Sebelum Membeli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Nipple Shield

Sebelum membeli nipple shield, baiknya baca kekurangan dan kelebihannya dulu ya, Ma

19 Februari 2021

Sebelum Membeli, Ketahui Kelebihan Kekurangan dari Nipple Shield
Tokopedia.com

Apakah Mama sedang dalam tahap menyusui? Selama masa menyusui pasti akan mendapatkan beberapa masalah, seperti puting lecet, inverted nipple, dan masalah lainnya. Masalah tersebut membuat aktivitas menyusui pasti terganggu. Untuk itu, terdapat alat bernama nipple shield atau alat pelindung puting.

Alat ini terbuat dari bahan silikon sehingga nyaman dan aman di kulit. Alat ini berguna untuk melindungi puting yang sedang lecet atau terluka. Selain itu, alat ini bisa membantu ibu menyusui yang mempunyai puting datar.

Namun, setiap alat atau barang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi, informasi ini dapat membantu Mama untuk memutuskan harus membeli nipple shield atau tidak.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari nipple shield atau pelindung puting. Simak selengkapnya di bawah ini.

Editors' Picks

1. Apa itu nipple shield?

1. Apa itu nipple shield
Pexels/Wendy Wei

Nipple shield adalah alat pelindung puting yang biasanya digunakan untuk ibu menyusui. Selama masa menyusui, pasti Mama kerap mengalami masalah yang berhubungan dengan puting. Nah, nipple shield diciptakan untuk membantu Mama mengatasi masalah tersebut.

Terbuat dari silikon yang nyaman di kulit berfungsi untuk melindungi puting mama. Alat ini juga bisa melindungi puting dari rasa sakit ketika sedang menyusui. Untuk Mama yang mempunyai puting datar pun bisa menggunakan alat ini sebagai 'penyambung' puting.

2. Kelebihan nipple shield

2. Kelebihan nipple shield
Blibli.com

Setiap benda mempunyai kelebihan, sama halnya dengan nipple shield. Dengan melihat kelebihan ini, Mama bisa mempertimbangkan apakah akan membeli alat ini atau tidak. Selain itu, Mama bisa menilai apakah nipple shield ini benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Berikut beberapa kelebihan dari nipple shield, yakni:

  • Bisa membuat Mama nyaman saat menyusui, apalagi ketika puting sedang lecet atau terluka.
  • Agar puting yang sedang lecet tidak bertambah parah. Dengan menggunakan puting shield maka bagian tersebut akan terlindungi dari isapan langsung bayi. Sehingga alat ini bisa membantu proses penyembuhan pada puting lecet.
  • Membantu bayi menemukan puting mama yang datar atau masuk ke dalam.

3. Kekurangan nipple shield

3. Kekurangan nipple shield
Intagram.com/frenchmomsf

Setelah melihat kelebihan dari nipple shield, sebaiknya jangan terburu-buru untuk segera membeli benda ini. Sebab setiap benda pasti memiliki kekurangan juga. Jadi, perhatikan dulu kekurangan nipple shield sebelum membelinya.

Berikut beberapa kekurangan nipple shield, yaitu:

  • Dampak dari penggunaan nipple shield yang terlalu lama bisa mengurangi produksi ASI. Hal ini disebabkan karena rangsangan pada bagian areola tertutup oleh nipple shield. Jadi, produksi ASI semakin sedikit karena tidak ada rangsangan pada areola.
  • Bayi yang sudah terbiasa menggunakan nipple shield akan mengalami kebingungan ketika alat sudah dilepaskan.
  • Jika ukuran nipple shield tidak pas maka proses menyusui akan terganggu. Jadi, bayi akan kesulitan mengisap puting karena ukuran nipple shield yang tidak pas.

Itulah kelebihan dan kekurangan nipple shield. Dengan mengetahuinya, Mama bisa mempertimbangkan penggunaan nipple shield dengan lebih bijak. Namun, tetap konsultasikan kepada dokter anak atau konselor laktasi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.