Enak dan Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Menyusui

Buah sirsak banyak dijual di pasaran dan dikenal sebagai buah yang menyegarkan

24 November 2020

Enak Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Buah Sirsak Ibu Menyusui
Pixabay/najibzamri

Buah sirsak banyak dijual di pasaran dan dikenal sebagai buah yang menyegarkan. Tak hanya itu, buah sirsak juga diketahui sebagai salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan khususnya perempuan yang baru melahirkan. Namun, apakah Mama tahu bahwa buah sirsak juga bermanfaat untuk ibu menyusui?

Sebanyak 3,5 ons buah sirsak mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, kalori sebanyak 66 kkal, serat sebanyak 3,3 gram, magnesium, protein sebanyak 1 gram, kalium, tiamin, dan karbohidrat. Lalu, apa manfaat buah sirsak untuk ibu menyusui?

Berikut Popmama.com rangkum lima manfaat buah sirsak untuk ibu menyusui: 

1. Melancarkan pencernaan

1. Melancarkan pencernaan
Freepik/Andn

Seperti dijelaskan sebelumnya, buah sirsak mengandung tinggi serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan mama. Kandungan nutrisi dalam buah sirsak juga bisa membantu melindungi selaput lendir di perut atau lambung.

Buah sirsak juga mengandung antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh mama dari serangan penyakit. Buah sirsak mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, antrakuinon, saponin, dan tanin. 

Setelah melahirkan, Mama pasti kehilangan banyak energi sehingga daya tahan tubuh mudah menurun khususnya saat menyusui. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan tubuh mama lebih rentan terpapar penyakit. 

Editors' Picks

2. Meredakan peradangan

2. Meredakan peradangan
Unsplash/EthanWeil

Buah sirsak juga bisa meredakan peradangan yang diakibatkan rasa sakit pasca melahirkan maupun puting lecet saat menyusui. Mama bisa mengonsumsi buah sirsak secara langsung atau mengolahnya menjadi jus buah. 

Rutin mengonsumsi buah sirsak juga bisa membuat Mama lebih tenang dan rileks sehingga terhindar dari insomnia. Pasalnya, banyak perempuan yang mengalami insomnia pasca melahirkan atau saat menyusui. Apabila terus dibiarkan, insomnia saat menyusui bisa menurunkan daya tahan tubuh mama sehingga membahayakan kesehatan mama dan si Kecil. 

3. Menurunkan kadar kolesterol

3. Menurunkan kadar kolesterol
Pexels/Polina Tankilevitch

Apakah Mama memiliki kolesterol tinggi? Maka buah sirsak menjadi salah satu buah yang aman dikonsumsi tanpa khawatir kolesterol akan naik. Buah sirsak mengandung senyawa yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Meskipun begitu, kebutuhan nutrisi setiap orang tentu berbeda. Mama sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu guna mengetahui seberapa banyak buah sirsak yang dapat dikonsumsi setiap hari. 

4. Mencegah diabetes dan kanker

4. Mencegah diabetes kanker
Pinterest.com/Otto Blanco

Tak hanya menurunkan kadar kolesterol, buah sirsak juga bisa mencegah diabetes. Seperti diketahui, diabetes bisa menyerang siapa saja termasuk Mama yang sedang menyusui. Sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa buah sirsak bisa membantu menormalkan kadar gula dalam darah khususnya Mama yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. 

Buah sirsak juga bisa mencegah kanker payudara atau risiko kesehatan lainnya di payudara. Pasalnya, buah sirsak bisa menghambat kinerja dan metabolisme sel kanker di pankreas. 

5. Menurunkan tekanan darah

5. Menurunkan tekanan darah
pixabay/stevepb

Sebuah penelitian kesehatan juga menemukan fakta bahwa ekstra buah sirsak bisa membantu mengurangi tekanan darah. Oleh karena itu, buah ini cocok dikonsumsi Mama yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Apabila tekanan darah terus tinggi selama masa menyusui, maka kondisi itu bisa menyebabkan Mama mengalami diabetes, stroke, atau masalah jantung lainnya. 

Setelah tahu manfaat buah sirsak untuk ibu menyusui seperti dijelaskan di atas, apakah Mama mau mengonsumsinya? Yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi secara berlebihan ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.