Penting! Ini yang Terjadi pada Fisik dan Mental setelah Melahirkan

Tidak hanya perubahan fisik, perubahan emosi juga akan terjadi setelah melahirkan

19 Juni 2020

Penting Ini Terjadi Fisik Mental setelah Melahirkan
freepik.com/freepik

Setelah melahirkan, ada banyak perubahan yang terjadi pada diri mama. Tidak hanya perubahan fisik, perubahan emosi juga akan terjadi setelah melahirkan. Perubahan ini terjadi baik pada Mama yang melahirkan normal maupun caesar.

Perubahan apa saja yang terjadi pada Mama setelah melahirkan? Berikut Popmama.comsudah merangkum informasi mengenai perubahan fisik dan mental yang terjadi pada Mama setelah melahirkan mulai dari minggu pertama hingga  setahun melahirkan, yang dilansir dari Healthline.com.

Minggu pertama: masa pemulihan yang masih terasa berat

Minggu pertama masa pemulihan masih terasa berat
freepik.com/grooveriderz

Berikut ini perubahan fisik dan mental yang terjadi di minggu pertama setelah melahirkan.

Kondisi fisik melahirkan normal: biasanya akan dirawat di rumah sakit selama setidaknya 3-4 hari setelah persalinan, tergantung dari kondisi vagina dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Perdarahan pada minggu pertama dan nyeri perineum adalah hal yang normal. Kontraksi kecil mungkin juga akan terjadi karena rahim berkontraksi untuk kembali ke ukuran sebelumnya.

Kondisi fisik melahirkan caesar: setelah operasi caesar, Mama mungkin akan sulit bergerak dan luka sayatan akan terasa sakit. Banyak wanita yang kesulitan untuk turun dan naik tempat tidur, tetapi penting untuk sedikit bergerak agar terhindar dari pembekuan darah.

Kondisi kesehatan mental: pada tiga hari pertama setelah melahirkan, kondisi mental akan terasa labil. Kadar estrogen dan progesteron menurun, kadar prolaktin dan oksitosin naik-turun sepanjang hari sementara bayi menyusu. Kurang tidur membuat Mama menjadi lebih lemah dan lelah, dan kadang merasa semuanya tidak berjalan dengan baik.

Editors' Picks

Minggu kedua: waktu di mana Mama rentan mengalami baby blues

Minggu kedua waktu mana Mama rentan mengalami baby blues
freepik.com/mkitina4

Begini perubahan fisik dan mental yang terjadi di minggu kedua setelah melahirkan:

Kondisi fisik melahirkan normal: perdarahan akan mulai berkurang dan ringan, meskipun bisa bertahan selama enam minggu tapi hal ini normal. Area vagina mama mungkin akan terasa gatal tapi ini bisa jadi pertanda baik karena jahitan mama artinya sudah mulai sembuh.

Kondisi fisik melahirkan caesar: kemungkinan masih terasa sakit pada bekas sobekan, tapi Mama sudah bisa bergerak dengan lebih mudah. Luka jahitan kemungkinan akan terasa gatal karena mulai sembuh.

Kondisi kesehatan mental: kebanyakan wanita mengalami baby blues, tapi hal ini adalah normal. Jika Mama merasa dilanda kesedihan dan kecemasan, seperti tidak mau makan atau tidak bisa tidur, tidak ingin dekat dengan si Kecil, atau bahkan terpikir menyakiti orang lain dan bunuh diri, segera konsultasi dengan dokter.

Minggu keenam: nifas sudah berhenti dan ukuran rahim kembali ke bentuk semula

Minggu keenam nifas sudah berhenti ukuran rahim kembali ke bentuk semula
freepik.com/etajoefoto

Ini yang akan terjadi pada fisik dan mental di minggu keenam setelah melahirkan:

Kondisi fisik melahirkan normal: rahim kembali ke ukuran sebelum hamil. Beberapa wanita sudah bisa olahraga atau berhubungan seksual kembali. Meskipun perdarahan harusnya sudah berhenti, beberapa mama juga bisa mengalami perdarahan ringan dan singkat karena rahim yang kembali ke ukuran semula sangat kuat sehingga pelindung plasenta terdorong keluar.

Kondisi fisik melahirkan caesar: rahim kembali ke ukuran sebelum hamil. Beberapa wanita sudah bisa olahraga atau berhubungan seksual kembali. Pilih olahraga ringan, seperti jalan kaki. Mama sudah boleh mengangkat barang ringan, tapi jangan terlalu sering. Bekas luka caesar kemungkinan tidak sakit lagi, meskipun masih gatal di area jahitan.

Kondisi kesehatan mental: jika Mama punya keluhan tentang kesehatan mental dan keadaan emosi mama, sebaiknya Mama diskusikan dengan dokter saat pemeriksaan setelah enam minggu melahirkan. Merasa kelelahan dan kualahan adalah hal yang normal, tapi bisa jadi Mama mengalami depresi atau kecemasan yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Bulan keenam: kembali mengalami haid dan sudah bisa beradaptasi

Bulan keenam kembali mengalami haid sudah bisa beradaptasi
freepik.com/ronnachaipark

Seperti ini kondisi fisik dan mental mama setelah enam bulan melahirkan:

Kondisi fisik melahirkan normal: jika rambut mama rontok setelah melahirkan, hal itu akan berhenti setelah enam bulan pasca persalinan. Kandung kemih Mama juga sudah mulai terkendali sehingga Mama tidak sering buang air keci lagi. Mama juga sudah mulai haid kembali.

Kondisi fisik melahirkan caesar: wanita yang melahirkan caesar biasanya lebih lelah setelah enam bulan melahirkan, tapi ini tergantung pada kondisi tidur bayi. Mama juga sudah mulai haid lagi.

Kondisi kesehatan mental: jika Mama sudah terbiasa dengan kondisi menjadi ibu dan jadwal tidur si Kecil juga sudah teratur, kesehatan mental mama bisa dalam keadaan baik. Jika ada perasaan yang menjadi tanda depresi, segera konsultasi ke dokter.

Tahun pertama: tubuh mulai pulih

Tahun pertama tubuh mulai pulih
freepik.com/tharwatali

Ini yang akan terjadi pada kondisi fisik dan mental mama setelah setahu melahirkan:

Kondisi fisik melahirkan normal: Mama mungkin sudah merasa benar-benar pulih, tapi Mama akan tetap merasa ada yang berbeda dari tubuh mama, seperti berat badan yang mungkin masih belum ideal dan bentuk payudara yang berbeda dari sebelum hamil karena Mama menyusui.

Kondisi fisik melahirkan caesar: luka bekas operasi caesar sudah memudar, meskipun masih mati rasa. Jika Mama ingin segera punya anak lagi, dokter akan menyarankan untuk melahirkan secara caesar kembali jika jaraknya kurang dari 18 bulan.

Kondisi kesehatan mental: ini tergantung dari seberapa nyaman Mama beradaptasi menjadi ibu dan berapa banyak waktu tidur yang Mama dapatkan. Jika memungkinkan, Mama bisa melanjutkan tidur siang di akhir pekan saat si Kecil juga tidur siang.

Itulah yang terjadi pada fisik dan mental setelah melahirkan. Pemulihan pasca persalinan memang berbeda-beda bagi setiap mama. Pastikan kondisi kesehatan fisik dan mental mama tetap terjaga dengan baik setelah melahirkan ya. Semoga Mama dan si Kecil sehat selalu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.