Enak untuk Camilan, 6 Jenis Kacang-Kacangan yang Baik selama Menyusui

Kacang-kacangan kaya akan protein yang dapat melancarkan ASI

29 November 2020

Enak Camilan, 6 Jenis Kacang-Kacangan Baik selama Menyusui
Freepik

Selama enam bulan pertama kehidupan bayi, ia hanya mendapatkan nutrisi dari ASI. ASI diperlukan oleh bayi untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, pastikan Mama mengonsumsi makanan sehat agar dapat menghasilkan ASI yang berkualitas bagi si Kecil.

Salah satu makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah kacang-kacangan. Selain merupakan sumber protein, vitamin E dan omega-3 dalam kacang-kacangan membuat produksi ASI menjadi lancar. Kacang mengandung mineral yang baik bagi tubuh, seperti zat besi dan seng. Kalium, folat, dan serat yang ada pada kacang-kacangan juga memberikan manfaat bagi ibu menyusui.

Apa saja jenis kacang-kacangan untuk ibu menyusui yang baik untuk dikonsumsi? Yuk, simak jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini.

1. Kacang tanah

1. Kacang tanah
Pixabay/Alexas_Fotos

Kacang tanah rebus banyak dikonsumsi sebagai kudapan di waktu santai. Selain enak, kacang tanah juga memberikan banyak manfaat bagi ibu menyusui, antara lain:

  • Meningkatkan energi agar Mama tidak cepat lelah.
  • Memenuhi kebutuhan protein dan lemak tak jenuh. Protein membantu penyembuhan luka bekas melahirkan. Sedangkan lemak tak jenuh dapat meningkatkan produksi ASI.
  • Membantu mengatasi baby blues setelah melahirkan.
  • Menjaga kadar gula normal.
  • Baik untuk jantung, saluran pencernaan, dan menurunkan kolesterol.

2. Kacang hijau

2. Kacang hijau
Pixabay/PDPics

Kacang hijau baik untuk ibu menyusui karena rendah lemak jenuh serta tidak mengandung kolesterol jahat, sehingga baik untuk Mama maupun bayi.

Kacang hijau kaya akan karbohidrat yaitu sebesar 62,90 gram/100 gram. Sari pati pada kacang hijau mengubah kalori menjadi energi sehingga Mama tidak cepat lelah.  

Kandungan protein yang ada pada kacang hijau membantu dalam menghasilkan ASI yang banyak. Lemak tak jenuh pada kacang hijau dapat memengaruhi perkembangan dan kecerdasan otak bayi.

Editors' Picks

3. Edamame

3. Edamame
Freepik/stockking

Bila asupan protein kurang saat menyusui maka produksi ASI juga bisa menurun. Seperti yang Mama ketahui, ASI sedikit atau tidak  lancar merupakan salah satu hal yang ditakuti oleh ibu menyusui.

Edamame dapat dijadikan pilihan sebagai sumber protein nabati, serta vitamin C, vitamin K, zat besi, magnesium dan riboflavin.

Bayi juga mendapatkan manfaat dari edamame ini, Ma. Perkembangan otak bayi didukung oleh asam folat yang terkandung dalam edamame.

4. Kacang merah

4. Kacang merah
Pixabay/PublicDomainPictures

Kacang merah merupakan sumber energi yang baik untuk ibu menyusui. Kacang ini mengandung zat besi, seng, kalium, folat hingga serat yang baik untuk ibu menyusui.

Ingin meningkatkan produksi ASI? Konsumsilah kacang merah. Kandungan protein tinggi yang ada pada kacang merah juga dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu,  protein juga memberikan manfaat bagi si Kecil dalam pembentukan dan pemeliharaan tubuh seperti tulang, otot dan otak bayi.

5. Almond

5. Almond
Pixabay/Alexei_other /

Kacang yang satu ini mengandung asam amino yang membentuk serotonin yang berguna sebagai neurotransmitter untuk laktasi bagi ibu menyusui.

Kalsium, asam lemak omega-3 dan protein yang terkandung dalam almond dapat meningkatkan hormon laktasi. Satu ons almond memiliki 16 persen serat yang baik untuk pencernaan mama selama menyusui.

Almond kaya akan protein dan kalsium sehat yang secara efektif dapat meningkatkan pertumbuhan bayi.

Tahukah Mama kalau manfaat kacang almond untuk ibu menyusui bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh? Tidak hanya untuk Mama tapi juga si Kecil. Bahkan kacang almond dapat membantu mempercepat pemulihan pascapersalinan.

6. Mete

6. Mete
Freepik

Kacang mete sering digunakan dalam campuran masakan atau kue. Tidak cuma enak, konsumsi kacang mete ternyata juga dapat memperlancar ASI, Ma.

Kacang mete mengandung banyak mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, magnesium, hingga vitamin K yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Si Kecil juga mendapatkan manfaat baik dari kacang mete yaitu membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi, lho.

Meski memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui dan bayi, kacang-kacangan juga dapat memicu gas. Jadi Mama harus mengamati si Kecil setelah Mama mengonsumsi kacang-kacangan. Bila bayi mama mengeluarkan banyak gas, Mama dapat menghentikan konsumsi kacang-kacangan.

Nah itulah jenis kacang-kacangan untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi setiap hari. Apa kacang favorit mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.