5 Cara Alami Mengencangkan Kembali Payudara setelah Menyusui

Faktanya, akhir kehamilan lah yang menyebabkan payudara mulai kendur

21 November 2020

5 Cara Alami Mengencangkan Kembali Payudara setelah Menyusui
Freepik

Selepas melahirkan dan menyusui, bentuk tubuh mama mengalami perubahan yang signifikan. Para Mama sering mengasosiasikan payudara kendur dengan menyusui. Namun, hal ini tidaklah sepenuhnya benar. 

Faktanya, akhir kehamilan lah yang menyebabkan payudara mulai kendur. Saat hamil, bobot tubuh mama bertambah, begitu pula dengan saluran ASI yang membesar. Setelah melesai masa menyusui, ASI yang mulai berkurang akan membuat payudara mulai menyusut. Bersamaan dengan penyusutan berat badan, inilah yang membuat bentuk payudara mengempis sehingga terkesan kendur.

Jangan khawatir, Ma. Berikut Popmama.com punya lima cara mengencangkan payudara setelah menyusui, dilansir dari Firstcry:

1. Mandi dengan suhu yang tepat

1. Mandi suhu tepat
Freepik/Vh-studio

Sebuah teknik sederhana ini dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dan kekencangan payudara. Gunakan air panas dan dingin secara bergantian secara terus-menerus selama Mama mandi. Cara ini dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar, terutama di payudara mama. Payudara pun jadi lebih kencang.

Meskipun begitu, teknik ini hanya akan memberikan efek sementara dan tidak akan membentuk kembali payudara mama secara permanen.

Editors' Picks

2. Bra yang tepat dengan postur yang benar

2. Bra tepat postur benar
commons.wikimedia.org

Payudara kendur bisa diselamatkan dengan penggunaan bra yang tepat dan kebiasaan postur tubuh yang benar. Gantilah bra lama dengan yang baru, yang lebih kokoh untuk menopang payudara mama. 

Selain memerhatikan bra, Mama juga harus memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan menggendong anak akan membuat tubuh mama sedikit membungkuk ke depan. Berlatihlah agar punggung tetap dalam posisi tegak.

3. Memijat payudara

3. Memijat payudara
freepik.com/user11167029

Menyusui menimbulkan banyak rangsangan pada payudara. Ketika menyapih, rangsangan tersebut berkurang sama sekali. Memijat payudara dapat membantu payudara mendapat rangsangan kembali.

Pastikan memijat payudara dari segala arah untuk melancarkan peredaran darah dan mendukung jaringan payudara dalam perbaikan kembali. Gunakan minyak zaitun atau minyak almond untuk mengurangi kendur. Pijatan ini menambah kekuatan otot payudara sehingga lebih kokoh menopangnya.

4. Diet yang Tepat

4. Diet Tepat
Freepik/azerbaijan_stockers

Pola makan selama hamil dan menyusui akan berbeda dengan pola makan setelah melahirkan dan menyapih. Apapun yang Mama makan sekarang, masukkan makanan yang dapat meningkatkan kekencangan otot, membuat kulit kenyal, dan membuat kulit jadi lebih elastis.

Perkaya asupan nutrisi harian yang kaya vitamin B dan vitamin E. Kurangi konsumsi bahan makanan hewani yang kaya lemak karena dapat menambah berat payudara namun mengurangi kekenyalannya.

5. Olahraga khusus

5. Olahraga khusus
Freepik

Meski makanan begitu penting, apapun yang Mama makan tidak akan berpengaruh jika Mama tidak mendukungnya dengan berolahraga. Melakukan olahraga yang benar adalah cara termudah dan ternyaman untuk mendapatkan payudara kencang dan bugar secara alami.

Secara teknis, payudara hanyalah lapisan lemak sehingga Mama tidak dapat membentuknya secara langsung. Namun, berbagai otot di bawahnya bekerja untuk menahannya dan menjaga postur tubuh mama tetap tegak. Itulah otot-otot yang perlu dilatih. 

Pilihlah latihan yang berfokus pada bagian inti dan dada mama, seperti push-up, dumbbell pullover, dan chest press. Mulailah dengan beban ringan dan bangun kekuatan secara bertahap. 

Cara-cara di atas merupakan cara alami yang baru terlihat efeknya selama beberapa bulan dan membutuhkan waktu untuk mencapai hasil maksimalnya. Semoga bisa terus konsisten dalam usaha mengencangkan payudara setelah menyusui ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.