Agar Menyusui Lancar, Ini 8 Obat Alami untuk Mengatasi Puting Lecet

Jika tidak ingin infeksi, cepat atasi payudara lecet Mama!

1 Juli 2020

Agar Menyusui Lancar, Ini 8 Obat Alami Mengatasi Puting Lecet
verywellfamily.com

Puting lecet merupakan masalah utama yang seringkali Mama alami ketika menyusui bayi.

Bukan hanya membuat Mama kesakitan karenanya, namun puting yang lecet dan luka ternyata juga berdampak buruk lho bagi kesehatan si Kecil. Sebab, saat puting lecet Mama akan merasa kesakitan sehingga bisa mengurangi produksi ASI. Si Kecil mungkin juga jadi enggan untuk menyusu.

Jika sudah begini, maka Mama tidak bisa membiarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Mama harus segera melakukan berbagai cara untuk menyembuhkan puting susu yang lecet akibat gigitan atau cakaran kuku si Kecil.

Tidak perlu repot mencari obat ke apotek, Mama dapat memanfaatkan bahan alami yang dapat ditemukan di rumah untuk mengobati luka lecet pada puting.

Berikut Popmama.com telah merangkum rekomendasi 8 obat alami untuk mengatasi puting lecet:

1. Air susu ibu (ASI)

1. Air susu ibu (ASI)
timesofirsrael.com

Mama mungkin tidak pernah terpikir akan menggunakan ASI untuk diri sendiri, namun hal ini bisa dicoba.

ASI memiliki sifat anti bakteri yang besar, sehingga membasuh puting susu yang luka atau lecet menggunakan ASI merupakan ide bagus yang bisa Mama coba untuk mengobatinya. 

Selain itu, Mama juga disarankan untuk membiarkan puting susu dalam keadaan terbuka dan terkena paparan udara setelah membasuhnya. Pastikan juga bra yang Mama gunakan selalu bersih dan tidak lembap agar proses penyembuhan menjadi semakin mudah.

2. Madu

2. Madu
thecostaricanews.com

Sebuah studi di tahun 2009 yang dilakukan University of Auckland, New Zealand menemukan bahwa menggunakan madu ternyata dapat menyembuhkan puting susu yang nyeri dan lecet akibat menyusui. 

Namun, berhati-hatilah, karena bayi di bawah usia satu tahun tidak boleh mengonsumsi madu, jadi pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum menyusui. Jangan sampai obat yang Mama gunakan dapat meracuni si Kecil ya!

3. Daun kemangi

3. Daun kemangi
ruchiskitchen.com

Selain lezat dikonsumsi untuk lalapan dan dipercaya dapat mengurangi bau badan, ternyata daun kemangi juga dapat berfungsi untuk mengobati luka lecet pada puting susu saat menyusui.

Cara mengobatinya pun mudah, Mama hanya perlu menggosok daun kemangi yang telah diolesi minyak kelapa pada puting susu secara rutin.

Kandungan dalam daun kemangi dipercaya memiliki manfaat untuk menyembuhkan kulit yang luka.

Editors' Picks

4. Kantung teh

4. Kantung teh
herbco.com

Kantung teh dalam keadaan hangat dapat menenangkan puting susu karena kondisinya yang hangat dan lembap.

Eits, bukan sembarang kantung teh ya! Kantung teh yang dapat menyembuhkan puting susu Mama adalah kantung teh chamomile.

Jika Mama memiliki kantung teh chamomile di rumah, langsung saja tempelkan pada puting yang lecet untuk mengobatinya. Kandungan anti mikroba dan anti inflamasinya dipercaya sangat berguna untuk mengobati puting lecet.

Celupkan kantong teh chamomile, lalu peras airnya. Setelah itu, tempelkan pada puting yang lecet selama beberapa menit. Cuci bersih dengan air hangat sebelum menyusui.

5. Handuk hangat

5. Handuk hangat
thegraces.com

Seperti halnya air panas yang dapat mengobati berbagai penyakit, Mama juga dapat memanfaatkan air hangat untuk menyembuhkan luka lecet pada puting.

Pertama, sediakanlah handuk dan celupkan pada air hangat, kemudian tempelkan pada puting susu mama yang lecet dan terasa nyeri. 

Rasa hangat dan lembapnya pasti akan menenangkan rasa sakit yang Mama rasakan dalam sekejap. Selain itu, Mama juga dapat mandi dengan air hangat agar efeknya lebih terasa di sekujur tubuh.

6. Es batu

6. Es batu
reference.com

Tak hanya air hangat, es batu pun ternyata dipercaya ampuh menyembuhkan luka lecet pada puting susu.

Caranya adalah dengan meletakkan es batu langsung di sekitar puting susu atau Mama juga bisa menaruhnya terlebih dahulu di sebuah kantung sebelum meletakkannya di atas puting susu.

Pastikan Mama melakukan cara ini sebelum menyusui untuk mengurangi rasa sakit.

7. Minyak kelapa

7. Minyak kelapa
nytimes.com

Minyak kelapa memang seperti keajaiban bagi setiap perempuan. Pasalnya, minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, mulai dari memasak, melembapkan rambut, hingga menyembuhkan puting susu yang lecet. 

Jika tidak ada minyak kelapa, Mama bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi puting lecet, namun pastikan terlebih dahulu bahwa minyak tersebut aman dikonsumsi oleh si Kecil.

8. Lidah buaya

8. Lidah buaya
skinsensenatural.com

Lidah buaya juga bisa Mama gunakan untuk mengobati puting lecet. Pasalnya tanaman herbal yang satu ini mengandung fungsi penyembuh alami. 

Tetapi, pastikan bahwa Mama sudah membersihkan sisa lidah buaya sampai bersih sebelum menyusui, karena efek lidah buaya jika tertelan bayi bisa menyebabkan diare.

Jangan sampai si Kecil sakit hanya karena kelalaian Mama ya!

Nah, itulah delapan cara alami untuk mengatasu puting lecet akibat menyusui yang dapat Mama lakukan di rumah. Jika Mama bebas puting lecet dan nyaman saat menyusui, maka ASI untuk si Kecil pun dapat tercukupi dengan baik.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.