Bisa Cegah Depresi, Ini 5 Manfaat Salmon untuk Ibu Menyusui

Apakah Mama penggemar salmon?

3 Desember 2020

Bisa Cegah Depresi, Ini 5 Manfaat Salmon Ibu Menyusui
Unsplash/Toa Heftiba

Apakah Mama penggemar salmon? Selama hamil, Mama mungkin tidak diperbolehkan mengonsumsi salmon mentah karena dikhawatirkan ada parasit seperti Toxoplasma Gondii dan bakteri E.coli. Parasit dan bakteri tersebut bisa menimbulkan infeksi dan membahayakan kandungan mama. 

Mama pun diminta bersabar untuk mengonsumsi salmon hingga waktu persalinan tiba. Nah, setelah melahirkan, Mama kembali diperbolehkan untuk mengonsumsi salmon dengan memerhatikan kebersihannya. Salmon memang memiliki sejumlah manfaat khususnya bagi ibu menyusui. 

Seperti diketahui, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak si Kecil dan kesehatan mama. Satu porsi ikan salmon mengandung 1,2 sampai 1,9 gram asam lemak omega-3, mineral, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, protein, dan selenium. 

Lalu, apa saja manfaat salmon untuk ibu menyusui? Berikut Popmama.com rangkum informasinya dari berbagai sumber: 

1. Melindungi tubuh dari serangan penyakit

1. Melindungi tubuh dari serangan penyakit
workingmother.com

Seperti dijelaskan sebelumnya, salmon mengandung asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mama. Sehingga Mama tidak mudah terserang penyakit selama masa menyusui. Di sisi lain, nutrisi yang masuk ke tubuh mama akan diserap oleh bayi. 

Maka, secara tidak langsung, sistem imunitas bayi juga meningkat apabila Mama mengonsumsi salmon. Itulah alasannya Mama dianjurkan mengonsumsi ikan salmon selama menyusui agar daya tahan tubuh mama dan si Kecil meningkat. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan kecerdasan bayi

2. Meningkatkan kecerdasan bayi
www.freepik.com
Kelebihan berat badan menghambat proses menyusui bayi

Manfaat lainnya dari ikan salmon adalah meningkatkan kecerdasan bayi. Pasalnya, bayi yang baru lahir hanya mengonsumsi ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Oleh karena itu, Mama perlu selektif memilih makanan selama masa menyusui. 

Salmon diketahui mengandung tinggi omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi sehingga si Kecil bisa terhindar dari risiko alzheimer. Kandungan omega-3 juga dapat meningkatkan daya ingat bayi ketika beranjak dewasa. 

3. Produksi ASI bertambah

3. Produksi ASI bertambah
verywellfamily.com

Selama ini Mama mungkin hanya mengetahui bahwa daun katuk adalah sumber makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI. Namun siapa sangka bahwa salmon juga bisa menjadi ASI booster, terutama bagi Mama yang memiliki masalah produksi ASI. 

Kandungan protein dan kalsium pada ikan salmon bisa meningkatkan produksi ASI selama masa menyusui. Mama juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan lainnya seperti sayuran dan gandum guna melancarkan produksi ASI. Apabila ASI mama melimpah, tentu saja si Kecil akan sehat dan bahagia karena kebutuhan nutrisi hariannya terpenuhi. 

4. Meredakan depresi pasca melahirkan

4. Meredakan depresi pasca melahirkan
Pexels/Valeria Boltneva

Perempuan yang baru melahirkan rentan mengalami depresi atau disebut postpartum depression. Apabila tidak segera mendapat pertolongan, depresi dapat membahayakan kesehatan mama dan tumbuh kembang bayi. Pasalnya, stres menyebabkan menurunnya produksi ASI sehingga bayi tidak mendapatkan asupan nutrisi. 

Dilansir dari laman WebMD, salah satu cara untuk meredakan depresi pasca melahirkan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, salah satunya ikan salmon. Kandungan omega-3 pada salmon bisa menjadi obat alami untuk meredakan depresi. 

Apabila Mama masih ragu tentang berapa banyak salmon yang perlu dikonsumsi, maka Mama bisa konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

5. Mencegah anemia

5. Mencegah anemia
freepik.com/daviles

Terakhir, kandungan asam amino pada salmon bisa membantu pembentukan sel darah merah. Selama menyusui, Mama membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi karena harus memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Mama pun rentan mengalami anemia selama masa menyusui. 

Oleh karena itu, Mama dianjurkan mengonsumsi salmon untuk membantu pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Salmon juga bisa menjadi sumber energi mama ketika Mama lelah pasca menyusui si Kecil. 

Apabila Mama masih ragu untuk mengonsumsi salmon mentah, maka Mama bisa mengolah salmon dengan cara dibakar, direbus, dipanggang, maupun diasap. Jika ingin memanggang salmon, sebaiknya panggang selama 10 sampai 15 menit agar nutrisi di dalamnya tidak hilang. 

Namun, jika Mama memilih mengonsumsi salmon mentah, pastikan salmon dalam keadaan bersih dan segar. Pilihlah salmon kualitas tinggi yang dipotong dengan benar. Pasalnya, daging salmon yang dipotong sembarangan bisa menghilangkan rasa manis alami dan membuat aromanya menjadi amis.

Nah, itulah tadi lima manfaat salmon untuk ibu menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.