan tubuh Mama dan juga bayi yang menyusu.

“Hal lain yang perlu dihindari adalah inkonsistensi dalam memompa ASI yang dapat menyebabkan kebocoran, yang membuat Ibu tidak nyaman. Dan yang terpenting ialah tetap menjaga kebersihan dan higinitas sebelum dan sesudah memompa ASI saat berada di luar rumah,” kata dr. S. Tumpal Andreas, M. Ked (Ped), Sp. A.

Selain itu Mama juga disarankan untuk mengelola stres dengan baik. Caranya dengan memberikan istirahat yang cukup bagi tubuh, menyeimbangkan waktu antar pekerjaan dan keluarga, serta meluangkan waktu diri sendiri.

4. Bekali Diri dengan Perlengkapan Penunjang Menyusui

4. Bekali Diri Perlengkapan Penunjang Menyusui
dok. Philips Avent Indonesia

Untuk memberikan ASIP yang berkualitas dan jumlah yang sesuai, tentunya Mama harus memiliki perlengkapan menyusui ya. Salah satunya barang yang dibutuhkan dan akan selalu dibawa ke tempat kerja ialah alat pumping ASI atau breast pump.

Breast pump memang dirancang khusus untuk Mama yang punya mobilitas tinggi, sehingga tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. Salah satu rekomendasinya datang dari rangkaian produk Philips Avent.

Philips Avent dilengkapi dengan Natural Motion yang memakai kombinasi isapan dan stimulasi puting susu, sehingga mampu meniru proses menyusui bayi secara alamiah. Dengan menggunakan alat ini, Mama akan merasa lebih nyaman dan bisa menghasilkan banyak ASI dalam waktu yang lebih singkat.

Demikian tadi, informasi terkait tips menyusui bagi ibu bekerja agar nutrisi bayi tetap terpenuhi dari dr. S. Tumpal Andreas, M. Ked (Ped), Sp.A. Tetap semangat dalam mengASIhi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk